√ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya

E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya silahkan simak uraian berikuti ini.

E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya

Dengan kegiatan E-business juga memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemprosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Apalagi sebagai pelaku E-business dapat mempermudah dalam melakukan penjualan dan juga pembelian.

Pengertian E-Business

Pengertian E-Business atau Electronic Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan dengan melalui perangkat elektronik atau juga dengan internet sehingga perusahaan itu dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier ataupun juga rekan bisnis. Secara lebih singkatnya e-business dapat diartikan yaitu  penggunaan Teknologi Informasi serta juga Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga bisa memperoleh keuntungan.

Teknologi Informasi serta juga Komunikasi pada e-business ini digunakan dalam meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit ataupun juga nonprofit dalam suatu perusahaan.

E-business ini dapat disebut sebagai iklan supaya para konsumen ini bisa membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business ini akan sangat berguna bagi e-commerce. Karena fungsi dari e-business adalah untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti misalnya bagian produksi, finance, marketing dll.

Jadi perusahaan juga akan menggunakan Teknologi Informasi serta juga Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan.

Strategi e-business pada perusahaan

Dibawah ini adalah konsep atau strategi yang banyak dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business. Strategi e-business dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya yaitu:

ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang bisa digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya serta juga informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.

EAI (Enterprise Application Programs)

EAI (Enterprise Application Programs) adalah suatu strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan itu untuk dapat bertukar informasi.

CRM (Customer Relationship Management)

CRM (Customer Relationship Management) ialah suatu strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk bisa meningkatkan keuntungan serta juga kepuasan para konsumen.

SCM (Supply Chain Management)

SCM (Supply Chain Management) adalah suatu strategi manajemen mengenai rantai suplai yang dengan secara otomatis akan terkomputerisasi.

Bentuk Hubungan Bisnis e-business

Terdapat 5 (lima) kemungkinan dari bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yakni:

  1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis itu dengan konsumen)
  3. Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu (1) dengan konsumen yang lain)
  4. Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau juga perusahaan)
  5. Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, serta informasi).

Alat dan Media

Alat dan juga media atau sumber yang digunakan dalam e-bisnis diantaranya yaitu:

  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Komputer
  • Internet
  • Kegiatan Sasaran
  • Kegiatan bisnis
  • Proses bisnis utama
  • Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi.

Pelaku E-Business

Adapun pelaku e-business, antara lain:

  • Perusahaan
  • Konsumen
  • Perusahaan
  • Supllier
  • Rekan bisnis

Manfaat juga Kegunaan e-business

Manfaat dan juga kegunaan dari e-business diantaranya adalah:

  • Pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi
  • Efisien serta Efektif
  • Peningkatan produktivitas dan keutungan

Keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business

Dibawah ini terdapat beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business, diantaranya yakni:

  • Memperluas pasar, dengan menggunakan e-business perusahaan atau juga pembisnis akan dapat memperluas pasarnya sehingga bisa memasuki pasar nasional atau bahkan internasional, sehingga
  • pembisnis itu dapat menjangkau banyak pelanggan itu dimanapun ia berada.
  • Menekan biaya telekomunikasi serta juga waktu transaksi dan juga penerimaan produk.
  • Konsumen ini dapat melihat barang, spesifikasi serta informasi lainnya dengan melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot untuk harus mendatangi penjual.
  • Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen, tentunya hal tersebut apabila dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi itu biusa dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.

Kelebihan dan kelemahan e-business

Berikut ini terdapat beberapa keunggulan atau juga kelebihan dari e-business.

Kelebihan E-Business

Dibawah ini kelebihan dari menggunakan E-Business diantaranya:

Akses yang mudah

Agar dapat terhubung atau juga berinteraksi jarak jauh atau juga tidak langsung dengan konsumen, para pembisnis juga hanya sangat membutuhkan koneksi internet yang memadai.

Lebih tepat sasaran

Sebagai seorang pembisnis yang mempromosikan produknya, menggunakan e-business juga akan lebih tepat sasaran, sehingga para konsumenpun juga akan bertambah.

Menghemat waktu

Apabila untuk berinteraksi ataupun juga bertransaksi harus menemui konsumen atau juga menemui rekan bisnis. Maka dengan e-business komunikasi ini dapat dilakukan dengan secara online di internet sehingga dapat menghemat waktu.

Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar

Kebanyakan slalu orang orang itu beranggapan bahwa untuk dapat memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang cukup besar, khususnya didalam melakukan promosi produk yang akan di jual. Sedangkan untuk sekarang ini bisa dilihat banyak sekali orang yang berbisnis dengan menggunakan internet atau secara online dengan modal yang sedikit.

Hanya dengan modal yang kecil serta di dukung dengan koneksi internet yang memadai, banyak juga orang yang langsung dapat menjalankan bisnis. Contoh dari bisnis di internet yakni menjadi reseller, jadi hanya dengan menjual ulang produk-produk yang sedang dijual oleh penjual lain tentunya dengan kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya.

Kelemahan E-Business

Dibawah ini merupakan beberapa kelemahan yang dimiliki oleh e-business, diantaranya yakni sebagai berikut:

Tidak adanya pertemuan dengan secara langsung

Jadi tidak jalur akses antara pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan ada terjadi tatap muka dengan secara langsung antara penjual serta pembeli. Apabila ingin bertemu harus membuat kesepakatan terlebih dahulu.

Beresiko terjadinya penipuan

Disebabkan karena transaksi ini tidak secara langsung atau tatap muka maka beresiko untuk terjadinya penipuan, terutama untuk pembisnis pemula yang masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di internet. Tapi untuk saat ini banyak sekali cara untuk bisa menghindari penipuan salah satunya dengan transaksi menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi juga akan menjadi lebih aman.

 

Unsur-unsur e-busines

Dibawah ini merupakan unsur-unsur pada e-business, diantaranya yakni sebagai berikut:

Pelaku bisnis

Diantaranya yakni seperti Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen dll.

Alat, media atau juga sumber daya yang digunakan

Diantaranya seperti Teknologi informasi serta juga komunikasi (Komputer, internet dll).

Kegiatan dan sasarannya

Diantaranya seperti aktivitas / kegiatan dan jugaproses bisnis (pelayanan, penjualan & transaksi) dan juga operasi bisnis utama.

Tujuannya

Diantaranya seperti komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis serta juga berbagi informasi.

Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan

Diantaranya seperti dengan pendekatan yang relatif aman, peningkatan keuntungan, lebih fleksibel, efesien, peningkatan produktivitas, bisnis yang terintegrasi dll.

E-Business Pengertian Strategi Unsur dan Contohnya

Contoh E-Business

Beberapa contoh dari e-business yakni koran atau media cetak yang sudah berbasis online, jadi tidak hanya dengan media cetaknya saja. Namun banyak sekali media cetak yang juga menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media cetak saja namun juga dengan melalui media online di internet. Serta tentunya banyak sekali keuntungan yang dapat didapatkan.

Contohnya:

  • Berita dapat diakses kapan saja oleh seluruh masyarakat serta juga berita yang lebih update.
  • Seperti toko-toko fashion yang tidak hanya juga menjalankan bisnisnya di dunia nyata namun tapi mereka juga menjalankan bisnisnya itu dengan cara online.

Demikian penjelasan tentang E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Daftar Isi