√ Pengertian Gateway Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Gateway Beserta Fungsinya Lengkap – Dalam dunia komputer dan membahas jaringan komputer maka akan sangat banyak sekali hal yang akan dapat di berikan karena memang banyak sekali kegunaan dari komponen-komponen komputer ini.

Di dalam komputer ada gerbang yang menjadi penghubung di dalam jaringan komputer yang di namakan dengan gateway. Gateway ini menjadi pintu gerbang bagi jaringan yang akan menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain. Gateway sangat bermanfaat dan sangat penting bagi komputer karena memiliki banyak kegunaan yang harus di miliki setiap komputer. Untuk dapat mengerti tentang apa itu gateway akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Gateway Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian gateaway terlebih dahulu.

Pengertian Gateway

Gateway merupakan suatu gerbang jarigan yang berupa perangkat yang di gunakan untuk dapat menghubungkannya dengan satu jaringan komputer dengan komputer lain yang memakai protocol komunikasi yang berbeda sehingga dapat informasi yang di dapat dari jaringan satu dapat di berikan kepada jaringan lain dengan protocol yang berbeda. Penggunaan gateway yang paling umum adalah pada saat melakukan pertukaran email yang dapat di lakukan dengan system yang berbeda.

Fungsi Gateway

Gateway memiliki fungsi untuk dapat menghubungkan dua komputer yang memiliki arsitektur yang berbeda dan tidaklah sama. Gateway dapat di gunakan untuk dapat menghubungkan IBM SNA dengan digital DNA, atau LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide Area Network). Fungsi lainnya adalah untuk dapat melakukan protocol converting. Ini dapat membuat dua arsitektur jaringan komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Baca Juga:  √ Pengertian Router, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya Lengkap

Suatu gateway jaringan merupakan system internet working yang dapat menghubungkan dua perangkat jaringan secara bersamaan dan dapat di konfigurasi kedalam aplikasi, hardware atau kedua-duanya. Jaringan gateway dapat melakukan operasi pada setiap tingkat dari model lapisan OSI atau Open System Interconnection.

Pengertian Gateway Beserta Fungsinya Lengkap

Model dari OSI adalah suatu bentuk deskripsi abstrak tentang desain lapisan komunikasi dan protocol jarignan komputer dengan di kembangkan menjadi bagian dari inisiatif OSI atau Open System Interconnection. Model jenis ini di sebut juga dengan tujuh lapisan OSI atau OSI Seven Layer Model.

Sekianlah penjelasan menganai Pengertian Gateway Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan gateway kita dapat menghubungkan dua komputer yang memiliki bentuk yag berbeda dengan menggunakan protocol yang berbeda pula. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
07