Tawakal dan Ikhtiar Adalah : Bentuk, Manfaat dan hikmahya

Tawakal dan Ikhtiar Adalah : Bentuk, Manfaat dan hikmahya – Istilah ikhtiar sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Yupz, hidup adalah perjuangan dan disetiap perjuangan pasti diiringi dengan usaha dan doa. Kali ini, seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang pengertian ikhtiar dan bentuk-bentuk ikhtiar. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tawakal dan Ikhtiar Adalah : Bentuk, Manfaat dan hikmahya

Mari kita bahas lengkap pengertian ikhtiar dalam islam dengan seksama.

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam

Kata ikhtiar berasal dari bahasa Arab yang artinya sama dengan berusaha. Secara istilah ikhtiar yaitu segala perbuatan yang dilakukan manusia untuk mencapai sesuatu yang ia inginkan, atau suatu usaha yang dilakuakan untuk mememenuhi kebutuhan dalam hidupnya dan dilakukan secara sepenuh hati, dengan sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin dengan mengerahkan segala kemampuan dan ketrampilannya serta dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam.

Bentuk Bentuk Ikhtiar

Ikhtiar adalah salah satu bentuk akhlak terpuji yang diajarkan oleh Rosulluah SAW kepada umatnya. Ada juga bentuk-bentuk ikhtiar yang perlu kita ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Bersungguh-sungguh

Bersungguh-sungguh yaitu bentuk ikhtiar yang perlu diperhatikan. Untuk mencapai keinginan, mimpi, cita-cita, adn angan-angan dibutuhkan kesungguahan yang amat mendalam, dalam berusaha perludilakukan.

Contohnya: Dalam kasus jodoh, apabila anda ingin mendapatkan jodoh yang baik maka anda perlu mencoba untuk bersungguh-sungguh untuk memperbaiki dan menyesuaikan diri.

2. Bekerja keras

Berkerja keraslah sebaik mungkin agar dapat mencapai apa yang anda inginkan. Jangan malas dan coba yang terbaik. Tapi, coba dan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Contohnya: Apabila anda sedang terkena penyakit dan anda menginginkan kesembuhan, jadi anda perlu bekera keraslah untuk menjauhi pantangannya, rajin minum obat, rajin berolahraga, serta anda juga perlu menjaga kebersiahan dan penunjang lainnya.

3. Pantang menyerah dan putus asa

Apabila anda sudah melakukan bekerja keras, namun anda tidak mendapat apa yang anda inginkan atau bisa dibilang gagal, hasil yang tidak sesuai denganb apa yang diharapkan, makan anda harus terus mencoba, mencoba, dan mencoba. Jangan mudah putus asa, jangan mudah menyerah, karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan dan sebuah proses pembelajaran.

Contohnya: Saat ingin sukses di bidang bisnis, jangan mudah menyerah saat mengalami kegagalan. Setelah mencoba satu cara gagal, maka coba bangkit kembali dan coba cara lain dan seterusnya.

Mengenai ikhtiar, dalam Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11, Allah SWT telah berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan (nasib) yang ada pada diri mereka sendiri“.

Dalam islam setiap umat manusia dianjurkan untuk selalu berikhtiar serta ikhitar juga harus diiringi dengan doa, untuk hasilnya serahkan kepada yang maha kuasa. Karena setiao hasil usaha dari manusia merupakan hak prerogatif dari Allah SWT. Kita juga harus tetap berusaha, apabila gagal tetaplah berusaha dan untuk hasilnya serahkan kepada Allah SWT.

Manfaat Ikhtiar

Seorang muslim yang senantiasa Berikhtiar akan selalu mendapatkan dampak positif, adapun manfaat dari berusaha adalah sebagai berikut:

  1. Merasakan kepuasan batin, karena telah berusaha sebaik mungkin dengan kemampuan yang dimilikinya
  2. Terhormat di hadapan Tuhan dan sesama manusia
  3. Dapat menghemat uang karena Anda merasa sulit untuk bekerja
  4. Tidak mudah putus asa
  5. Hargai usahanya dan usaha orang lain
  6. Tidak selalu berpangku tangan dengan orang lain dalam hidupnya
  7. Selalu menyelamatkan akidahnya, karena dia tidak (bebas) bertawakal pada makhluk.

Hikmah Ikhtiar

Hikmah dari Ikhtiar adalah sebagai berikut:

  1. Akan menghilangkan perasaan malas, murung, dan berpuas diri
  2. Selalu membawa harapan baru dalam hidup, karena setiap usaha bisa mendatangkan sejuta harapan. Dan dengan banyak usaha akan ada lebih banyak harapan
  3. Meningkatkan derajat kita di hadapan Allah SWT.

Pengertian Tawakal

Tawakal yaitu dari seorang hamba yang sudah melewati proses ikhtiar. Dimana fase yang dituntut untuk mencoba dan berkerja dengan serius serta sempurna. Hanya kemudian hasil dan buah amal bekerja hanya untuk Allah Azza wa Jalla, Yang Esa yang mewakili semua hal dan kebutuhan. Bagi seorang hamba yang mengerti tawakal akan meyakini tak ada yang sia-sia dalam semua perbuatan yang telah dilakukan. Padahal cita-cita dan harapan karya amalnya belum tercapai dengan sempurna. Karena dalam pemahaman merekan, berbuat sebaik mungkin merupakan dari seorang hamba, sedangkan urusan hasil merupakan sepenuhnya hak Yang Maha Kuasa.

Keutamaan Tawakal

Keutamaan apa saja yang diadapatkan bagi orang tawakal?

1. Bisa membuktikan keimanan yang benar

Bagi seseorag yang bertawakal kepada Allah SWT merupakan orang yang dapat membuktikan keimanannya kepada, karena salah satu ciri-ciri dari beriman yaitu bertakwa kepada Allah SWT.

2. Mendapatkan jaminan rezeki

Rasulullah saw bersabda :

“Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, kalian pasti diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki, ia pergi pada pagi hari dalam keadaan perut kosong, kemudian pulang pada sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR Tirmidzi)

3. Tidak dikuasai setan

Orang yang menaruh tawakalnya dia tidak bisa tergoda, apalagi dikuasai setan. Sebab, bagaimana Setan bisa menggoda orang-orang yang begitu dekat dan melekat pada Allah SWT seperti dalam ucapan-Nya:

“Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan.” Qs. an-Nahl : 99

4. Selalau Menghargai Usaha yang Dilakukan

Ketika seseorang mencoba dan kemudian tidak mencapai hasil yang dia harapkan, terkadang dia merasa sia-sia atau tidak ada gunanya mencoba jika hasilnya hanya itu. Sikap ini disebabkan karena tidak bertawakal kepada Allah SWT. Apabila ia menaruh kepercayaannya, maka ia akan menerima dan bersyukur atas apa yang telah ia perole karenanya. Namun lain halnya dengan orang yang menaruh kepercayaan, jika tidak memuaskan seperti yang diharapkan maka akan berusaha lagi dengan usaha yang maksimal. Dapat dipahami bahwa jika pekerjaan atau usahanya sendiri tidak lagi dihargai, bagaimana mungkin dia bisa menghargai pekerjaan orang lain, apalagi jika pekerjaan itu tidak mencapai hasil yang diinginkannya.

5. Selalu Dicintai Oleh Allah SWT

Setiap umat muslim pasti ingin dicintai dan disayangi olej Allah SWT. Orang yang bertawakal pasti akan dicintai dan disayangi oleh Allah SWT.

Manfaat Tawakal

Dalam sejarah Islam, tawakal sangat dijunjung tinggi sebagai tanda seseorang yang beriman, takwa dan berserah diri secara mutlak hanya kepada Allah SWT. Hanya mereka yang menikmati hubungan sejati dengan Tuhan yang dapat selalu mempercayai-Nya, dalam keadaan apa pun sepanjang hidup mereka.

Seseorang yang bertawakal kepada Allah, kesuksesannya di dunia ini dan di akhirat dijamin oleh-Nya, tidak peduli kesulitan apa yang dia alami dalam hidupnya atau seberapa besar kekuatan musuh yang dihadapinya.

Hikmah Tawakal

Orang yang bertawakal kepada Allah SWT. Akan selalu mempertimbangkan dan merencanakan setiap pekerjaan yang diserahkan kepada kehendak Allah SWT. Oleh karena itu, orang yang menaruh kepercayaannya akan mendapatkan banyak hikamah, antara lain:

  1. Setiap urusan selalu direncanakan dengan baik dan matang
  2. Dapatkan ketenangan pikiran
  3. Menjadi optimis
  4. Menyadari kebesaran Tuhan dan keterbatasan usaha manusia

Tawakal dan Ikhtiar Adalah : Bentuk, Manfaat dan hikmahya

Contoh Tawakal

Misal, seseorang yang meletakkan sepedanya di depan rumah, setelah dikunci rapat, setelah itu ia bertawakal. Pada zaman Nabi Muhammad ada seorang sahabat yang meninggalkan untanya tanpa terikat. Ketika ditanya mengapa dia tidak terikat, dia menjawab, “Saya benar-benar menaruh kepercayaan saya kepada Allah.” Nabi yang tidak membenarkan jawaban tersebut berkata, “Ikatlah dan setelah itu kamu dapatbertawakal”

Itulah penjelasan dan pembahasan singkat mengenai Tawakal dan Ikhtiar Adalah : Bentuk, Manfaat dan hikmahya, semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi yang belum mengetahuinya. Sekian terimakasih.

Daftar Isi