√ Berbagai Bidang Modernisasi dalam Kehidupan (Bahas Lengkap)

Berbagai Bidang Modernisasi dalam Kehidupan (Bahas Lengkap) – Dalam kehidupan kita sehari-hari seiring berjalannya waktu ternyata tanpa kita sadari zaman pun makin berkembang, dan kita pun tak bisa mengelakkan bahwa modernisasi pun ikut melekat dalam kehidupan kita.

Berbagai Bidang Modernisasi dalam Kehidupan (Bahas Lengkap)

Kini ada beberapa bidang modernisasi yang ikut dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut peran modernisasi dalam bidang kehidupan kita.

Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung secara overlapping (tumpang tindih) dan interdependency (saling ketergantungan). Tingkat ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh suatu masyarakat tercermin dari teknologi yang dimiliki pada saat itu. Hal itu disebabkan teknologi merupakan buah dari ilmu pengetahuan dan teknologi akan membantu perkembangan ilmu pengetahuan.

Kemajuan dapat ditempuh dengan usaha modernisasi dan industrialisasi. Untuk itu perlu pembangunan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan hak dukungan dan lindungan sesuai dengan potensinya.

Bidang Politik dan Ideologi

Politik adalah semua usaha dan aktivitas manusia dalam rangka memperoleh kekuasaan, menjalankan kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan dalam kaitannya dengan penyelenggaraan pemerintah negara. Aktivitas yang dimaksud dapat dilaksanakan oleh perorangan maupun secara kolektif dan pada tingkat pusat maupun daerah. Pengaruh positif modernisasi politik dan ideologi adalah sbb:

  • Kesadaran politik dikalangan masyarakat makin meningkat. Hal itu dapat dilihat dari meningkatnya keikutsertaan masyarakat luas dalam percaturan politik melalui wakil-wakil rakyat.
  • Mutu kehidupan beragama makin meningkat. Hal itu tercermin dari bertambahnya toleransi antarpenganut agama dan kepercayaan serta meningkatnya mutu perilaku manusia dan mutu ketakwaan kepada Tuhan YME.
  • Ideologi nasional, yaitu Pancasila makin mantap.
  • Stabilitas politik dan pemerintahan makin meningkat.
  • Proses pembangunan dan pembaruan baik dalam segi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan keamanan makin lancar.
Baca Juga:  √ Pengertian Kematangan Emosi, Ciri, Faktor dan Aspeknya (Lengkap)

Bidang Kehidupan Ekonomi

Dalam kehidupan ekonomi perlu dikembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan prinsip persaingan sehat dan memperhatikan pertumbuhan ekonomi, nilai-nilai keadilan, kepentingan sosial, kualitas hidup, pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Dengan demikian terjamin kesempatan yang sama dalam berusaha dan bekerja, perlindungan hak konsumen,serta perlakuan yang adil bagi seluruh rakyat.

Bidang kehidupan Beragama

Dalam kehidupan beragama agar mendukung modernisasi masyarakat Indonesia dilakukan upaya sbb:

♦ Memantapkan peran, fungsi dan kedudukan agama sebagai landasan moral, spiritual dan etika dalam penyelenggaran negara, serta mengupayakan agar peraturan perundang-undangan tidak bertentangan dengan moral agama.

♦ Meningkatkan kualitas pendidikan agama melalui penyempurnaan sistem pendidikan agama sehingga lebih terpadu dan integral dalam sistem pendidikan nasional dengan didukung oleh saran dan prasarana yang memadai.

♦ Meningkatkan dan memantapkan kerukunan hidup antarumat beragama sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis dan saling menghormati dalam semangat kemajemukan melalui dialog antarumat beragama.

♦ Meningkatkan kemudahan umat beragama dalam menjalankan ibadahnya, termasuk penyempurnaan kualitas pelaksanaan haji dan pengelolaan zakat, dengan memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraannya.

♦ Meningkatkan peran dan fungsi lembaga-lembaga keagamaan dalam ikut mengatasi dampak perubahan yang terjadi dalam semua aspek kehidupan untuk memperkukuh jati diri dan kepribadian bangsa serta memperkuat kerukunan hidup masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Modernisasi dibidang agama menunjukkan adanya kemajuan dalam bidang agama dan kepercayaan. Kemajuan-kemajuan tersebut antara lain:

  • Makin tersedianya sarana dan prasarana ibadah dari kota besar hingga ke pelosok daerah.
  • Makin terorganisasinya kegiatan agama, baik secara regional maupun secara nasional, baik pada peringatan hari-hari besar agama maupun program pengembangan agama masing-masing.
  • Makin meningkatnya jumlah penganut agama yang aktif menjalankan ibadah.
  • Makin meningkatnya mutu ketakwaan yang tercermin dari perilaku sehari-hari.
  • Makin berkembangnya sekolah keagamaan, termasuk buku pengetahuan tentang agama.
Baca Juga:  √ 20 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Berbagai Bidang Modernisasi Dalam Kehidupan

Bidang Sosial Budaya

Dalam modernisasi bidang sosial budaya mengenai kesehatan dan kesejahteraan sosial diperlukan upaya agar mendukung modernisasi sebagai berikut:

♦ Meningkatkan mutu sumber daya manusia dan lingkungan yang saling mendukung dengan pendekatan paradikma sehat, yang memberikan prioritas pada upaya peningkata kesehatan, pencegahan, penyembuhan, pemulihan dan rehabilitasi sejak pembuahan dalam kandungan sampai usia lanjut.

♦ Mengembangkan sistem jaminan sosial tenaga kerja bagi seluruh tenagakerja untuk mendapatkan perlindungan, keamanan dan keselamatan kerja yang memadai, yang pengelolaannya melibatkan pemerintah, pengusaha dan pekerja.

♦ Meningkatkan kepedulian fakir miskin, penyandang cacat dan anak-anak terlantar serta kelompok rentan sosial melalui penyediaan lapangan kerja yang seluas-luasnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

♦ Meningkatkan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, memperkecil angka kematian dan peningkatan kualitas program keluarga berencana.

♦ Memberantas secara sistematis perdagangan dan penyalahgunaan narkotik dan obat-obatan terlarang dengan memberikan sanksi yang seberat-beratnya kepada produsen, pengedar dan pemakai.

Nah itulah pengulasan dan penjelasan mengenai Berbagai Bidang Modernisasi dalam Kehidupan (Bahas Lengkap) yang dijelaskan secara rinci, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Terimakasih.