10 Pengertian Masalah dan Cara Memperoleh Masalah Penelitian

10 Pengertian Masalah dan Cara Memperoleh Masalah Penelitian – Setelah mengetahui tentang pengertian penelitian, selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian masalah dan cara memperoleh masalah dalam penelitian.

10 Pengertian Masalah dan Cara Memperoleh Masalah Penelitian

Berikut akan dijelaskan tentang pengertian masalah oleh para ahli dan cara memperoleh masalah dengan langkah-langkah yang tepat.

Pengertian Masalah Menurut Para Ahli

Perlu diketahui bahwa tidak semua masalah membutuhkan pemecahan secara ilmiah, seperti masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tentu dalam menyelesaikan masalahnya berbeda dengan permasalahan penelitian yang harus dipecahkan secara ilmiah. Adapun pengertian masalah sangat beraneka ragam walaupun pada intinya sama. Berikut penjelasan penelitian menurut para ahli.

1. Istijanto

Masalah merupakan bagian yang paling utama dan terpenting dalam proses riset, karena masalah memberikan pedoman jenis informasi yang nantinya akan dicari.

2. Kartini Kartono

Masalah ialah sembarang situasi yang memiliki sifat-sifat khas (karakteristik) yang belum mapan atau belum diketahui untuk dipecahkan atau diketahui secara pasti.

3. Mustika Zed

Masalah ialah segala sesuatu yang belum ditemukan pemecahan atau jawabannya, suatu teka-teki yang menuntut pemecahan (penelitian) ilmiah, karena jawabannya hanya mungkin didapatkan melalui penelitian atau cara kerja ilmiah.

4. Alinis Ilyas

Masalah merupakan adanya kesenjangan antara apa yang seharusnya dengan apa yang terjadi dalam kenyataan. Dengan kata lain, masalah ialah adanya kesenjangan antara teori dengan kenyataan atau kenyataan dengan kenyataan.

5. KBBI

Masalah ialah sesuatu yang harus diselesaikan.

6. Prajudi Atmosudirjo

Masalah merupakan sesuatu yang menyimpang dari apa yang diharapkan, direncanakan dan ditentukan untuk dicapai sehingga masalah merupakan rintangan atau tantangan menuju tercapainya sebuah tujuan.

7. Notoadmojo

Masalah ialah suatu kesenjangan antara apa yang seharusnya terjadi dengan apa yang sudah terjadi tentang suatu perihal, atau kesenjangan antara kenyataan yang terjadi dengan yang seharusnya terjadi serta harapan dan kenyataannya.

8. Dorothy Craig

Masalah merupakan situasi atau kondisi yang akan datang dan tidak diharapkan.

9. James Stoner

Masalah merupakan suatu situasi yang menghambat organisasi untuk mencapai beberapa tujuan.

10. Roger Kaufman

Masalah ialah suatu kesenjangan yang harus ditutup antara hasil yang dicapai pada saat ini atau sebelumnya dengan hasil yang diharapkan.

10 Pengertian Masalah & Cara Memperoleh Masalah Penelitian

Cara Memperoleh Masalah Penelitian

Dalam dunia penelitian, masalah harus dicari tahu atau setidaknya dipikirkan. Ada 3 cara untuk memperoleh masalah penelitian, yaitu:

  • Dengan cara membaca buku atau laporan hasil penelitian orang lain, tulisan-tulisan ilmiah, diskusi, seminar, dan penemuan-penemuan ilmiah lainnya.
  • Dengan cara studi pendahuluan ke lapangan untuk mengadakan pengamatan langsung terhadap fenomena yang ada. Misalnya, datang atau survei langsung ke tempat dimana penelitian akan dilakukan.
  • Dengan cara memadukan antara cara yang pertama dengan cara yang kedua. Artinya, peneliti terlebih dahulu mempelajari konsep dan variabel dari literatur, kemudian melihat fakta empiris di lapangan, apakah sudah sesuai atau belum dengan teori atau konsep yang ada, jika belum sesuai, mengapa? Dengan pertanyaan tersebut maka akan mengundang peneliti untuk merumuskan masalah dalam penelitiannya. Cara ini dianggap lebih baik, karena peneliti bertolak dari teori dan konsep serta langsung memadukannya dengan fakta yang ada di lapangan.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai 10 Pengertian Masalah dan Cara Memperoleh Masalah Penelitian, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih.

Baca juga:

Daftar Isi