Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok – Apakah yang di maksud dengan Gagasan Pokok ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Gagasan Pokok dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Pengertian dari gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari suatu cerita yang sifatnya implisit aray terdapat kata-kata kunci dalam kalimat utama. Gagasan pokok yaitu suatu gagasan yang menjiwai paragraf. Gagasan pokok dengan mudag untuk ditemukan melalui menjawab pertanyaan “Paragraf tersebut membahas tantang apa?”, jawaban pertanyaan adalah gagasan pokok.

Namun terdapat juga paragraf yang gagasan pokoknya berada di awal dan sekaligus di simpulan.gagasan pokok juga dapat diartikan sebagai hal yang ingin disampaikan oleh sang penulis. Kalimat yang yang didalamnya mengandung gagasan pokok disebut dengan kalmat utama atau kalimat topik.

Menurut Atmazaki (2006:84), gagasan pokok merupakan utama yang mejadi inti dari persoalan yang disampaikan dalam suatu paragraf serta kalimaty yang terdapat gagasan pokok disebut dengan kalimat topik.

Gagasan pokok juga bisa berada pada awal kalimat (deduktif) di akhir kalimat (induktif), serta diawal dan diakhir (deduktuf-induktif). Gagasan pokok juga bisa berletak di tengah paragraf, jenis paragraf tersebut adalah paragraf deskripsi.

Ciri-Ciri Gagasan Pokok.

  1. Terdapat kalimat pengembang (kalimat pendukung) atau penjelas
  2. Terdapat pendukung, baik itu dalam hal penjelas atau sebuah alasan yang kuat
  3. Inti dari sebuah paragraf atau pusat dari prmbahasan

Cara Menemukan Gagasan Pokok

  • Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat perkalimat pada teks paragraf dengan cermat, lalu pahami juga apa pembahasan yang dibicarakan oleh teks tersebut. Apabila anda telas membaca teks tersebut secara keseluruhan, lalu jawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaanitulah yang merupakan topik utamanya.

  • Temukan kalimat utamanya

Selanjutnya yaitu dengan cara menentukan kalimat utama yang terdapat pada setiap paragraf dalam teks. Sperti halnya yang telah kita ketahui, kalimat utama merupakan kalimat yang bersifat umum dan dilamnya terdapat gagasan pokok. Sedangkan kalimat penjelas yaitu kalimat khusus yang mendukung kalimat utama. Oleh karena itu untuk mencari kalimat utama dengan melihat kalimat utama yang didukung oleh kalimat penjelas pada paragraf dalam sebuah teks.

Baca teks tersebut dengan teliti, sehingga kita sanggup memilih yang manakah kalimat utama yang terdapat pada setiap paragraf tersebut. Agar dapat menemukan kalimat utama dengan mudah, berikut ini merupakan ciri dari kalimat utama yang terdapat dalam paragraf : apabila sudah menemukan kalimat utama dalam setiap paragraf, lalu carilah inti dari kalimat itu dengan cara mengambil subjek dan prediketnya, selanjutnya simpulkan gagasan utama tersebut.

Letak Gagasan Pokok

  • Contoh Gagasan Pokok di Awal Paragraf

Besok adalah hari libur. Jadi besok Budi dan kedua temannya berencana inigin pergi ke pantai untuk mencari kerang. Budi dan kedua temannya sudah biasa bermain di pantai selepas pulang sekolah, tetapi karena besok merupakan hari libur, Budi dan kedua temanya dapat bermain di pantai dari pagi hari.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah: “hari libur”

Kalimat pokok paragraf di atas adalah: “Besok adalah hari libur”

Gagasan pendukung paragraf di atas adalah: Besok adalah hari libur. Jadi besok Budi dan kedua temannya berencana inigin pergi ke pantai untuk mencari kerang. Budi dan kedua temannya sudah biasa bermain di pantai selepas pulang sekolah, tetapi karena besok merupakan hari libur, Budi dan kedua temanya dapat bermain di pantai dari pagi hari.

  • Contoh Gagasan Pokok di Akhir Paragraf

Bagi seorang umat muslim telah sepatutnya untuk selalu rajin beribadah dan juga berdo’a. Setiap hari, lantunan kalimat yang indah sudah semesti dipanjatkan kehadirat-Nya. Karena yakin dengan melantunkan do’a semua harapannya akan tercapai dan segala kwsulitan akan dengan mudahnya untuk diselesaikan. Karena bagi seorang muslim do’a merupakan senjata paling ampuh.

Gagasan pokok pada paragraf diatas adalah “kedudukan do’a bagi seorang muslim”. Gagasan pokok ada pada kalimat utama “Karena bagi seorang muslim do’a merupakan senjata paling ampuh”.

  • Contoh Gagasan Pokok di Awal dan Akhir Paragraf

Hari ini Maya sangat bahagia. Hari ini merupakan hari penerimaan raport kenaikan kelas. Sejak pagi tadi Maya bangun lebih awal untuk bersiap-siap berangkat ke sekolah. Maya berangkat kesekolah diantar oleh ayahnya. Saat tiba disekolah Maya langsung menyapa teman-temannya dengan riang gembira. Pada saat ibu memasuki ruang kelas persaan Maya gelisah dan cemas menantikan pengumuman peringkat kelas.

Ibu guru mengumumkan satu persatu murid yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. Hati Maya menjadi semakain cemas karena namanya belum disebut. Pada saat ibu guru mengumumkan peringkat pertama, dan ternyata nama Maya yang disebut, Maya menjadi sangat senang dan ibunya merasa bangga dengan Maya. Hari tersebut merupakan hari yang sangat berharga dan sangat spesial untuk Maya.

Gagasan pokok dari paragraf di atas yaitu: “Maya sangat bahagia” dan “hari ini spesial”

Kalimat utama dari paragraf di atas yaitu: “Hari ini maya sangat bahagia” dan “Hari tersebut merupakan hari yang sangat berharga dan sangat spesial untuk Maya”

Gagasan pendukung paragraf di atas adalah: Hari ini Maya sangat bahagia. Hari ini merupakan hari penerimaan raport kenaikan kelas. Sejak pagi tadi Maya bangun lebih awal untuk bersiap-siap berangkat ke sekolah. Maya berangkat kesekolah diantar oleh ayahnya. Saat tiba disekolah Maya langsung menyapa teman-temannya dengan riang gembira. Pada saat ibu memasuki ruang kelas persaan Maya gelisah dan cemas menantikan pengumuman peringkat kelas. Ibu guru mengumumkan satu persatu murid yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. Hati Maya menjadi semakain cemas karena namanya belum disebut. Pada saat ibu guru mengumumkan peringkat pertama, dan ternyata nama Maya yang disebut, Maya menjadi sangat senang dan ibunya merasa bangga dengan Maya.

Perbedaan Gagasan Pokok dan Kalimat Pokok

Cara membedakan gagasan pokok dengan kalimat utama yang pertama kita perlu mengetahui dahulu pengertian atau maksud dari gagasan pokok dan kalimat utama.

Jadi kalimat utama yaitu kalimat yang terdapat gagasan pokok serta diperjelas dengan kalimat lain dalam suatu paragraf. Sedangkan pengertian dari gagasan pokok yaitu suatu gagasan yang menjadi inti dari pengembangan paragraf. Tak hanya itu gagasan pokok juga bagian dari kalimat utama yang merupakan inti dari sebuah bacaan. Selanjutnya kita juga harus mengetahui contoh-contoh dari ide pokok dan kalimat utama. Contoh ide pokok dan kalimat utama sebagai berikut.

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Contoh Ide Pokok dan Kalimat Utama dalam paragraf

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Kekayaan ini mencakup sumber daya alam yang terdapat di darat, laut, serta peru bumi. Contoh kekayaan yang bersumber dari daratan yaitu hasil dari pertanian dan hutan. Serta kekayaan yang berasal dari laut yaitu seperti ikan, rumput laut, dan mutiara. Dan kekayaan alam yang berasal dari perut bumi yaitu minyak bumi, batu bara, emas, timah , nikel dan lain-lain.

Kalimat Utama Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya

Ide Pokok : kekayaan alam Indonesia sangat melimpah.

Kalimat utama yang terdapat pada paragraf diatas yaitu terdapat pada kalimat pertama yaitu Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Sebab kalimat tersebut berupa pernyataan umum. Sedangkan inti dari paragraf tersebut adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Gagasan Pokok, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi