√ Pengertian Gurindam Beserta Ciri dan Contohnya (Terlengkap)

Pengertian Gurindam Beserta Ciri dan Contohnya (Terlengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas sebuah artikel tentang gurindam. Apakah sudah pernah mendengar tentang gurindam?

Mungkin bagi beberapa orang tentu saja sudah pernah mendengar tentang gurindam, namun apakah sudah mengetahui apa sebenarnya arti dari gurindam. Untuk itulah disini kita akan membahasnya agar para pembaca dapat mnegerti tentang pembahasan artikel kali ini.

Pengertian Gurindam Beserta Ciri dan Contohnya (Terlengkap)

Disini akan dijelaskan secara menyeluruh untuk dapat memberikan sebuah informasi dan memberikan penegtahuan baru bagi para pembaca artkel ini. Untuk itulah mari sama-sama kita mulai saja pembahasan yang akan meberikan penjelasan dengan lengkap dibawah ini.

Pengertian Gurindam

Kata gurindam merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa sansekerta, dan merupakan sebuah puisi melayu tradisional yang berasal dari tamil (negara india). Gurindam sendiri dianggap sebagai puisi terikat, dan rima yang ujungnya sama yakni a-a.

Atau pengertian lainnya ialah gurindam merupakan jenis puisi lama yang terdiri atas dua baris di dalam satu bait. Dan pada baris pertama menyatakan sebuah perbuatan dan juga baris kedua menyatakan sebuah akibat yang ditimbulkan dari perbuatan tersebut.

Baca Juga:  √ Pengertian Syair Beserta Golongan, Ciri dan Contohnya (Lengkap)

Oleh karena itu baris-baris yang ada didalam gurindam memiliki hubungan sebab akibat. Dan biasanya gurindam digunakan untuk dapat mengungkap kebenaran ataupun menyampaikan sebuah nasihat. Dan mengingat pesan yang terkandung adalah nasihat ataupun peringatan, oleh karena itu didalam masyarakat melayu gurindam sering juga dianggap dengan sejenis kata mutiara.

Ciri-Ciri Gurindam

Sudah dijelaskan mengenai pengertian dari gurindam namun masih ada lagi yang akan kita jelaskan yaitu tentang ciri-ciri dari gurindam. Untuk bisa kita ulas dengan baik tentang semua yang berhubungan dengan gurindam. Untuk itu mari kita lanjutkan pembahasan dari gurindam yang kali ini akan menjelaskan ciri-cirinya yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Terdiri atas dua baris didalam satu bait.
  2. Bersajak a-a.
  3. Kalimat baris yang pertama yang menyatakan perbuatan, sedangkan baris yang kedua menyatakan akibat yang ditimbulakan dari perbuatan tersebut.
  4. Dan isinya mengandung sebuah nasihat.

Pengertian Gurindam Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya Lengkap

Contoh Gurindam

Setalah penjelasan dari pengertian gurindam dan juga ciri-ciri gurindam tentu belum lengkap jika belum memberikan contoh dari gurindam kepada para pembaca. Oleh karena itulah kami akan melanjtkan kembali pembahasan tentang gurindam.

Kali ini kita akan memberikan contoh dari gurindam supaya para pembaca bisa memahami dengan baik dari keseluruhan penjelasan yang sudah diberikan sebelumnya. Untuk itu mari langsung saja kita lanjutkan pembahasanya yang akan memeberikan sebuah contoh dari gurindam berikut ini.

Jika perut terlalu kenyang
Pikiran jernih menjadi hilang

Apabila janji tidak ditepati
orang tak percaya sampai mati

Barang siapa berbuat cermat
hidupnya akan selalu selamat

Barang siapa tiada memegang agama,
sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama.

Sekian penjelasan yang dapat diberikan artikel kali ini tentang Pengertian Gurindam Beserta Ciri dan Contohnya (Terlengkap), yang di berikan seputarpengetahuan. Semoga bermanfaat 🙂