√ 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya

18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang propaganda. Penjelasan yang meliputi pengertian, jenis dan contoh secara lengkap.

18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya

Untuk itu ikutilah ulasan dibawah ini sampai selesai.

Pengertian Propaganda

Propaganda berasal dari bahasa latin, propagare yang mempunyai arti mengembangkan atau memekarkan. Propaganda adalah serangkaian pesan yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi pendapat dan tingkah laku masyarakat atau sekelompok orang.

Pengertian lain dari propagan adalah usaha yang disengaja dan secara sistematis untuk membuat/membentu persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisis dan mempengaruhi secara langsung perilaku agar memberikan respon sesuai yang di inginkan oleh pelaku propaganda.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian propaganda menurut beberapa ahli:

1. Leonard W. Dobb

Pengertian propaganda menurut Leonard W. Dobb adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh individu-individu yang berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok termasuk dengan cara menggunakan sugesti, sehingga berakibat menjadi kontrol terhadap kegiatan kelompok tersebut.

2. Jasques Ellul

Pengertian propaganda menurut Jasques Ellul adalah komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingiin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan-tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, dipersatukan secara psikologis dan tergabungkan didalam suatu kumpulan atau organisasi.

3. Garts Jowet and Victoria O’Donnell

Pengertian propaganda menurut Garts Jowet and Victoria O’Donnell adalah usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuaan untuk mendapatkan reaksi yang di inginkan penyebar propaganda.

4. Wikipedia

Pengertian propaganda menurut Wikipedia adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang.

5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoensia)

Pengertian propaganda menurut KBBI adalah penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.

6. Everyman’s Encyclopedia

Pengertian propaganda menurut Everyman’s Encyclopedia adalah suatu seni untuk menyebarkan dan meyakinakan suatu kepercayaan, khususnya kepercayaan agama atau politik.

7. Prof. Dr. Mar’at

Pengertian propaganda menurut Prof. Dr. Mar’at adalah suatu teknik cara usaha yang sistematis serta sungguh-sungguh dipikirkan secara mendalam dimana teknik atau cara/usaha ini dilakukan baik oleh seseorang maupun sekolompok orang untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lain atau kelompok lain.

8. Drs.R.Roekomy

Pengertian propaganda menurut Drs.R. Roekomy adalah usaha mempengaruhi orang lain berdasarkan faktor-faktor psikologis tentang sesuatau yang baru atau belum diketahui kebenarannya agar terbuat sesuai dengan yang diharapkan.

9. Prof. Onong Uchyna Efendi

Pengertian propaganda menurut Prof. Onong Uchyna Efendi adalah komunnikasi yang dilakukan secaa berencana, sistematis dan berulang-ulang untuk mempengaruhi seseorang, khalayak atau bangsa agar melaksanakan kegiatan tertentu dengan kesadaran sendiri tanpa paksa atau dipaksa.

10. Drs. R.A Santoso Sastropoetro

Pengertian propaganda menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro adalah suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara teliti untuk mengubah sikap, pandangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.

11. Ralph D. Casey

Pengertian propaganda menurut Ralph D. Casey is the deliberate and conscious effort to fix an attitude or modify an opinion as it relater to a doctrine or program and on the other hand the conscientious effort of the agencies of communications to disseminate facts in a spirit of objectivity and honesty. (Propaganda adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sadar untuk menetapkan suatu sikap atau mengubah suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu doktrin atau program dan dipihak lain merupakan suatu yang sadar dari lembaga-lembaga komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat objektivitas dan kejujuran).

12. Barnays

Pengertian propaganda menurut Barnays Modern propaganda is a consistent, enduring effart to create or shape event to influence the relations of the public to an enterprise idea or group. (Propaganda modern adalah suatu usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa-peristiwa guna mempengaruhi hubungan publik terhadap suatu penguasa atau kelompok.)

13. Lasswell

Pengertian propaganda menurut Lasswell Propaganda is the broadcast sense the technique of influencing human action by the manupulation of representations. (Propaganda adalah arti yang luas, ialah teknik untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanipulasi representasiny. (Representasi dalam hal ini berarti kegiatan atau berbicara untuk suatu kegiatan kelompok).

14. Qualter

Pengertian propaganda menurut Qualter Propaganda is the deliberate attempt by some individual or group to form, control or alter the attitude of other groups by the use of the instruments of communication with the intention that in any given situation the reaction of those so influenced will be that desired by propagandist. (Propaganda adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk membentuk, mengawasi atau mengubah sikap dari kelompok-kelompok lain dengan menggunakan media komunikasi dengan tujuan bahwa pada setiap situasi yang tersedia, reaksi dari mereka yang dipengaruhi akan seperti yang di inginkan oleh si propaganda.)

15. Ferdinan Tonnies

Pengertian propaganda menurut Ferdinan Tonnes adalah suatu kegiatan untuk menggerakkan (mobilisize) pendapat secara umum (mass opinion) secara besar-besaran yang bertujuan menyebarkan suatu ide tanpa memperdulikan kecocokan dan kebenarannya.

16. Encyclopedia Internasional

Pengertian propaganda menurut Encyclopedia Internasional adalah suatu jenis komunikasi yang berusaha mempengarui pandangan dan reaksi, tanpa mempedulikan tentang nilai benar atau tidak benarnya pesan yang disampaikan.

17. Carl I. Hovlan

Pengertian propaganda menurut Carl I. Hovlan adalah usaha untuk merumuskan secara tegar azas-azas penyebaran informasi serta pembentukan opini dan sikap.

18. William Albig

Pengertian propaganda menurut William Albig pada awalnya kegiatan propaganda didasarkan pada komunikasi dari mulut ke mulum dan media cetak yang mencapai kelompok kecil.

Jenis-Jenis Propaganda

Propaganda dibedakan berdasarkan 2 macam, yaitu berdasarkan sumbernya dan jenisnya.

Jenis Propaganda berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya propaganda dibedakan menjadi empat, yaitu:

  • Propaganda Vertikal: adalah propaganda yang dilaksanakan melalui media massa.
  • Propaganda Horizontal: adalah propaganda yang dilaksanakan melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.
  • Propaganda Integrasi: adalah propaganda yang dilakukan dengan menanamkan doktrin.
  • Propaganda Agitasi: adalah propaganda yang bertujuan agar komunikasi bersedia memberikan pengobrbanan yang besar bagi tujuan yang berlangsung dan mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.

Jenis Propaganda berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya propaganda dibedakan menjadi empat, yaitu:

  • Propaganda Putih/White Propaganda
    Adalah propaganda yang dilaksanakan dengan jujur, benar dan sportif. Isi dari pesan yang diberitahukan dan sumbernya jelas. Propaganda jenis ini sering digunakan untuk menyebarkan informasi atau ideologi dengan menyebutkan sumber dan dilakukan secara terang-terangan sehingga dapat dengan mudah mengetahui sumbernya. Disebut juga denga propaganda terbuka.
  • Propaganda Hitam/Black Propaganda
    Propaganda ini berasal dari sumber yang dianggap ramah akan tetapi sebenarnya bermusuhan. Propaganda ini dilaksanakan secara tidak baik dan sebagai senjata taktis untuk menipu, penuh kepalsuan, tidak jujur, tidak mengenal etika dan cenderung pikirannya sepihak. Sumber yang disebutkan bukanlah sumber sebenarnya, kadang sering menuduh sumber lain yang melakukan hal tersebut.
  • Propaganda Abu-Abu/Grey Propaganda
    Propaganda ini bersumber dari yang dianggap netral tetapi sebenarnya bermusuhan.
    Dilakukan oleh kelompok yang tidak jelas. Isi pesan propaganda ini membuat ragu, mengacaukan pikiran orang, adu domba, intrik dan gosip. Sengaja dirancang agar massa ragu atas persoalan yang tengah berkembang.
  • Rasional Propaganda/Rational Propaganda
    adalah propaganda yang mengungkap dengan jelas sumbernya dan tujuannya dijelaskan secara rasional.

Sifat Propaganda

  • Tertutup/terselubung
  • Terbuka
  • Pada awal tertutup akan tetapi lambat laun mulai terbuka

Sistem Propaganda

  • Penggunaan simbol-simbol agar komunikan tidak sadar dengan arah dan tujuan dari keinginan komunikator.
  • Penggunaan fakta sebagai alat pemaksa agar komunikan menerima pesan dan melakukan tindakan seperti apa yang diharapkan oleh komunikator.

18 Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli, Jenis, Sifat, Sistem, Metode Dan Contoh Lengkap

Metode Propaganda

  1. Metode Koersif: Sebuah komunikasi dengan cara menimbulkan rasa ketakutan bagi komunikan agar secara tidak sadar bertindak sesuai keinginan komunikator.
  2. Metode Persuasif: Sebuah komunikasi dengan cara menimbulkan rasa kemauan secara sukarela bagi komunikan agara secar tidak sadar dengan seketika dapat bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.
  3. Metode Pervasif: Sebuah komunikasi dengan cara menyebarluasksn pesan serta dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang kepada komunikan sehingga melakuan imitasi atau menjadi bagian dari yang diinginkan oleh komunikator.

Contoh Propaganda

Berikut ini adalah contoh dari propaganda yang diantaranya adalah:

  • Propaganda Putih: RRI dan TVRI adalah media massa yang dari dulu sampai sekarang dijadikan pemerintah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah kepada rakyat Indonesia secara luas.
  • Propaganda Hitam: Beberapa waktu lalu pernah kita dengar ada seorang moderator acara silaturahmi suatu organisasi yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undah tidak bisa datang karena telah diculik oleh BIN (Badan Intelejen Negara), tetapi tuduhan tersebut tidak terbukti.

Demikianlah pembahasan diatas mengenai 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contoh, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian tentang propaganda. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi