√ Gejala Globalisasi Di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Gejala Globalisasi Di Indonesia Terlengkap – Setelah membahas apa itu globalisasi, sekarang kita akan membahas beberapa gejala globalisasi itu sendiri dari berbagai bidang. Berikut beberapa gejala globalisasi dari berbagai bidang.

Gejala Globalisasi Di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap gejala globalisasi yang terjadi dalam berbagai macam bidang.

Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan selalu diikuti dengan kemajuan teknologi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dibidang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Contohnya:

♦ Penemuan telepon sebagai alat komunikasi yang membawa kemudahan bagi penggunanya. Setelah itu berkembang pula faksimili, handphone, internet dll.

♦ Penemuan alat transportasi dari yang paling ringan sampai pada yang paling canggih, misalnya pesawat terbang.

♦ Penemuan peralatan kantor, seperti mesin ketik sampai dengan komputer yang dapat membantu penyimpanan dan pengolahan data. Penemuan ini selanjutnya berkembang pada penemuan yang lebih canggih yaitu internet.

Bidang Ekonomi

Tujuan modernisasi dibidang ekonomi yang dilakukan diberbagai negara di dunia, khususnya di Indonesia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk itu perlu dikembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan prinsip persaingan sehat. Dengan demikian terjamin kesempatan yang sama dalam berusaha dan bekerja. Upaya-upaya agar kehidupan ekonomi dapat mendukung modernisasi dan globalisasi antara lain sebagai berikut:

♦ Mengembangkan persaingan yang sehat dan adil serta menghilangkan sistem monopoli.

♦ Memberdayakan pengusaha kecil, menengah dan koperasi agar lebih efisien dalam berusaha dengan suasana yang kondusif (aman dan mendukung).

Baca Juga:  √ Pengertian Geopolitik, Fungsi, Tujuan, Aspek & Kedudukannya

♦ Mengembangkan hubungan kemitraan yang saling mendukung dan menguntungkan antara koperasi, swasta dan BUMN, serta antara pengusaha besar, menengah dan kecil dalam rangka memperkuat struktur perekonomian nasional.

Bidang Politik

Keberhasilan pembangunan politik makin memantapkan tatanan kehidupan politik dan kenegaraan yang berdasarkan demokrasi Pancasila, memantapkan perkembangan organisasi politik dan kemasyarakatan, serta mendorong peningkatan kesadaran berpolitik rakyat. namun pendidikan politik pun harus lebih ditingkatkan agar rakyat makin sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Gejala Globalisasi Di Indonesia Terlengkap

Bidang Agama

Masyarakat Indonesiadikatakan masyarakat yang religius karena warga masyarakatnya hidup dengan berpedoman pada kaidah-kaidah agama yang dijamin dan dikuatkan dalam UUD 1945 Pasal 29 Ayat 2 yang berbunyi: negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai Gejala Globalisasi Di Indonesia (Pembahasan Lengkap) yang dapat kita pahami, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih.