6 Konsep Pemasaran, pengertian, Jenis Dan Tujuannya

6 Konsep Pemasaran, pengertian, Jenis Dan Tujuannya – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan atau bisnis yang menyatakan bahwa kepuasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya adalah syarat yang paling penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan yang dijalani. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kepuasan individu terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.

6 Konsep Pemasaran, pengertian, Jenis Dan Tujuannya

Konsep inti pemasaran meliputi: keinginan, kebutuhan, produksi, permintaan, nilai, utilitas, kepuasan, transaksi dan interaksi, pemasaran dan pasarjasi.

Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli

Sebelumnya mari kita simak pembahsan menurut psara ahli mengenai tentang konsep pemasaran.

Basu Swastha dan Hani Handoko

“Konsep pemasaran merupakan filosofi bisnis yang menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan kebutuhan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan.”

Dari pengertian diatas maka perusahaan mempunyai konsekuensi bahwa segala aktivitas perusahaan harus diarahkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mampu memberikan kepuasan dalam memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Artinya tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.

Konsep pemasaran dapat dicapai dengan berusaha mengidentifikasi dan merumuskan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Perusahaan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen harus mengembangkan kebijakan mengenai produk, harga, promosi dan distribusi sesuai dengan kondisi konsumen sasaran. Organisasi perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran ini disebut organisasi pemasaran.

Kotler dan Armstrong

“Konsep pemasaran (marketing concept) merupakan konsep yang menitikberatkan pada kebutuhan konsumen, filosofi ini lebih menitikberatkan pada perasaan dan respon terhadap apa yang dibutuhkan konsumen.”

Kotler dan Keller

“Sudut pandang konsep ini adalah dari luar ke dalam (perspektif luar-dalam), yaitu memahami apa yang dibutuhkan konsumen dengan menyediakan produk yang tepat untuk kebutuhan konsumen daripada mencari konsumen yang tepat untuk produk Anda.”

Swasta

Menyatakan ada tiga faktor penting yang dijadikan dasar konsep pemasaran, yaitu:

1. Orientasi Konsumen
Intinya, jika perusahaan ingin menerapkan orientasi konsumen ini, yang dimaksud adalah:

  1. Tentukan kebutuhan dasar pembeli untuk dilayani dan dipenuhi.
  2. Pilih kelompok pembeli tertentu sebagai target penjualan.
  3. Tentukan produk dan program pemasaran.
  4. Melakukan penelitian terhadap konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan dan perilaku mereka.
  5. Tentukan dan terapkan strategi terbaik, apakah fokus pada kualitas bagus, harga murah atau model yang menarik.

2. Koordinasi dan Integrasi dalam Perusahaan
Untuk memberikan kepuasan yang optimal kepada konsumen, semua elemen pemasaran yang ada harus terintegrasi.

Hindari konflik antara perusahaan dan pasar. Salah satu cara untuk mencapai koordinasi dan integrasi ini adalah dengan menggunakan satu orang yang bertanggung jawab atas semua aktivitas pemasaran, yaitu manajer pembesaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan sebagian perusahaan turut serta dalam upaya yang terkoordinasi untuk memberikan kepuasan pelanggan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

3. Mendapatkan Laba Melalui Pemuasan Konsumen
Salah satu tujuan perusahaan adalah mendapatkan untung atau untung. Dengan laba ini perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar. Sebenarnya laba adalah tujuan umum perusahaan.

4. Strategi Pemasaran
Hal ini sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha.

Strategi merupakan serangkaian konsep besar yang menggambarkan bagaiman perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya, sehingga dalam menjalankan usaha kecil perlu dikembangkan melalui strategi pemasaranya.
Karena dalam konsep kritis ini sebenarnya usaha kecilah yang mampu memberikan pertumbuhan pendapatannya masayarakat.

Konsep Pemasaran

Dalam konsep dasar pemasaran ada enam konsep yaitu:

1. Konsep Produksi

Yaitu suatu konsep dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah. Sehingga orientasi konsep ini mengarah pada upaya mencapai efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Tugas manajemen di sini adalah meningkatkan produksi barang karena konsumen dianggap menerima produk yang terjangkau di mana-mana.

2. Konsep Produk

Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter terbaik. Dimana tugas manajemen disini ialah membuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan yang terbaik & menarik.

3. Konsep Penjualan

Menyatakan bahwa konsumen dengan dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.

4. Konsep Pemasaran

Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis meliputi penentuan kebutuhan & keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi kepuasan yang sesuai secara efektif & efisien dibandingkan dengan para pesaing.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Dalam konsep ini tugas sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan , kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan & meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.

6. Konsep Pemasaran Global

Dalam konsep ini, manajer eksekutif harus mencoba memahami semua faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. Dimana tujuan akhirnya ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan.

Jenis-jenis Konsep Pemasaran

Sesuai dengan pengertiannya, konsep pemasaran atau pemasaran adalah segala perilaku yang dilakukan perusahaan dalam memperkenalkan produk. Dalam praktiknya, perusahaan harus bisa menyesuaikan produk yang dibuatnya dengan manfaat yang akan dirasakan pasar. Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis konsep pemasaran yang umumnya digunakan oleh perusahaan untuk mengefektifkan pemasaran produknya.

Mengingat pentingnya kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam pemasaran, kita harus memahaminya dengan baik.

Perhatian kami terhadap pelanggan kami harus didasarkan pada hal-hal berikut:

  • Needs atau kebutuhan: Sesuatu yang penting bagi manusia untuk hidup sehat, stabil dan aman. Ketika kebutuhan tetap tidak terpenuhi, ada hasil buruk yang jelas, disfungsi atau kematian. Kebutuhan bisa obyektif dan fisik, seperti kebutuhan akan makanan, air dan papan; atau subjektif dan psikologis, seperti kebutuhan untuk menjadi bagian dari keluarga atau kelompok sosial dan kebutuhan untuk menghargai diri sendiri.
  • Wants atau keinginan: Sesuatu yang Anda inginkan, atau cita-citakan. Keinginan tidak penting untuk kelangsungan hidup dasar dan sering kali dibentuk oleh budaya.
  • Demands atau permintaan: Ketika kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan membayar, maka berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.

Ada banyak konsep pemasaran yang digunakan para pemasar sebagai acuan dalam bidang pemasaran. Beberapa dari konsep pemasaran ini ada saat ini, sementara yang lain sudah ketinggalan zaman dan telah diambil alih oleh konsep pemasaran lainnya.

Enam Konsep Pemasaran Dan Tujuannya

Tujuan Pemasaran

Adapun tujuan pemasaran (marketing objektive) yaitu apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui adanya kegiatan pemasaran. Jika kepuasan & kebutuhan konsumen terpenuhi maka akan berdampak pada hasil penjualan produknya meningkat & pada akhirnya tujuan pemasaran akan tercapai yakni memperoleh keuntungan atau laba.

Namun jika sebuah perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya memikirkan produsennya saja, maka akan ada kemungkinan hasil penjualan yang diperoleh menurun, sehingga keuntungannya minim bahkan bisa terjadi kerugian. Kepuasan pembeli atau konsumen lah yang terpenting bagi perusahaan dalam sebuah marketing.

Perlu diingat dalam hal pemasaran, sebaiknya kita melakukannya dengan sangat hati-hati karena saat ini banyak sekali hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi, seperti penipuan dan lain-lain. Jika kita memang akan terjun dalam dunia marketing, persiapkanlah diri kita sebaik mungkin dan berani mengambil segala resiko yang ada.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 6 Konsep Pemasaran, pengertian, Jenis Dan Tujuannya, semoga bermanfaat. Terimakasih.