√ Pengertian Modem, Jenis Dan Fungsi Modem Lengkap

Pengertian Modem, Jenis Dan Fungsi Modem Lengkap – Dalam era serba canggih ini manusia di harapkan dapat mengikuti perubahan zaman dan ikut ambil dalam perkembangan teknologi yang ada pada saat ini.

Kecanggihan yang ada saat ini sangatlah mengagumkan, apa lagi dengan kemunculan internet yang dapat merubah segala keadaan yang ada di segala belahan dunia. Internet sudah banyak terdapat di dunia ini dan dapat di akses dengan menggunakan modem sebagai alatnya. Modem yang di gunakan membuat pc atau komputer dapat terhubung dan masuk kedalam jaringan internet dengan mudah. Untuk dapat mengerti tentang apa itu modem akan di jelaskan lebih lengkap lagi sebagai berikut.

Pengertian Modem, Jenis Dan Fungsi Modem Lengkap

Mari kita bahas pengertian modem terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Modem

Modem merupakan suatu singkatan dari modulator dan demodulator, modulator dan demodulator memiliki kegunaannya tersendiri. Modulator memiliki kegunaan untuk dapat memproses suatu penumpukan data yang ada pada sinyal informasi kepada sinyal pembawa agar dapat di kirimkan kepada penggunanya dengan media tertentu. Proses seperti ini di sebut dengan proses modulasi. Proses yang terjadi di pc atau komputer adalah terbentuknya sinyal digital yang akan di ubah menjadi bentuk sinyal analog.

Baca Juga:  √ Pengertian Router, Modem, Switch, Dan Bridge Beserta Fungsinya

Demulator memiliki kegunaanya tersendiri yaitu untuk menjadi suatu proses yang di gunakan untuk mendapatkan kembali data yang di kirimkan oleh si pengirim. Di dalam proses tersebut ada data yang di pisahkan dari frekuensi yang tinggi dan data tersebut berbentuk analog maka di rubah kembali kedalam bentuk sinyal digital yang akan dapat di baca oleh komputer atau pc.

Jenis-Jenis Modem

Modem di dunia ini memiliki banyak sekali macamnya, jenis modem yang ada di bedakan menjadi beberapa macamnya berdasarkan pemasangannya dan dari jaringan modem tersebut. modem menurut jenis pemasangannya dapat di bedakan menjadi dua yaitu modem jenis internal dan modem jenis eksternal.

Modem internal

Modem internal ini merupakan jenis modem yang berbentuk kartu yang dapat di pasangkan ke dalam slot yang ada pada motherboard di pc atau komputer. Kelebihan yang di miliki oleh modem jenis ini adalah cara memasangnya yang mudah serta harga dari modem ini yang relative lebih murah.

Modem Eksternal

Modem eksternal ini merupakan jenis modem yang di pasangkan di luar dari kompunen komputer. Umumnya jenis modem ini di pakai dengan memasangkannya ke dalam slot usb yang ada di komputer atau pc tersebut.

Jenis modem yang di bedakan berdasarkan jaringannya di bedakan menjadi dua jenis ada modem dengan media kabel da nada yang tidak menggunakan kabel atau berjenis nirkabel.

Baca Juga:  √ Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, Karakteristik & Cara Kerja

Modem Dengan Kabel

Modem dengan kabel ini merupakan jenis modem yang menggunakan media kabel untuk dapat menjadi perantara mengirimkan jaringan datanya.

Modem Tanpa Kabel

Modem tanpa kabel ini merupakan jenis modem yang mengunakan media nirkabel untuk dapat menjadi perantara untuk mengirimkan jaringan datanya, seperti modem CDMA dan juga modem GSM.

Pengertian Modem, Jenis Dan Fungsi Modem Lengkap

Fungsi Modem

Modem memiliki fungsinya yaitu untuk dapat mengubah sinyal yang di terima berupa sinyal digital menjadi analog dan sinyal yang berbentuk analog menjadi sinyal digital. Prose perubahan yang di lakukan itu di namakan dengan modulasi.cara kerja dari modem dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu berupa modulator yang dapat mengubah sinyal digital di dalam komputer untuk dapat di jadikan sinyal yang nantinya akan dapat mengakses jaringan internet. Selanjutnya berupa demodulator yang dapat mengubah sinyal analog yang di terima oleh modem menjadi sinyal berbentuk digital untuk masuk kedalam komputer.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Modem, Jenis Dan Fungsi Modem Lengkap yang di jelaskan oleh seputerpengetahuan. Dengan modem kita dapat menjelajahi dunia internet dengan cepat lewat komputer atau pc di rumah. Semoga bermanfaat 🙂