√ Pengertian RAM Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Pengertian RAM Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap – Komputer memiliki suatu system yang dapat di gunakan untuk mempercepat proses kerjanya seperti membuka data, merender video, membuka aplikasi, bermain game, dan banyak lagi tanpa harus mengalami loading.

Loading data yang di perlukan apa bila memiliki benda atau alat ini akan sangatlah cepat dan membuat kita dapat menikmati akses komputer dengan baik dan nyaman. Alat yang di maksudkan adalah RAM atau Random Access Memori. RAM yang ada di dalam komputer sangat berkaitan dengan proses yang dapat di lakukan oleh komputer dalam memproses data yang ada di dalamnya. Untuk dapat mengerti lebih jelas mengenai RAM akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian RAM Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Mari kita bahas pengertian RAM terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian RAM

RAM merupakan suatu singkatan dari Random Access Memory yang menjadi suatu tempat penyimpanan data atau memori sementara yang ketika komputer di hidupkan dan dapat menjalankan komputer dengan acak atau dengan random.

Bentuk RAM yang ada di dalam komputer berbentuk seperti rangkaian elektronik seperti chip. Memasang RAM ke dalam motherboard komputer harus tepat dan pas sesuai dengan slot RAM yang ada di motherboard. Maka dari itu jenis RAM yang cocok untuk motherboard pun bermacam-macam.

Baca Juga:  √ Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Fungsi RAM

RAM atau Random Access Memory memiliki fungsinya di dalam komputer yaitu untuk dapat mempercepat proses yang di lakukan oleh komputer. RAM yang besar akan dapat mempercepat proses datanya dan akan semakin cepat pula kerja komputer tersebut. RAM dapat menjadi cepat karena di dalam RAM terdapat ruang penyimpanan sementara yang dapat di gunakan oleh komputer untuk dapat menyimpan data-data yang mudah untuk dapat di ambil, hal ini yang dapat mempercepat pemprosesan data dan pengaksesan program yang ada di dalam komputer.

Jenis RAM

RAM memiliki beberapa jenis yang dapat support dengan beberapa tipe motherboard. Jenis-jenis dari RAM diantaranya adalah:

DRAM

DRAM atau Dynamic RAM merupakan jenis RAM yang dapat di segarkan oleh CPU secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak dapat menghilang.

SDRAM

SDRAM merupakan singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory yang merupakan jenis RAM yang menjadi kelanjutan dari DRAM yang terlah di sinkronisasikan oleh clock system yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi jika di bandingkan dengan DRAM.

DDR RAM

DDR RAM merupakan singkatan dari Double Rate Random Access Memory yang merupakan jenis RAM dengan teknologi terusan atau merupakan lanjutan dai SDRAM. DDR memiliki jenis lain yang telah berangsung menjadi beberapa generasi seperti DDR2 atau Double Data Rate generation 2 RAM dan ada juga DDR3 atau Double Data Rate generation 3 RAM.

Baca Juga:  √ Pengertian BIOS Basic Input Output System, Fungsi & Cara Kerjanya

RDRAM

RDRAM merupakan singakatan dari Rambus Dynamic Access Memory yang merupakan suatu jenis memori dengan harga yang lebih mahal tetapi lebih cepat dari SDRAM. RAM jenis ini sering di pakai pada system dengan Pentium 4.

Pengertian RAM Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

SRAM

SRAM merupakan siangkatan dari Static Random Access Memory yang merupakan jenis RAM yang tidak memerlukan adanya penyegaran dari CPU untuk dapat membuat data yang ada di dalamnya tidak hilang dan tersimpan dengan baik. RAM dengan jenis ini memiliki kecepatan yang tinggi jika di bandingkan dengan DRAM dan SDRAM.

EDORAM

EDORAM merupakan singkatan dari Extended Data Out Random Access Memory yang merupakan jenis RAM yang dapat di gunakan di system yang telah memakai Pentium. Pada RAM jenis ini dapat meyimpan dan mengambil isi dari memori dengan bersamaan yang dapat membuat kecepatan membacanya menjadi lebih cepat dari yang lainnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian RAM Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya RAM yang berkapasitas besar kita dapat dengan mudah membuka komputer dan memainkannya tanpa harus mengalami loading data. Semoga bermanfaat 🙂