41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli – Pada kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas tentang pengertian sistem. Sistem yang merupakan keseluruhan komponen yang bergabung menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ada banyak pengertian sistem yang berbeda namun pada intinya adalah sama.

41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Mari kita bahas lengkap pengertian sistem dengan seksama.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berikut akan dikemukakan pendapat-pendapat para ahli mengenai pengertian sistem.

1. Salisbury

Sistem yaitu sekelompok komponen maupun bagian yang bekerja sama sebagai satu kesatuan.

2. James Havery

Sistem adalah prosedur rasional dan logis, yang berguna untuk merancang atau melakukan serangkaian komponen yang saling terkait.

3. John Mc. Manama

Sistem adalah suatu struktur konseptual yang tersusun dari berbagai fungsi yang saling terkait dan bekerja sebagai satu kesatuan dalam mencapai hasil yang diharapkan secara efektif & efisien.

4. Henry Prat Fairchild & Eric Kohler

Mereka menyatakan pendapatnya bahwa sistem sebagai suatu rangkaian yang saling berkaitan antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lain juga akan merasakan gangguan tersebut.

5. Indrajid

Sistem berarti beberapa kumpulan dari berbagai komponen yang mempunyai unsur keterkaitan atau keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

6. Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah suatu susunan yang menggambarkan adanya suatu rangkaian komponen yang saling berhubungan dengan tujuan yang sama secara seimbang dan serasi serta terkoordinasi dan terus berjalan dalam jangka waktu yang direncanakan.

7. Ackof

Sistem adalah suatu kesatuan konseptual/fisik yang terdiri dari beberapa bagian dalam keadaan saling ketergantungan satu sama lain.

8. Musanef

Mengatakan sistem sebagai alat pengontrol pekerjaan dan keadaan agar dapat melaksanakan tugas dengan tertib.

9. Jogianto

Sistem menurutpendapat dari jogianto yakni kumpulan dari beberapa elemen yang berinteraksi untuk tercapainya suatu tujuan tertentu.

10. Poerwadarminta

Sistem adalah kumpulan bagian-bagian yang berupa alat-alat dan lain sebagainya, yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.

11. Zulkufli A.M.

Sistem adalah sekumpulan objek nyata dan abstrak (set of things) yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan, bergantung dan saling mendukung, sebagai satu kesatuan yang utuh dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan secara efektif.

12. Mulyadi

Sistem pada hakekatnya adalah sekelompok elemen yang saling berkaitan erat satu sama lain, yang keduanya berfungsi dalam mencapai tujuan.

13. Murdick, R. G

Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan berbagai prosedur atau berbagai bagan pemrosesan untuk menemukan tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan barang untuk menghasilkan informasi, energi, atau barang.

14. Pamudji

Sistem adalah suatu keseluruhan yang kompleks dan terorganisir, di mana kombinasi dari bagian-bagian tersebut membentuk satu kesatuan yang utuh.

15. Bertalanffy

Sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

16. J.C. Hinggins

Ia menjelaskan bahwa Sistem merupakan seperangkat bagian yang saling berhubungan.

17. Anatol Raporot

Sistem yaitu sekumpulan kesatuan serta suatu perangkat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain.

18. Koentjaraningrat

Sistem merupakan sebuah susunan yang berfungsi & bergerak.

19. Robert Allen dan Mark Victor Hansen

Sistem menurut pendapat merka yaitu sebuah prosedur yang terorganisir dan mapan yang dapat membuahkan hasil.

20. Webster’s Unabridged

Sistem menurut pendapatnya beberapa elemen yang mana saling berkoneksi dan membentuk satu kesatuan atau sebuah organisasi.

21. Andri Kristanto

Sistem adalah suatu jaringan dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan atau menyelesaikan suatu tujuan tertentu.

22. Pilecki

Sistem adalah kumpulan dari objek dan objek yang berhubungan dengan atributnya. Sistem juga dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian, atribut-atribut dari bagian-bagian tersebut dan hubungan antara bagian-bagian tersebut dengan atribut-atributnya.

23. C.W. Churchman

Sistem adalah kumpulan dari berbagai bagian yang dikoordinasikan secara seimbang dan serasi untuk melaksanakan pencapaian suatu tujuan.

24. Gordon B. Davis

Menurutnya, sistem terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait yang beroperasi bersama-sama dalam mencapai tujuan tertentu.

25. Edgar F. Huse & James L. Bowdict

Menurut pendapat dari mereka, sistem adalah rangkaian atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sehingga saling berinteraksi dan mempengaruhi.

26. Davis, G. B

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama untuk menyelesaikan dan mencapai tujuan tertentu.

27. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

  • Himpunan unsur-unsur yang secara teratur saling berkaitan membentuk suatu totalitas pencernaan makanan, pernafasan, dan peredaran darah dalam tubuh.
  • Susunan pandangan, teori, prinsip, dll yang teratur. Contoh: pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dll);
  • Metode. Contoh: pendidikan (klasik, individual, dll)

28. A. Hall dan R. Fagen

Sistem yaitu kumpulan dari objek-objek yang meliputi hubungan antara objek-objek tersebut dan hubungan antara properti-properti yang dimilikinya.

29. Ludwig Von Bartalanfy

Sistem merupakan satuan perangkat unsur yang mana hal ini saling terikat pada suatu antar relasi yang diantaranya unsur-unsur ini dengan lingkungan.

30. Colin Cherry

Sistem merupakan keseluruhan yang terdiri atas banyak bagian dengan berbagai sifat.

31. Prajudi

Sistem yaitu jaringan prosedur-prosedur yang saling berhubungan menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi utama.

32. Sumantri

Sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud.

33. Inu Kencana Syafie

Sistem adalah kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya.

34. Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan

Sistem merupakan rangkaian komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

35. O’brien

Sistem yaitu sekelompok komponen yang mana saling terkait, bekerja sama agar dapat mencapai tujuan bersama dengan menerima input dan menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

26 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

36. Djekky R. Djoht

Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek yang disatukan oleh beberapa bentuk interaksi tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang digabungkan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

37. Azhar Susanto

ia berpendapat bahwa Sistem yaitu kumpulan dari sub sistem/komponen apapun baik itu fisik maupun non fisik yang mana hal ini saling berhubungan satu sama lain serta bekerja sama secara harmonis agar dapat mencapai satu tujuan tertentu.

38. Arifin Rahman

Menurut pendapatnya yaitu Sistem yaitu kumpulan pendapat (collection of opinion), asas (principles), dan lain sebagai nya yang mana membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan.

39. Sutarman

Sistem menurut pendapat beliau yaitu kumpulan elemen yang saling berinteraksi dalam suatu kesatuan guna menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.

40. Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Sistem menurut pendapat mereka yaitu serangkaian komponen yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, apabila suatu bagian atau sub bagian ini terganggu, maka bagian lainnya akan ikut merasakan ketergangguan tersebut.

41. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa kata Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang merupakan suatu kesatuan yang terdiri atas komponen maupun elemen yang dihubungkan bersama guna mempermudah aliran informasi, materi maupun energi agar dapat mencapai suatu tujuan.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca seputarpengetahuan.com. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi