√ Pengertian Musikalisasi Puisi, Unsur, Bentuk dan Langkahnya

Pengertian Musikalisasi Puisi, Unsur, Bentuk dan Langkahnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang musikalisasi puisi. Penjelasan yang meliputi pengertian, unsur musikalisasi puisi, bentuk dan langkah-langkah dalam musikalisasi puisi yang akan dibahas dengan lengkap.

Pengertian Musikalisasi Puisi, Unsur, Bentuk dan Langkahnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari musikalisasi puisi menurut ahlinya.

1. Agus S. Sarjono

Musikalisasi puisi adalah mengubah musikalitas pada puisi menjadi lebih terasa, menjadi suatu musik yang bisa didengar.

2. Andrie S. Putra

Musikalisasi puisi adalah satu bentuk ekspresi sastra,puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni, seperti irama, bunyi, musik, gerak dan tari

3. Antilan Purba

Musikalisasi puisi adalah mengubah puisi menjadi lagu

4. Fikar W.Eda

Musikalisasi puisi adalah salah satu bentuk ekspresi yang lain, yakni menggunakan unsur-unsur bunyi yang lebih kuat untuk mengekspresikan puisi. Jika selama ini puisi dibaca secara ora, musikalisasi puisi ini merupakan salah satu bentuk ekspresi yang lain, yang disampaikan dengan menggunakan medium musik atau instrumen.

5. Dedi S. Putra

Menurutnya Musikalisasi puisi adalah adalah bentuk apresiasi puisi ungkapan musikan; instrumen, melodi dan nyanyian ucapan. Nuansa makna kata, eksplisit dan implisit. Penghayatan menjadikan puisi mendapatkan kemampuan ekstra untuk berkomunikasi karena pencarian yang diciptakan.

6. Arsie

Menurut Arsie Musikalisasi puisi adalah salah satu bentuk ekspresi sastra puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni seperti irama, bunyi (musik) dan gerak(tari)

7. Supratman Abdul Rani

Musikalisasi puisi menurut Supratman Abdul Radi adalah sebagai upaya menampilkan puisi dengan jalan memasukkan unsur-unsur musik secara dominan. Akan teteapi, tujuan pemusikalisasi puisi bukanlah sekedar untuk menampilkan saja. Didalamnya ada upaya yang lebih jauh dari itu.

8. Danardana (2013:56)

Musikalisasi puisi menurut Danardana adalah kolaborasi apresiasi seni antara musik, puisi dan pentas. Dengan musikalisasi puisi, seseorang tidak hanya mendapat kesempatan mengapresiasi puisi dan musik tapi juga mendapatkan kesempatan mengekspresikan apresiasi seninya itu di depan umum.

Unsur-Unsur Musikalisasi Puisi

Dalam musikalisasi puisi unsur-unsurnya terdiri atas perpaduan yang membentuk satu kesatuan unsur musikalisasi, unsur tersebut diantaranya melodi dan irama yang disebut dengan unsur musik dan liriknya adalah syair puisi. Dua unsur tersebut tidak bisa dipisahkan.

Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi

Adapun bentuk-bentuk musikalisasi puisi adalah sebagai berikut:

Musikalisasi Puisi Lagu

Musikalisasi puisi lagu yaitu jenis atau bentuk puisi yang berfokus pada pengubahan puisi menjadi syair lagu yang mempunyai nada diatonis yang di aransemen dan di kombinasikan dengan iringan musik. Syair lagu mempunyai nada harmoni yang dasarnya merupakan jenis aransemen puisi ke jenis lagu. Dan partitur musik yaitu teks lagu yang berisikan puisi-puisi yang di aransemen ke bentuk lembaran musik yang mempunyai melodi, irama/ritme dan harmoni.

Perubahan bentuk puisi menjadi sebuah lagu adalah produktivitas yang diperbuat seorang penyair atau pencipta lagu yang puitis dengan unsur imajinasi dan keterampilan dalam bermusik. Musikalisasi puisi dengan cara membuat komposisi lagu yang mana syair puisi menjadi lirik lagu. Produktivitas tersebut terlahir dari seorang penyair dengan imajinasi dan keterampilan bermusik.

Musikalisasi Puisi Iringan

Musikalisasi puisi iringan yaitu bentuk puisi yang berfokus pada iringan permainan alat-alat musik. Utama fokusnya dari bentuk puisi ini adalah keahlian olah vokal dari pembaca puisi.

Musikalisasi Puisi Total

Adalah bentuk musikalisasi yang merubah total puisi menjadi lagu dengan mengkonkretkan puisi dalam bentuk musik seutuhnya.

Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi

Langkah-langkah atau cara dalam membuat musikalisasi puisi adalah sebagai berikut:

Menikmati Musikalisasi Puisi

Jika kalian pernah mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Bimbo atau Ebiet G. Ade, maka lagu yang mereka nyanyikan terasa sangat puitis bukan. Hal ini karena pada dasarnya lirik-lirik lagu tersebut adalah puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang mempunyai irama. Silakan saja dengarkan lagu lagu yang mereka ciptakan, dan maknai liriknya, maka akan terlihat jika lirik tersebut adalah sebuah puisi.

Memilih Puisi Yang Akan Dimusikalisasikan

Pada dasarnya semua puisi bisa dimusikalisasikan. Akan tetapi, sebaiknya kalian memilih puisi-puisi yang sederhana yaitu puisi yang mempunyai syair mudah diucapkan supaya mudah untuk dinyanyikan. Contoh puisi sederhana yang bisa di musikalisasikan adalah Tuhan karya Hasbiono K.

Memahami Isi Puisi Yang Akan Dimusikalisasikan

Setelah kalian menentukan puisi yang akan dimusikalisasikan, lalu pahami isi dari puisi dengan tepat supaya irama lagu yang dipilih sesuai dengan isi puisi. Untuk memahami isi sebuah puisi, kalian bisa berpedoman dengan pertanyaan berikut ini:

  • Apa tema puisi yang akan kalian musikalisasikan?
  • Bagaimanakah suasa yang menjiwai puisi tersebut?
  • Suatu hal apakah yang ingin dikemukakan pengaran dari puisi tersebut?
  • Adakah bunyi vokal atau konsonan yang dominan pada puisi tersebut?
  • Kata-kata apakah yang ada dalam puisi tersebut yang menurut kalian sukar untuk dipahami?

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli, Unsur, Bentuk, Langkah

Menentukan Irama Yang Sesuai Dengan Suasana Puisi

Langkah selanjutnya adalah menentukan nada, irama, dan juga tempo yang sesuai dengan isi puisi dan suasana puisi, makan akan tercipta perpaduan bunyi yang indah antara puisi dengan alat yang menjadi pengiringnya. Pergunakanlah alat-alat musik sederhana seperti gitar, harmonika, atau seruling. Tetapi, jika tidak ada alat musik, kalian bisa menyanyikan secara acapela atau bernyanyi tanpa memakai alat musik.

Menampilkan Musikalisasi Puisi

Apabila seluruhnya sudah siap, maka musikalisasi puisi siap untuk ditampilkan. Dalam menampilkan musikalisasi, unsur yang paling penting yang harus diperhatikan adalah kejelasan vokal dan penghayatan (ekspresi) kalian ketika menyanyikan puisi tersebut, serta yang diutamakan tetap isi bait-bait puisi. Musik pendukung juga harus senada dengan isi puisinya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Musikalisasi Puisi, Unsur, Bentuk dan Langkahnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung, dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya

Daftar Isi