√ Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap – Komponen yang ada di dalam komputer sebagai penghubung antara satu komponen dengan komponen lainnya adalah berupa kabel.

Kabel yang ada di dalam komputer ada banyak daan saling terhubung dengan komponen-komponen yang lainnya. Kualitas kabel yang di gunakan puntidak bisa sembarangan dan menggunakan jensi kabel dari UTP.

Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

UTP memiliki kabel dengan kualitas yang baik dan memiliki sertifikasi yang baik di dalam dunia komputer atau elektronik. Untuk dapat mengerti tantang apa itu kabel UTP akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP merupakan suatu singkatan dari Unshielded Twisted Pair yang merupakan suatu kabel yang terbuat dari bahan-bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastic dan terbungkus dari bahan isolasi yang dapat melindunginya dari api dan juga dari kerusakan fisik. Kabel ini sendairi memiliki 4 pasang inti kabel yang saling berbelit di mana pada masing-masing pasangnya terdapat kode warna yang berbeda.

Kabel UTP merupakan jenis kabel yang dapat di gunakan untuk dapat membuat suatu jaringan komputer. Kabel ini memiliki 4 pasang kabel di bagian dalamnya. Koneksi yang kabel ini gunakan memakai konektor jenis RJ-45 atau dengan RJ-11. UTP ini memiliki dua jenis yaitu Shielded dan Unshielded.

Shielded

Merupakan salah satu jenis kabel UTP yang di dalamnya terselubung pembungkus.

Unshielded

Merupakan jenis kabel dari UTP yang di bagian dalamnya tidak mamiliki selubung pembungkus.

Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP sendiri memiliki fungsi untuk dapat di gunakan manjadi kabel untuk jaringan LAN di suatu system network yang apada umumnya pada kabel UTP memiliki impedansi yang kurang lebih 100 Ohm yang terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan kemampuannya sebagai penghantar data.

Jenis-Jenis Kabel UTP

Kabel UTP terdiri dari beberapa jenis yang diantaranya adalah:

CAT 1 Kabel UTP Category 1

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP dengan kekuatan transmisi yang sangat rendah dengan desain yang mendukung hanya untuk suara berbentuk analig saja.

CAT 2 Kabel UTP Category 2

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP dengan kekuatan transmisi yang lebih baik dari yang sebelumnya dengan desain yang telah mendukung komunikas data dan suara yang berbentuk digital. Kabel ini juga dapat mentransmisikan data hingga 4 Megabit/s.

CAT 3 Kabel UTP Category 3

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dari pada generasi sebelumnya dengan dukungan komunikasi data dan suara yang dapat berkecepatan 10 Megabit/s.

CAT 4 Kabel UTP Category 4

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP yang berkualitas transmisi lebih baik dari yang sebelumnya karena di dukung dengan komunikasi data dan juga suara yang dapat mencapai kecepatan 16 Megabit/s.

Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

CAT 5 Kabel UTP Category 5

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP yang berkualitas transimis yang leibihnbaik karena mendukung komunikasi data dan juga suara dengan kecepatan 100 Megabit/s.

CAT 6 Kabel UTP Category 6

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP yang memiliki sertifikasi resmi yang paling tinggi.

CAT 7 Kabel UTP Category 7

Kabel jenis ini merupakan kabel UTP dengan jenis premium yang sangat pas untuk di jadikan media trafik yang tinggi dengan single kabel atau satu kabel yang dapat mengirimkan data hingga 10 Gigabit/s dengan frekuensinya 1000 Mhz.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan.co.id. Dengan adanya jenis kabel UTP dapat membuat kita dapat mengirimkan data dengan sangat cepat. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi