Pengertian Serta Fungsi Hormon Progesteron Alami & Buatan Lengkap

Pengertian Serta Fungsi Hormon Progesteron Alami & Buatan Lengkap – Hormon ada di dalam tubuh setiap individu. Setiap makhluk hidup memiliki hormon yang menjaga tubuhnya agar dapat bergerak sesuai dengan fungsinya.

Hormon tanpa di sadari telah terjadi secara otomatis di dalam tubuh kita. Di dalam tubuh hormon tercipta dan terdiri dari zat kimia yang penting di gunakan oleh tubuh. Banyak hormon yang terdapat pada satu individu.

Pengertian Serta Fungsi Hormon Progesteron Alami & Buatan Lengkap

Hormon memiliki banyak fungis yang penting di perlukan oleh tubuh. Dan sebab itu maka akan di jelaskan tentang pengertian hormon khususnya hormon progesteron yang akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Hormon Progesteron

Hormon Progesteron adalah hormon yang dapat merangsang dan mengatur fungsi-fungsi penting tubuh, dapat juga berperan dalam menjaga proses kehamilan, dapat mempersiapkan tubuh untuk proses pembuahan dan sebagai pengatur siklus menstruasi bulanan. Hormon ini adalah salah satu hormon yang dapat merangsang dan mengatur berbagai fungsi organ tubuh kita.

Fungsi Hormon Progesteron

Fungsi hormon progesteron pada wanita lebih mudah untuk di pahami mekanisme tubuhnya. Berikut adalah peranan hormon progesteron dalam tubuh manusia :

Manfaat Progesteron Alami

Progesteron alami memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena terjadi secara alami dan tidak menggunakan campur tangan individu lainnya. Peran pentingnya adalah sebagai berikut:

Sistem Reproduksi

Dalam proses ini progesteron memiliki peranan dalam pembentukan janin.

  • Progesteron berperan dalam mengubah endometrium pada saat mempersiapkan rahim sebagai tempat tumbuhnya janin. Progesteron juga dapat mengubah lendir leher rahim dan sel epitel vagina menebal sehingga tidak dapat ditembus oleh sperma sebelum waktunya.
  • Menurunkan respons imun pada wanita selama pembuahan untuk dapat mempersiapkan terjadinya proses kehamilan.
  • Diduga turunnya kadar progesteron ini juga yang dapat memungkinkan dalam terjadinya persalinan.
  • Selama proses menyusui, progesteron ini menginisiasi laktasi atau persiapan dalam menyusui. Setelah persalinan, penurunan kadar progesteron akan dapat memicu produksi ASI.

Jika dalam pembuahan ini tidak terjadi, maka menstruasi yang akan terjadi, dan diawali dengan penurunan kadar hormon progesteron.

Payudara

Progesteron memiliki peran penting dalam membentuk tubuh pada perempuan. Hormon ini dapat bekerja sama dengan prolaktin yang di gunakan untuk mematangkan payudara untuk dapat memproduksi ASI sebagai persiapan dalam proses menyusui setelah persalinan.

Seksualitas

Progesteron memiliki peran penting dalam meningkatkan gairah seksual pada wanita. Di sisi lain, wanita yang memiliki kadar progesteron lebih tinggi dari jumlah umumnya akan dapat memiliki kecenderungan untuk berhubungan seksual dengan sesama jenis atau wanita lain.

Sistem Saraf

  1. Mendukung dalam perkembangan neuron pada otak dan dapat berperan melindungi jaringan-jaringan otak dari kerusakan.
  2. Dapat berperan dalam pemulihan cedera otak dengan cara mengurangi peradangan serta dapat mencegah risiko terjadinya apoptosis atau kematian sel.
  3. Membantu mencegah proses regenerasi neuron yang di sebabkan akibat cedera otak.
  4. Mengurangi risiko akan edema atau pembengkakan yang di akibatkan cedera otak.

Selain fungsi-fungsi hormon progesteron yang di jelaskan di atas, hormon ini juga memiliki peranan dalam mengatur respons sistem kekebalan tubuh, dapat menormalkan pembekuan darah, mengatur kadar oksigen dalam sel, kadar tembaga dan seng, serta tonus di dalam pembuluh darah. Progesteron juga dapat mencegah penyakit kanker endometrial dengan cara mengatur efek estrogen yang ada, serta berperan memberi sinyal kepada fungsi pankreas dan dalam pelepasan insulin. Pada pria, progesteron juga dapat berperan penting dalam mengatur tingkah laku pria, seperti sikap yang di tujukan pria pada bayi.

Manfaat Progesteron Buatan

Progesteron buatan juga dapat diberikan dengan cara oral, suntikan, dan tersedia juga dalam bentuk menyerupai gel. Fungsi hormon yang di buat medis adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan sebagai salah satu metode kontrasepsi.
  2. Sebagai bahan pendukung dalam pembuahan pada prosedur bayi tabung.
  3. Progesteron juga dapat diberikan kepada pasien yang telah beberapa kali mengalami keguguran karena kekurangan progesteron.
  4. Berperan membantu meluruhkan lapisan endometrial yang dapat menebal pada wanita dan yang mengakibatkan menstruasinya terlambat.
  5. Dikonsumsi selama masa-masa tertentu pada siklus menstruasi untuk dapat menangani epilepsi katamenial, yaitu kondisi ketika neurologis kronis akibat kejang yang terus berulang dan dapat diperparah oleh siklus menstruasi.
  6. Berpotensi juga dalam menangani multiple sclerosis.
  7. Berperan dalam menjaga kekuatan tulang dan elastisitas kulit.
  8. Pada wanita transeksual, progesteron dapat digunakan sebagai komponen terapi dengan penggantian hormon.
  9. Sebagai gel, progesteron dapat dioleskan pada vagina untuk dapat menangani ketiadaan proses menstruasi pada wanita yang belum memasuki masa menopause.
  10. Mengoleskan progesteron pada vagina diduga dapat juga meringankan nyeri yang terdapat pada payudara akibat penyakit yang tidak bersifat kanker.
  11. Pada wanita hamil, beberapa penelitian dapat menemukan bahwanya pengolesan gel progesteron pada vagina wanita dapat mengurangi risiko bayi terlahir prematur.
  12. Dapat disuntikkan untuk dapat menangani infertilitas.

Pengertian Serta Fungsi Hormon Progesteron Alami Dan Buatan Lengkap

Meski mengandung banyak sekali manfaat, penggunaan progesteron pada sebagian pengidap penyakit-penyakit tertentu justru harus dapat dihindari karena dapat meningkatkan risiko pada gangguan kesehatan, misalnya progesteron yang sebaiknya tidak digunakan oleh seseorang yang menderita kanker payudara, lalu mengalami perdarahan alat genital yang belum diketahui apa penyebabnya, dan pada menderita gangguan fungsi hati. Pada penggunaan hormon progesteron buatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya agar terhindar dari akibat yang tidak di inginkan.

Penutup

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Serta Fungsi Hormon Progesteron Alami Dan Buatan Lengkap yang telah di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Hormon progesteron memiliki banyak manfaat tetapi kita juga harus berhati-hati karena juga memiliki banyak akibat yang berbahaya jika tidak di konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi