Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya – Definisi dari akhlakul karimah adalah akhlak yang baik atau terpuji. Semua manusia harus memiliki sifat akhlakul karimah ketika hidup di dunia. Akhlakul karimah atau Akhlak mulia atau sikap terpuji yaitu suatu sikap yang baik sesuai dengan ajaran agama islam.

Bagi seseorang yang memiliki akhlakul karimah maka akan selalu disenangi oleh sesama manusia, bahkan tidak hanya itu jika seesorang berperilaku sesuai ajaran agama islam maka sudah pasti baik dimata Allah. Dan kelak nanti akan masuk dalam surga bersama Nabi Muhammad saw, seperti yang terkandung dalam Hadist Nabi Muhammad sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian dan orang yang paling dekat tempatnya dariku pada hari kiamat adalah orang yang paling baik budi pekertinya di antara kalian”

Hal tersebut juga tercermin dalam kondisi kita sekarang. Dengan melihat kondisi suatu bangsa atau suatu Negara bisa menjadi jaya bila warga negaranya terdiri dari orang-orang yang berakhlak mulia atau berbudi luhur.

Di sisi lain, jika warganya memiliki karakter yang buruk, maka bangsa dan negaranya akan rusak. Karena suatu bangsa dikenal akhlaknya (budi pekertinya) jika pikirannya telah runtuh maka bangsa tersebut juga akan runtuh.

Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Mari kita bahas dengan jelas apa itu akhalkul karimah dan jenis-jenis akhlak pada pembahasan dibawah ini:

Pengertian Akhlak

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai Akhlakul Karimah Alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari akhlak. Secara etimologis akhlaq berasal adri kata Al-Huluq, Akhalak memiliki arti tebiat, budi pekerti, dan kebisaan. Secara istilah akhlak memilikki arti perbuatan yang mudah tanpa melalui pertimbangan atau penelitian.

Kata akhlak berasal dari kata khalaqa yang berarti peristiwa, wujud, ciptaan, tampilan, tingkah laku,yang sekilas hanya berkonosasi lahiriah, padahal akhlak meliputi batin (dalam) maupun jasmani. Karena sikap batin termasuk dalam materi akhalak, jadi boleh saja seseorang yang tutur katanya santun, perilakunya santun, tetapi ia tidak memiliki berakhlak mulia karena bisa demikian karena ingin mendapatkan pujian atau malah di konteks menipu.

Oleh karena ityu akhlak tidak dapat di identikkan dengan : Budi pekerti, etika, kesopanan karena hanya terbatas dengan hal-hal yang lahiriah saja, selain itu hanya berkaitan dengan hubungan sosial antar manusia, sedangkan moralitas meliputi:

  1. Hubbungan manusia dengan dirinya
  2. Hubungan manusia degan Allah SWT.
  3. Hubungan dengan sesama manusia
  4. Hubungan manusia dengan alam sekitarnya

Pengertian Akhlakul Karimah

Istilah akhlak berasal dari bahasa arab yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat, serta kebiasaan. Sedangkan karimah adalah artinya mulia, terpuji, baik. Maka yang dimaksud dengan akhlaqul karimah ialah budi pekerti atau sebuah perangai yang mulia. Sebuah akhlak memiliki tujuan agar setiap orang bertingkah laku atau bertabiat sesuai dengan adat istiadatnya yang baik dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Ada prinsip akhlak yang perlu kita ketahui sebagai orang beragama. Dimana dalam Islam dasar atau alat ukur yang menyatakan bahwa akhlak seseorang baik buruknya adalah Al Quran dan As Sunnah.

Apa yang baik menurut Al Quran dan As Sunnah itulah yang baik untuk dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya, apa yang buruk menurut Al Quran dan As Sunnah berarti itu tidak baik dan harus di jauhi.

Jenis-jenis Akhlak

Untuk dapat mengetahui apa dan bagaimana memiliki sifat dan sikap akhlakul karimah. Di bawah ini ada beberapa jenis-jenis akhlak yang perlu kita ketahui. Jenis-jenis akhlak di bagi menjadi dua yakni, (1) Akhlakul Karimah atau akhlak Mahmudah, dan (2) Akhlakul Madhmumah atau akhlak Tercela.

Adapun yang termasuk dalam jenis akhlakul karimah atau ahlak terpuji di antaranya adalah:

  • Berbakti kepada orang tua
  • Sopan terhadap guru
  • Bersikap baik kepada saudara
  • Berbuat baik kepada tetangganya
  • Melakukan perbuatan Suka menolong kepada orang lain
  • Cinta kepada Allah
  • Melakukan perbuatan baik dan menjauhi larangan karena Allah
  • Cinta dan taat kepada Rosul
  • Menyayangi orang yang lemah
  • Memelihara dan menyantuni binatang
  • Memelihara dan menyantuni tumbuh-tumbuhan
  • Melakukan perbuatan yang benar
  • Berani
  • Menjaga amanah
  • Menepati janji
  • Sabar
  • Pemaaf
  • Pemurah
  • Ikhlas
  • Hidup sederhana
  • Selalu bersyukur kepada Allah
  • Bertawakal
  • Memiliki rasa Malu

Itulah contoh dari sikap akhlakul karimah. Sedangkan berikut ini ada beberapa contoh tentang ahlak yang tercela. Sebagai mana kebalikan dari akhlakul karimah, antara lain:

  1. Dengki
  2. Dendam
  3. Mengadu domba
  4. Mengumpat
  5. Riya
  6. Ujub dan takabur (sombong)
  7. Bakhil
  8. Penipu
  9. Khianat
  10. Pengecut
  11. Nifaq

Ciri-ciri Akhlaku Karimah

  1. Selalu berbaik hati dan ramah tdengan sesama makhluk Allah SWT. (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Lainya).
  2. Rajin menuntut ilmu terutama ilmu islami yang Rahmatan Lil Alamin. Artinya: “Barang siapa melewati jalan dimana ia menuntut ilmu pada jalan itu, niscaya Allah SWT. Akan memudahkan kepadanya jalan menuju surga.” (H.R. Muslim)
  3. Rela berkorban dan ikhas menerima ketentuan Allah Swt. (Q.S. Ar-Ra’d, 13:11)
  4. Berinisiatif : Allah SWT. Berfirman :
    “Allah SWT. Akan meninggikanb orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah SWT. Dan Allah Maha Mengetahu apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Mujaadilah, 56.1)

Pengertian Akhlakul Karimah dan Jenis Akhlak Lengkap

Contoh Akhlakul Karimah

Berikut ini adalah beberapa contoh akhlakul karimah yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari, berikut diantaranya.

Contoh Akhlakul Karimah Terhadap Diri Sendiri

  1. Memandang Masa Depan, berarti bahwa setelah kita selesai berurusan dengan dunia dan dengan semua tanggung jawab kita di dalamnya, kita harus siap untuk mencari pengetahuan langsung tentang Realitas Ilahi.
  2. ikap atau Pemikiran Positif
  3. Rendah Hati dan Tidak Sombong
  4. Menjaga Kesehatan Mental Berarti Selalu Menyadari Bahwa Segala Sesuatu Yang Terjadi Pada Diri Sendiri Adalah Ketentuan Allah SWT.
  5. Menjaga kebersihan
  6. Menyukai Sains dan Semangat Belajar
  7. Menjadi Pemalu di Tempat itu
  8. As-Syajaah atau Keberanian

Contoh Akhlakul Karimah Terahadap Lingkungan

  1. Sikap Terpuji Terhadap Lingkungan Alam
  2. Sikap Terpuji Terhadap Binatang (Hewan). “Rasulullah SAW bersabda Yang Artinya : “Orang-orang yang penyayang itu, Allah Yang Maha Penyayang akan menyayangi mereka. Allah SWT berfirman : Maka sayangilah makhluk-makhluk yang berada di bumi, pasti makhluk yang beraada di langit (para malaikat) juga menyayangi kalian.” (H.R. Imam Ahmad).
  3. Sikap Terpuji Terhadap Tumbuh-tumbuhan. ““Dan Allah telah merataka bumi untuk makhluk-Nya. Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma, yang mempunyai kelopak mayang dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Q.S. Arrahman, 55: 10-13) ( Surat Al-Baqarah, 2: 22 ) (Q.S. Huud 11:61) (Q.S. Ar-Ruh, 30:41).

Contoh Akhlakul Karimah Di Sekolahan

  1. Makan dan main Bersama Sama.
  2. Datang Ke Sekolah Tepat Waktunya.
  3. Selalu Mengikuti Perintah Gurunya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya, semoga dengan pembahasan diatas kita dapat menjadi orang yang lebih baik ber akhlakul karimah, amiin. Sekian dan Terimakasih 🙂