√ Pengertian Dial-Up Beserta Contoh Dial-Up Lengkap

Pengertian Dial-Up Beserta Contoh Dial-Up Lengkap – Dengan kemajuan jaman yang sangat baik pada saat ini, para produsen teknologi semakin canggih memberikan peratan mereka yang sangat modern kepada para konsumennya.

Dengan menawarkan beberapa kelebihan dari produk yang di berikannya dapat membuat konsumen yang memakainya menjadi terterik untuk menggunakannya selalu. Yang paling sering saat ini di gunakan adalah alat elektronik yang terhubung ke jaringan internet.

Pengertian Dial-Up Beserta Contoh Dial-Up Lengkap

Utnuk dapat terhubung ke jaringan internet terdapat salah satu cara yang di gunakan yaitu dial-up. Untuk mengetahuai apa itu dial-upa dan contohnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Dial-Up

Dial-up merupakan suatu koneksi yang di gunakan computer dengan menggunakan saluran telepon untuk dapat bergerak atau diam. Dail-up merupakan suatu istilah yang di gunakan utnuk menghubungkan computer kedalam internet dengan menggunakan saluran telepon.

Computer dapat melakukan dial-up dengan bantuan dari modem. Modem adalah perangkat keras yang dapat mengubah sinyal berupa digital menjadi analog dan sebaliknya. Modem yang dapat berkerja dengan baik dapat pula menjadi dial-up yang baik bagi computer yang dapat membuat internet yang di lakukan menjadi lancar.

Dial-up networking adalah perangkat protocol atau suatu perangkat lunak yang dapat di gunakan sebagai penghubung computer ke isp atau internet service provider. Dengan pelayanan isp kita dapat menggunakan dan mengakses internet dengan media elektronik yang kita miliki seperti computer.

Dial-up networking adalah salah satu jenis koneksi yang dapat di gunakan computer untuk masuk kedalam jaringan internet yang paling sering di gunakan. Di akhir tahun 200 an telah lebih dari seperempat milyar pengguna computer mengakses internet dengan menggunkan koneksi dial-up. Metode ini lebih banyak di gunakan bila di banding dengan metode lain yang sama-sama dapat menghubungkan computer dengan jaringan internet.

Baca Juga:  √ Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya

Metode lain yang dapat menghubungkan computer dengan jaringan internet adalah IDSN, modem dengan kabel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada hal yang perlu di ketahui ketika menggunakan dial-up networking yang diantaranya adalah:

Dapat mengakses internet dengan murah dan banyak di gunakan pada saat ini. Tetapi ada yang menjadi kelemahan dari system ini adalah kocepatan yang di dapatkan rata-rata lambat di bandingkan dengan metode lainnya. Apa bila mengakses web dengan kapasitas yang berkonten besar maka akan membutuhkan waktu yang lumayan lama ketika membukanya.

Dial-up networking dapat menggunakan modem yang menjadi interface untuk dapat menghubungkan computer dengan jaringan internet.

Dial-up pada umumnya melakukan komunikasi yang di lakukannya dengan ISP dengan mengggunakan point-to-point protocol saat akan mengakses jaringan internet.

Saat melakukan download data atau file dengan menggunakan dial-up akan sangat terbatas karena bandwidth yang di gunakan oleh system telepon  dan pada kualitas salurannya memberikan pengaruh yang besar.

Pengertian Dial-Up Beserta Contoh Dial-Up Lengkap

Contoh Dial-Up

Contoh dari mengkoneksikan internet dengan menggunakan dial-up adalah seperti pada saat kita menggunakan line telepon yang menggunakan koneksi dan di gunakan pada handphone yang berfasilitas modem dan dapat pula menggunakan USB.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Dial-Up Beserta Contoh Dial-Up Lengkap  yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan menggunakan jaringan internet kita dapat menjelajahi dunia dengan mencarinya menggunakan internet yang tersambung ke computer kita menggunakan dial-up. Semoga bermanfaat 🙂