√ Pengertian Anggaran dan 11 Jenis Anggaran (Lengkap)

Pengertian Anggaran dan 11 Jenis Anggaran (Lengkap) – Setiap perusahaan haruslah memiliki perhitungan yang baik mengenai apa saja yang ada di dalam perusahaan itu secara terperinci dengan detail walau sekecil apa pun itu.

Pengertian Anggaran dan 11 Jenis Anggaran (Lengkap)

Dengan anggaran yang di perhitungkan dengan baik maka akan dapat di perkirakan bagaimana perusahaan di periode mendatang. Untuk dapat mengetahui apa itu anggaran akan di jelaskan dengan jenisnya lengkap sebagai berikut.

Pengertian Anggaran

Anggaran menrupakan suatu rencana yang telah di tetapkan atau di susun dengan sistematis yang mana di dalamnya meliputi seluruh kegiatan yang di miliki perusahaan yang dapat dinyatakan kedalam unit kesatuan moneter yang berlaku dalam jangka waktuatau di dalam periode tertentu, di dalam perusahan di nyatakan ke suatu unit kesatuan moneter yang akan berlaku dengan jangka waktu dan periode mendatang.

Anggaran perusaan merupakan sautu proses kegiatan dan juga pengendalian kegiatan operasi perusahaan yang akan di nyatakan di dalam suatu kegiatan. Ini di nyatakan ke dalam suatu kegiatan di dalam satuan uang yang telah memiliki tujuan untuk dapat memproyeksikan operasi perusaan di dalam memproyeksikan keuangan yang di milikinya.

Jenis-Jenis Anggaran

Berikut adalah jenis-jenis anggaran yang akan di jelaskan di bawah ini:

Baca Juga:  √ 4 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

1. Anggaran Penjualan

Anggaran jenis ini mengenai segala rencana penjualan selama periode yang di tentukan yang akan di nyatakan dengan satuan uang dan juga kuantitas penjualan.

Anggaran jensi ini dapat di susun berdasar kepda proyeksi penjualan yang akan di berikan oleh perusaan. Anggaran perusahaan merupakan suatu anggaran yang dapat menjelaskan terperinci mengenai penjualan perusahaan di masa yang akan datang.

2. Anggaran Produksi

Anggaran jenis ini mengenai segala rencana unit yang akan di produksi selama periode anggaran. Dalam taksiran produksi ini di tentukan berdasar rencana dari penjualan atau persediaan yang telah di rencanakan. Anggaran ini merupakan dasar dari biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, dan biaya pabrik.

3. Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran jenis ini mengenai segala macam taksiran mengenai bahan baku yang di perlukan di dalam proses produksi dengan menyatakan suatu kuantitas bahan baku dan satuan uang. Dari anggaran ini akan dapat di ketahui pembelian bahan baku yang akan di pakai sebagai dasar dari penyusunan anggaran kas dan laba rugi.

4. Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

Anggaran jenis ini mengenai taksiran tentang biaya tenaga kerja selama beberapa periode anggaran yang akan di pakai menjadi dasar dari penyusunan anggaran kas dan juga laba rugi. Pada umumnya penyusunan ini merupakan perhitungan biaya kerja yang di kenal dengan dua macam perhitungan seperti upah per unit dan upah perjam.

5. Anggaran Overhead Pabrik

Anggaran jenis ini merngenai biaya overhead pabrik selama beberapa periode anggaran yang di pakai dalam penyusunan anggaran kas dan labarugi.

6. Anggaran Persediaan

Anggaran jenis ini mengenai persediaan yang di miliki perusaah di dalam suatu periode tentu denga perencanaan terperinci dan jelas.

7. Anggaran Biaya Produksi

Anggaran jenis ini mengenai biaya pemasaran dan anggaran biaya administrasi yang umum tentang taksiran biaya pemasan, biaya administrasi dan juga biaya umum.

Baca Juga:  √ Pengertian Bursa Efek dan Barang yang di Perjual Belikannya

8. Anggaran Program

Anggaran jenis ini mengenai anggaran operasi yang berdasar segala program utama perusahaan yang berjenis atau keluarga produk seperti program penelitian serta pengembangan.

9. Anggaran Pertanggung Jawaban

Jenis anggaran ini mengenai anggaran operasi yang d isusun berdasar kepada pusat tanggung jawab yang terdapat di sautu perusahaan.

10. Anggaran Pengeluaran Modal

Jenis anggaran ini mengenai anggaran perencanaan perubahan aktiva tetap suatu perusahaan selama periode tertentu anggaran.

11. Anggaran Kas

Jenis anggaran ini mengenai sumber dan penggunaan kas di dalam periode tertentu. Anggaran ini tersusun dari berbagai anggaran operasi dan juga pengeluaran modal dengan dasar penyusunan anggaran neraca.

12. Anggaran Rugi-Laba

Jenis anggaran ini mengenai laba rugi yang di peroleh perusahaan selama periode yang di tentukan. Anggaran ini di gunakan untuk dasar penyusunan neraca.

Pengertian Anggaran Beserta Jenis-Jenis Anggaran Lengkap

13. Anggaran Neraca

Jenis anggaran ini mengenai suatu rencana tentang posisi keuangan seperti aktiva, modal, dan juga utang yang di miliki oleh perusahaan dari awal hingga akhir periode.

14. Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Jenis anggaran ini mengenai rencana perubahan aktiva, utang, dan modal perusahaan selama periode yang di tetapkan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Anggaran dan 11 Jenis Anggaran (Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan anggaran yang tepat perusahaan dapat terus berdiri dan memberikan banyak pemasukkan. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
68