√ Pengertian Titik, Garis, Dan Bidang (Pembahasan lengkap)

Pengertian Titik, Garis, Dan Bidang (Pembahasan lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel tentang titik, garis dan juga bidang. Tentu kata titik, garis dan juga bidang telah sering kita dengar tetapi terkadang arti yang sebenarnya dari semua itu belum sepenuhnya di pahami.

Untuk itu disini akan menjelaskan mengenai artikel kali ini. Didalam materi ruang tiga dimensi tidak pernah dipisahkan dengan konsep titik, garis dan juga bidang. Dan konsep itu berurutan yang dimulai dari konsep titik, lalu garis, dan kemudian bidang yang terakhir adalah ruang.

Jika seseorang mempelajari konsep ruang maka harus terlebih dahulu menguasai konsep bidang, dan jika konsep bidang dikuasai maka harus terlebih dahulu paham dengan konsep garis, dan jika ingin menguasai konsep garis maka anda juga harus menguasai dan paham dengan konsep titik. Untuk  dapat lebih jelasnya mari kita bahas dibawah ini.

Pengertian Titik, Garis, Dan Bidang (Pembahasan lengkap)

Mari kita bahas lengkap apa itu titik.

Pengertian Titik

Didalam dunia menulis titik adalah tanda yang digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat, tetapi didalam dunia matematika titik adalah sesuatu yang memiliki kedudukan tapi titik tidak mempunyai ukuran. Memiliki kesamaan seperti didalam dunia menulis, didalam dunia matematika titik yang  juga dipresentasikan dengan sebuah noktah “.”. hanya saja didalam dunia matematika titik yang diberi nama dengan menggunakan huruf kapital misalkan A, B, dan C dan yang lainnya.

Baca Juga:  √ Permasalahan Pembelajaran Matematika di Sekolah (Bahas Lengkap)

Pengertian Garis

Garis merupakan suatu himpunan titik-titik yang anggotanya terdiri dari lebih satu buah titik. Dan titik-titik tersebut berderet ke dua arah yang berlawanan hingga jauh tidak terhingga. Sedangkan model ataupun representasi suatu garis misalkan seperti seutas benang atau juga tali lurus yang bisa diperpanjang pada kedua arah yang berlawanan hingga jauh tak terhingga. Garis hanya memiliki ukuran yang panjang, berbeda dengan titik yang diberikan nama menggunakan satu buah dari huruf kapital, tetapi garis diberi nama dengan mengunakan sebuah huruf kecil seperti g, h, k dan juga seterusnya ataupun dua buah huruf kapital misalkan AB, AC, BC dan juga seterusnya.

pengertian titik garis bidang dan sudut

Pengertian Bidang

Bidang merupakan himpunan dari garis-garis yang anggotanya juga terdiri dari lebih satu buah garis. permukaan sebuah kertas yang bisa diperlebar ke semua arah. Bidang memiliki ukuran panjang dan juga lebar yang juga diberi nama dengan menyebutkan sebuah titik-titik sudut dari bidang tersebut ataupun huruf  dan juga seterusnya.
Bidang

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Titik, Garis, Dan Bidang (Pembahasan lengkap), titik, garis dan juga bidang merupakan materi dari ruang tiga dimensi. Semoga bermanfaat, terimakasih.