Permainan Bola Besar : Pengertian, Jenis, dan Penjelasannya

Permainan Bola Besar : Pengertian, Jenis, dan Penjelasannya – Apa yang dimaksud dengan permainan bola besar ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Permainan Bola Besar : Pengertian, Jenis, dan Penjelasannya

Olahraga permainan adalah olahraga tim yang terdiri dari beberapa orang, mereka membentuk sebuah tim, dan bermain pada waktu yang sama dan mencetak alat kemenangan terbanyak.

Dalam dunia olahraga terdapat beberapa cabang olahraga permainan, beberapa diantaranya adalah olahraga yang menggunakan bola sebagai alatnya. Permainan bola ini juga dibagi menjadi 2 yaitu permainan bola kecil dan permainan bola besar. Permainan bola besar adalah permainan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan ukuran bola yang besar dan anggota badan sebagai penggeraknya, sedangkan permainan bola kecil biasanya menggunakan alat lain untuk memainkannya.

Permainan bola besar adalah olah raga yang menggunakan bola besar atau bola dengan diameter lebih dari 50 cm. Jenis olah raga ini biasanya dilakukan dalam kelompok kecil dan dilakukan di lapangan.

Bagi semua yang menyukai olah raga, olah raga bola skala besar merupakan salah satu olah raga yang paling digemari, karena permainan seperti ini membutuhkan tenaga ekstra untuk memaksimalkan efek permainan.

Jenis Jenis Permainan Bola Besar

Apakah ada banyak kategori game yang termasuk dalam kategori bola besar? Apa pun? Ini dia daftar beserta penjelasan dan aturannya.

Permainan Sepakbola

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Jika Anda seorang anak laki-laki, Anda pasti pernah bermain sepak bola, bukan? Sepak bola adalah salah satu olahraga yang dimainkan secara beregu atau berkelompok dengan menggunakan bola yang terbuat dari karet.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak poin sebanyak mungkin dengan gawang lawan. Selain itu, pemain harus bisa mempertahankan jala dari serangan lawan agar tidak kebobolan bola.

Ukuran Lapangan

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang, panjang 100 hingga 120 meter dan lebar 45 hingga 90 meter.

Jumlah Pemain

Permainan sepak bola terdiri dari dua tim, dimana masing-masing dari tim tersebut terdiri dari 11 pemain. Ada satu posisi yang disebut penjaga gawang atau penjaga gawang. Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang diizinkan memegang bola dengan tangannya selama bermain.

Lama Permainan

Durasi pertandingan sepak bola adalah 2 x 45 menit atau total 90 menit. Ada jeda 15 menit antar ronde. Jika skor sama selama 90 menit, untuk pertandingan yang membutuhkan pemenang akan ada tambahan waktu 2 x 15 menit.

Basket

Permainan bola basket merupakan olah raga yang dilakukan oleh dua regu dengan masing-masing regu terdiri dari 5 orang. Bola Basket diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tanggal 15 Desember 1981. Bola basket kini telah dimainkan di berbagai negara, termasuk Indonesia tentunya.

Tujuan Permainan Bola Basket

Tujuan dari permainan bola basket adalah mendapatkan poin sebanyak mungkin. Poin bisa didapat dengan memasukkan bola ke ring lawan. Tim yang mendapatkan poin terbanyak hingga pertandingan usai akan menjadi pemenangnya.

Ukuran Lapangan

Lapangan basket memiliki dua ukuran standar, standar internasional pertama dan standar NBA (Amerika Serikat). Untuk standar internasional, panjangnya 26 mx 14 m. Sedangkan lapangan NBA berukuran panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Ring basket memiliki tinggi 3,05 m, dengan diameter ring 0,45 m.

Jumlah Pemain

Jumlah pemain bola basket adalah 5 orang untuk setiap tim sebagai pemain inti. Ada 5 orang lagi yang biasanya duduk di bangku. Namun terkadang dalam pertandingan tertentu jumlah pemain cadangan bisa ditambah menjadi 7 orang.

Lama Permainan

Olahraga bola basket terdiri dari 4 empat babak, yang masing-masing berlangsung 10 menit. Namun jika mengacu pada NBA, waktu yang digunakan adalah 4 × 12 menit. Di setiap pergantian babak ada jeda 10 menit.

Voli

Permainan Bola Voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan. Awalnya game ini dikenal dengan nama Minitonette. Sedangkan dalam bahasa Inggris olahraga ini dikenal dengan nama Bola Voli. Olahraga ini bisa dimainkan di lapangan voli indoor maupun outdoor.

Ukuran Lapangan

Perlengkapan yang harus disiapkan dalam permainan ini antara lain jaring dan lapangan khusus dengan ketinggian sekitar 2,24 meter dan lapangan yang cukup lebar.

Dalam permainan ini memiliki ukuran lapangan 18 x 9 meter dengan garis pemisah untuk menyerang pemain garis disini ke arah tepi belakang lapangan sekitar 5 meter.

Jumlah Pemain & Lama Permainan

Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari enam pemain. Tidak seperti olahraga lain, bola voli membatasi poin kemenangan menjadi 25.

Futsal

Olahraga futsal memang sedang naik daun di Indonesia. Banyak sekali orang yang suka memainkan olahraga ini, dari anak-anak hingga orang dewasa. Tapi tahukah kamu? Nama futsal rupanya berasal dari bahasa Spanyol. Futsal berasal dari kata Futbol (sepak bola) dan sala (ruangan). Jadi futsal adalah sepak bola dalam ruangan.

Jumlah Pemain

Dalam pertandingan sepak bola lima sisi ini terdapat beberapa pemain yang di antaranya hanya ada 5 pemain dan beberapa pemain cadangan yang masing-masing harus mencetak gol sebanyak mungkin relatif terhadap gol lawan.

Ukuran Lapangan

Lapangan permainannya kecil, namun bentuknya hampir mendekati lapangan sepak bola yaitu panjang lapangan futsal itu sendiri adalah 25 sampai 43 meter, dan lebarnya 15 sampai 25 meter.

Bola Tangan

Permainan bola tangan bisa dibilang merupakan duplikat dari sepak bola. Tujuannya sama yaitu memasukkan bola ke gawang lawan. Namun, yang membedakannya, olahraga ini dimainkan dengan tangan, bukan kaki.

Handball pertama kali dikenal pada 130-200 M di Yunani. Untuk handball modern, mulai dikembangkan pada abad ke-19. Kemudian dibentuklah Federasi Bola Tangan Internasional pada tahun 1946. Sedangkan kejuaraan dunia pertama kali diadakan pada tahun 1954.

Bowling

Bowling dapat dibilang olahraga yang tidak terlalu populer di Indonesia. Bowling dimainkan dengan cara menggelindingkan bola hingga menjatuhkan 10 pin yang telah disusun berbentuk segitiga. Lapangan bowling bisa di dalam atau di dalam ruangan. Biasanya kita bisa menemukannya di mall-mall besar.

Rugby

Olahraga Rugby hampir sama dengan American Football, meskipun tentunya terdapat sedikit perbedaan. Rugby memang belum terlalu populer di Indonesia dan bisa dibilang masih jarang orang mengetahuinya. Rugbi populer di Eropa dan Amerika.

Permainan ini sendiri bertujuan untuk mencetak poin dengan cara membawa bola, melempar, atau menendang bola tersebut sehingga menyentuh garis belakang lawan.

Sepak Takraw

epak takraw merupakan salah satu olahraga campuran yang menggabungkan permainan sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan bulu tangkis ganda, dan pemain tidak diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan.

Sepak Bola Pantai

Sepak bola pantai adalah varian dari permainan sepak bola yang dimainkan di pantai atau tempat berpasir. Permainan ini membutuhkan skill, kelincahan dan teknik untuk menendang gawang.

Permainan Bola Besar : Pengertian, Jenis, dan Penjelasannya

Voli Pantai

Bola voli pantai yaitu variasi dari permainan bola voli yang dimainkan di atas pasir. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang dipisahkan oleh jaring, dan saling memukul bola menggunakan tangan atau lengan masing-masing.

Para pemain akan mencoba untuk memukul bola melewati bagian atas net, ke dalam area bermain lawan, dan berusaha mencegah bola agar tidak jatuh di wilayahnya sendiri.

Olahraga ini termasuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade, dan badan tertinggi atau induk organisasi adalah Federation Internationale de Volleyball.

Sesuai ketentuan resmi, bola voli pantai menggunakan dua orang dalam satu tim di setiap pertandingan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Permainan Bola Besar, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi