√ Pengertian Ketahanan Nasional dan Asasnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Ketahanan Nasional dan Asasnya (Bahas Lengkap) – Pembahasan dari artikel kali ini ialah tentang sebuah ketahanan nasional. Ketahanan nasional harus ada di setiap negara karena dengan ketahanan nasional negara akan dapat menjadi aman.

Pengertian Ketahanan Nasional dan Asasnya (Bahas Lengkap)

Untuk itu agar kita bisa mengetahui arti yang sebenarnya, oleh karena itu mari sama-sama kita mulai membahas artikel kali ini, supaya para pembaca yang ingin mengetahui tentang informasi dari artikel yang akan kita bahas bisa mendapatkan pengetahuan yang diinginkan. Nah mari sama-sama kita membaca penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional ialah keuletan dan juga ketangguhan yang bisa mengembangkan ketahanan atau juga kekuatan nasional di dalam menghadapi segala macam hambatan, tantangan dan juga ancaman yang berasal dari luar ataupun dari dalam. Tetapi ada juga pengertian yang lain dari ketahanan nasional ialah kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan ataupun dibina dengan secara berkelanjutan.

Dan hal itu dapat dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa serta negara, dengan sebuah keuletan dan juga ketangguhan sehingga mampu untuk mengembangkan kekuatan nasional. Ketahanan nasional merupakan hal yang sangat penting untuk suatu bangsa dan juga negara dan terkhusus adalah negara republik indonesia.

Baca Juga:  √ Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Dikarenakan setiap bangsa mempunyai cita-citanya tersendiri. Di dalam prosesnya pasti di suatu bangsa akan menghadapi dari berbagai macam persoalan, tantangan dan juga hambatan yang perlu untuk diatasi. Untuk hal tersebut suatu bangsa haruslah mempunyai keuletan, kekuatan dan juga sebuah ketangguhan agar dapat menghadapinya.

Asas Ketahanan Nasional

Di dalam sebuah ketahanan nasional terdapat asas-asas di dalamnya, dan asas ketahanan nasional yang ada di negara indonesia ialah tata laku yang mempunyai dasar dari nilai-nilai hukum, dan tersusun juga di dalam pancasila, undang-undang dasar serta wawasan nasional. Untuk mengetahui lebih jelas mari kita bahas dibawah ini.

  1. Asas kesejahteraan dan keamanan
  2. Asas Komprehensif integral atau menyeluruh terpadu
  3. Asas mawas ke dalam dan mawas keluar
  4. Asas kekeluargaan

Sifat Ketahanan Nasional

Selain dari yang sudah dijelaskan ada juga sifat dari ketahanan nasional, apa saja sifat tersebut? mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

Pengertian Ketahanan Nasional Dan Asasnya Terlengkap

  1. Mandiri, yang merupakan salah satu hal yang menjadi syarat untuk bisa menjalin kerjasama dengan negara-negara lain. Dan bertujuan agar bisa mendapatkan hal-hal yang dianggap dapat saling menguntungkan antara satu sama lainnya.
  2. Dinamis, sesuatu hal tentu saja bisa berubah begitu juga dengan ketahanan nasional yang juga tidak tetap ataupun dapat bisa berubah-ubah, untuk itu harus selalu meningkatkan mutu dari ketahanan nasional, dengan tujuan untuk mengembangkan suatu kondisi kehidupan nasional agar lebih baik lagi.
  3. Wibawa, sebuah wibawa merupakan hal yang harus dimiliki ketahanan nasional, dan juga dengan semakin tinggi wibawa dari ketahanan nasional maka akan semakin tinggi pula dari kewibawaan nasional.
  4. Konsultasi dan kerjasama, konsep dari ketahanan nasional mempunyai sikap yang konsultatif, kerjasama, saling menghargai, dan juga saling menghormati serta dapat mengandalkan kepada kekuatan moral atau juga kepada kepribadian bangsa.
Baca Juga:  √ Pengertian, Sifat dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Sekian penjelasan yang dapat diberikan tentang Pengertian Ketahanan Nasional dan Asasnya (Bahas Lengkap), sebuah ketahanan nasional merupakan hal yang harus dimiliki setiap negara. Karena dengan ketahanan nasional bangsa ataupun negara bisa menghadapi berbagai permasalahan yang ditimbulkan dari luar atau juga dari dalam, semoga bermanfaat 🙂