74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua manusia yang hidup pasti membutuhkan pendidikan, agar tujuan hidupnya tercapai dan dapat menghilangkan kebodohan. Menurut KBBI kata pendidikan secara berasal dari kata “didik” dengan mendapatkan imbuhan “pe” dan akhiran “an”, yang berarti cara, proses atau perbuatan mendidik.

Kata pendidikan secara bahasa berasal dari kata “pedagogi” yakni “paid” yang berarti anak dan “agogos” yang berarti membimbing, jadi pedagogi adalah ilmu dalam membimbing anak. Sedangkan secara istilah definisi pendidikan ialah suatu proses pengubahan sikap dan prilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia atau peserta didik melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Mari kita bahas lengkap pengertian pendidikan menurut para ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian-pengertian atau definisi pendidikan menurut pakar dibidangnya antara lain:

1. Prof. H. Mahmud Yunus

Yang dimaksud dengan pendidikan adalah upaya yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, jasmani dan moral sehingga secara perlahan dapat menuntun anak pada tujuan dan cita-citanya yang tertinggi. Agar dapat hidup bahagia dan apa yang dilakukannya dapat menguntungkan dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agama.

2. Prof. Dr. John Dewey

Menurutnya pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena Menurutnya pendidikan adalah proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses menyesuaikan diri dengan setiap fase dan menambah keterampilan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

3. M.J. Langeveld

Pendidikan merupakan upaya membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. Pendidikan merupakan upaya dalam membantu anak dalam menjalankan tugas hidupnya, agar mandiri secara moral dan bertanggung jawab. Pendidikan juga diartikan sebagai upaya mencapai penentuan nasib sendiri dan tanggung jawab.

4. Prof. Herman H. Horn

Ia berpendapat bahwa pendidikan adalah proses penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar akan Tuhan seperti yang terwujud dalam lingkungan, intelektual, emosional dan kehendak manusia.

5. Driyarkara

Pendidikan diartikan sebagai upaya memanusiakan generasi muda atau mengangkat generasi muda ke tingkat manusiawi.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pendidikan merupakan proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi terhadap objek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal ini menghasilkan setiap individu memiliki pola pikir, tingkah laku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diterimanya.

7. Ki Hajar Dewantara

Menurutnya, pendidikan merupakan kebutuhan dalam tumbuh kembang anak. Intinya pendidikan membimbing semua kekuatan alam yang ada pada diri peserta didik sehingga sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan tertinggi dalam hidup.

8. Stella van Petten Henderson

Pendidikan adalah kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan warisan sosial.

9. Kohnstamm dan Gunning

Pendidikan merupakan bentukan hati nurani manusia, yaitu pendidikan merupakan proses pembentukan dan etika penentuan nasib sendiri yang sesuai dengan hati nurani.

10. Horne

Menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses yang dilaksanakan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang lahir batin.

11. Frederick J. Mc Donald

Mengungkapkan pendapatnya bahwa pendidikan adalah suatu proses yang tujuannya mengubah karakter manusia atau peserta didik.

12. Ahmad D. Marimba

Menyarankan bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembinaan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik menuju suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik yang bertujuan agar kepribadian peserta didik sangat unggul. Kepribadian ini memiliki arti cukup dalam, yaitu orang yang tidak hanya pintar, pintar secara akademis, tetapi juga baik dalam karakter.

13. Carter V. Good

Mendefinisikan pendidikan sebagai proses mengembangkan keterampilan seseorang berupa sikap dan perilaku yang diterapkan dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terbimbing terutama di lingkungan sekolah sehingga ia dapat mencapai keterampilan sosial dan mampu mengembangkan kepribadiannya.

14. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia

Menjelaskan pendidikan, yaitu sebagai proses membimbing manusia atau siswa dari kegelapan, kebodohan, kebodohan, dan kecerdasan.

15. UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003

Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, penguasaan diri, akhlak mulia, kecerdasan, dan keterampilan yang diperlukan. oleh dirinya sendiri dan masyarakat.

16. Abdullah Ibnu Al-Muqafah

Pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang akan memperkuat dan mencapai kultivasi atau kesempurnaan yang tinggi yang merupakan santapan makanan spiritual dan rohani.

17. Plato

Pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan tubuh dan pikiran individu dengan sesuatu yang dapat membuat kesempurnaan menjadi mungkin.

18. Mary McLeod Bethune

Pendidikan dalam arti sempit adalah tindakan atau proses untuk memperoleh ilmu.

19. Edgar Dale

Pendidikan adalah upaya yang dilakukan secara sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui pembinaan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berkelanjutan, baik yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peseta siswa agar dapat berperan di lingkungan untuk masa depan.

20. Thedore Brameld

Pendidikan merupakan proses yang lebih luas dari pada proses yang berlangsung di sekolah. Pendidikan merupakan kegiatan sosial yang memungkinkan masyarakat tetap eksis dan terus berkembang.

21. Prof.Zaharai Indris, M.A.

Pendidikan adalah rangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan mempertemukan manusia dewasa atau pendidik dengan peserta didik atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan dalam perkembangan anak secara keseluruhan.

22. An-Nahlawi

Pendidikan dalam bahasa Arab adalah tarbiyah, yang dimaksud dengan tarbiyah atau pendidikan adalah segala upaya dalam mengelola, mengelola, dan meningkatkan segala sesuatu atau potensi yang sudah ada sejak lahir untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih dewasa.

23. Ibnu Sina

Pendidikan atau pembelajaran berkaitan dengan segala aspek yang ada pada manusia, mulai dari fisik, mental atau moral. Pendidikan dilarang mengabaikan perkembangan fisik dan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap perkembangan fisik seperti olah raga, minum, makan, kebersihan dan tidur. Jadi pendidikan tidak hanya memperhatikan aspek moral tetapi juga membentuk individu yang holistik termasuk jiwa, budi pekerti dan fikiran.

24. Godfrey Thomson

Pendidikan merupakan pengaruh lingkungan pada individu untuk menghasilkan perubahan sesuai kebiasaan atau kebiasaan tingkah laku, pikiran dan perasaan.

25. UNESCO

“Pendidikan sekarang bergerak adalah persiapan untuk kehidupan masyarakat yang belum ada” atau pendidikan sekarang untuk mempersiapkan manusia untuk jenis masyarakat yang belum ada. Konsep sistem pendidikan dapat berubah sesuai dengan perkembangan masyarakat dan transfer nilai budaya. Konsep pendidikan saat ini tidak lepas dari pendidikan yang harus sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

26. Darmaningtyas

Pendidikan sebagai upaya dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih baik.

27. Paulo Freire

Pendidikan adalah jalan menuju emansipasi permanen, yang meliputi dua tahap. Tahap pertama adalah periode ketika manusia menyadari pembebasannya sendiri, Damana mengubah banyak hal melalui latihan. Tahap kedua dibangun di atas tahap pertama, dan merupakan proses tindakan budaya yang membebaskan.

28. H. Horne

Pendidikan adalah proses penyesuaian yang lebih tinggi secara terus menerus (abadi) bagi manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar akan Tuhan, sebagaimana termanifestasi dalam lingkungan intelektual, emosional, dan memanusiawi kan manusia.

29. S.A. Bratanata dkk

Pendidikan merupakan upaya yang sengaja diadakan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk membantu anak dalam tumbuh kembangnya mencapai kedewasaan.

30. Drs. Wasty Soemanto. M.Pd

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menghasilkan pengalaman yang memberikan kesejahteraan pribadi, baik lahir maupun batin.

31. GBHN

Pendidikan adalah upaya sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan baik di dalam maupun di luar sekolah, dan berlangsung seumur hidup.

32. Prof. Dr. Dedi Supriadi

Pendidikan merupakan salah satu fungsi yang harus dapat dilaksanakan oleh keluarga dan masyarakat dengan sebaik-baiknya secara terintegrasi dengan berbagai lembaga yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan fungsi pendidikan.

33. Girex B

Pendidikan adalah berbagai upaya dan upaya yang dilakukan oleh orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur akhlaknya.

34. Dr. Sutari Imam Bernadib

Pendidikan sains mempelajari suasana dan proses pendidikan. Proses yang dimaksud adalah metode yang digunakan untuk memperoleh pendidikan secara sistematis dan bertahap.

35. Drs. M. Ngailim Purwanto

Ilmu pendidikan adalah ilmu yang menyelidiki, mengkontemplasikan gejala-gejala mendidik.

36. Prof. Dr. Iman Barnadib di fakultas filsafat UGM

Pendidikan merupakan upaya sadar dan sistematis untuk mencapai sebuah taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.

37. UU No. 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah upaya sadar yang bertujuan untuk membina siswa untuk peran masa depan melalui pengajaran, pengajaran dan / atau pelatihan.

38. UU No. 2 tahun 2003

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana.Tujuannya untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensinya untuk memberikan permainan kepada kekuatan spiritual, disiplin diri, kepribadian, dan kearifan moral bangsa dan negara.

39. Wikipedia

Pendidikan adalah studi tentang pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian.

Dari beberapa pengertian pendidikan dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan pedoman bagi anak untuk mencapai kedewasaan dalam proses tumbuh kembang yang bertujuan untuk menambah pengetahuan, membentuk ciri-ciri diri dan membimbing anak menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan juga dapat dipahami sebagai upaya sadar untuk mempersiapkan siswa untuk peran masa depan melalui kegiatan pengajaran, pengajaran dan pelatihan.

40. Rocky Gerung

Pendidikan merupakan perang terhadap kedunguan.

41. Socrates

Pendidikan merupakan sarana yang digunakan untuk menemukan kebenaran. Sedangkan metodenya dialektika.

42. James Mill

Pendidikan harus menjadikan seseorang mampu, sehingga ia menjadi seseorang yang selalu berusaha mencapai kebahagiaan bagi dirinya sendiri, khususnya dan bagi orang lain selain dirinya.

43. Aristoteles

Pendidikan merupakan fungsi negara, dan diselenggarakan, terutama paling tidak, untuk kepentingan negara itu sendiri. Negara adalah institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia.

Pendidikan adalah persiapan atau bekal untuk suatu pekerjaan atau kegiatan yang layak. Pendidikan harus berpedoman pada hukum agar sesuai (koresponden) dengan hasil analisis psikologis, dan mengikuti kemajuan secara bertahap, baik fisik (fisik) maupun mental (batiniah atau ruh).

44. Imam Khomeini

Pendidikan lahir untuk memahami manusia, namun tujuan ini memiliki efek sebaliknya yaitu mengarahkan manusia untuk mengenal wujud Tuhan dan mengenal Tuhan Yang Maha Esa, atau yang dikenal dengan ru’yah kauniyah tauhidiyah (pandangan tauhid). Pendidikan harus mengantarkan manusia tidak hanya dari sisi materi (luar), tetapi juga kebahagiaan sejati (dalam).

45. Muhammad Iqbal

Pendidikan merupakan suatu kekuatan budaya yang mempengaruhi kehidupan individu dan kelompok masyarakat untuk membentuk mukmin sejati atau biasa dikenal dengan istilah insan kamil.

46. Menurut Murtadha Muthahhari

Pendidikan merupakan proses yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, setiap manusia mempelajari semua hal yang belum mereka ketahui. Bahkan dengan pendidikan, seorang manusia dapat menguasai dunia dan tidak lagi terikat oleh batasan yang membatasinya.

Pendidikan melahirkan orang yang berilmu, yang bisa menjadi khalifah Allah di muka bumi ini.

47. Muhammad ‘Abduh

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia dan dapat mengubah segalanya.

48. Al-Ghazali

Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia dari saat kemunculannya hingga akhir hayatnya melalui berbagai ilmu yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran merupakan tanggung jawab orang tua dan masyarakat, dengan sikap mereka terhadap Tuhan, menjadikan mereka orang yang sempurna.

49. JOHN DEWEY

Pendidikan adalah proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses beradaptasi dengan berbagai tahapan dan meningkatkan keterampilan pengembangan diri sendiri melalui pendidikan.

50. Confucius

Pendidikan melahirkan kepercayaan diri, kepercayaan diri melahirkan harapan, harapan melahirkan perdamaian.

51. Mahmud Yunus

Pendidikan merupakan upaya yang dipilih secara sengaja untuk mempengaruhi dan membantu anak, tujuannya untuk menambah pengetahuan, tubuh dan moral sehingga secara perlahan dapat membawa anak pada tujuan dan cita-citanya yang tertinggi.

Untuk hidup bahagia, apa yang dia lakukan bisa menguntungkan dirinya sendiri, masyarakat, negara, negara dan agama.

52. Carter V. Good

Pendidikan adalah proses mengembangkan keterampilan pribadi dalam sikap dan perilaku sosial.

Suatu proses sosial di mana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terorganisir seperti rumah atau sekolah untuk mencapai pengembangan diri dan keterampilan sosial.

53. Driyarkara

Pendidikan diartikan sebagai upaya memanusiakan generasi muda atau mengangkat generasi muda ke tingkat manusiawi.

54. Jean Jacques Rousseau

Pendidikan memberi kita bekal yang tidak ada di masa kanak-kanak, tapi yang kita butuhkan di masa dewasa.

55. WILL DURANT

Pendidikan adalah penemuan ketidaktahuan diri yang progresif.

56. MALCOM FORBES

Pendidikan adalah upaya untuk menggantikan pikiran kosong dengan pikiran terbuka.

57. ALBERT EINSTEIN

Ketika seseorang melupakan apa yang dia pelajari di sekolah, pendidikan akan tertinggal.

58. JOHN STUART MILL

Pendidikan mencakup segala sesuatu yang dilakukan seseorang untuk dirinya sendiri atau apa yang dilakukan orang lain untuknya, dengan tujuan membawanya lebih dekat ke tingkat kesempurnaan.

59. HERBERT SPENCER

Pendidikan sedang mempersiapkan seseorang untuk menikmati hidup bahagia. Pendidikan menjadikan manusia selaras dengan lingkungannya.

60. MARTINUS JAN LANGEVELD

Pendidikan merupakan upaya membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. Pendidikan merupakan upaya dalam membantu anak dalam menjalankan tugas hidupnya, agar mandiri secara moral dan bertanggung jawab.

61. CROW

Pendidikan diartikan sebagai bela diri manusia dengan kebutuhan yang selalu meningkat, dan merupakan harapan untuk dapat mengembangkan diri agar berhasil, dan untuk memperluas, mengintensifkan pengetahuan dan memahami unsur-unsur yang ada di sekitarnya.

Pendidikan juga mencakup semua perubahan yang terjadi sebagai akibat dari partisipasi individu dalam pengalaman dan pembelajaran.

62. HERMAN H. HORN

Pendidikan adalah proses penyesuaian yang lebih tinggi (eternal) bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar akan Tuhan sebagaimana termanifestasi dalam lingkungan alaminya, secara intelektual, emosional dan dalam kehendak manusia itu sendiri.

63. ROUSSEAU

Pendidikan adalah untuk membekali diri kita dengan sesuatu yang tidak ada di masa kecil kita, tapi kita membutuhkannya di masa dewasa.

64. DEDI SUPRIADI

Pendidikan merupakan salah satu fungsi yang harus dijalankan keluarga dan masyarakat secara terintegrasi dengan berbagai lembaga yang diselenggarakan secara sengaja untuk mengembangkan fungsi pendidikan.

65. STELLA VAN PETTEN HENDERSON

Pendidikan adalah kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan warisan sosial.

66. WASTY SOEMANTO

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menghasilkan pengalaman yang memberikan kesejahteraan pribadi, baik lahir maupun batin.

67. FREDERICK J. MC. DONALD

Pendidikan adalah suatu proses yang tujuannya mengubah karakter manusia atau peserta didik (murid).

68. KOHNSTAMM DAN GUNNING

Pendidikan adalah proses pembentukan hati nurani manusia.

69. NYERERE

Pendidikan baik formal maupun informal diarahkan untuk menularkan satu generasi ke generasi berikutnya yang terakumulasi dalam kearifan dan pengetahuan masyarakat serta mempersiapkan generasi muda untuk menjaga masa depan dalam masyarakat dan peran aktifnya dalam pembangunan.

70. EDGAR DALE

Pendidikan adalah upaya yang dilakukan secara sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui pembinaan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berkelanjutan.

baik dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup, untuk mempersiapkan siswa (murid) agar mampu menjalankan perannya di lingkungan untuk masa depan.

71. GIREX B

Pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan oleh orang dewasa untuk mendidik nalar siswa dan mengatur akhlaknya.

72. THEODORE BRAMELD

Pendidikan mempunyai fungsi yang luas, yaitu melindungi dan mengubah kehidupan suatu masyarakat menjadi lebih baik dan membimbing komunitas baru untuk mengakui tanggung jawab bersama dalam masyarakat.

Jadi pendidikan adalah proses yang lebih luas dari sekedar masa pendidikan di sekolah.

15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

73. AL-FARABI DAN MISKAWAH

Al-Farabi dan Miskawah memiliki kesamaan tentang Pendidikan. Menurut mereka, pendidikan itulah yang memungkinkan manusia mencapai kesempurnaan yang sesuai dengan kodratnya.

74. IBNU KHALDUN

Ibn Khaldun menekankan pentingnya prinsip pendekatan progresif dalam pendidikan. Ia berpesan kepada guru untuk memulai materi dari yang paling mudah (paling sederhana) hingga yang paling sulit, bukan sebaliknya.

Lebih jauh, pendidikan lahiriah (ilmu empirisme) tidak lepas dari pengembangan bakat mental (jiwa) yang diperlukan untuk ilmu pengetahuan. Keduanya harus diasimilasi. Seperti yang dia tunjukkan:

“Pada awalnya peserta didik (murid) benar-benar tidak mampu memahami apa pun, kecuali untuk beberapa poin saja, dalam hal apapun, mereka hanya memahami dengan cara perkiraan dan ringkasan. Ketika mereka dijelaskan dengan contoh yang diambil dari pengalaman sensorik (pengalaman sehari-hari).

Hal itu kemudian membuat kesiapan siswa secara bertahap berkembang: materi atau subjek pembahasan menjadi lebih mudah dicerna dengan setiap pengulangan, dan karenanya pemikiran peserta didik kemudian berkembang dari pengetahuan perkiraan ke asimilasi yang lebih dalam”.

Demikian sedikit ulasan mengenai 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.

Daftar Isi