75 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

75 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua manusia yang hidup pasti membutuhkan pendidikan, agar tujuan hidupnya tercapai dan dapat menghilangkan kebodohan. Menurut KBBI kata pendidikan secara berasal dari kata “didik” dengan mendapatkan imbuhan “pe” dan akhiran “an”, yang berarti cara, proses atau perbuatan mendidik.

Kata pendidikan secara bahasa berasal dari kata “pedagogi” yakni “paid” yang berarti anak dan “agogos” yang berarti membimbing, jadi pedagogi adalah ilmu dalam membimbing anak. Sedangkan secara istilah definisi pendidikan ialah suatu proses pengubahan sikap dan prilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia atau peserta didik melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Daftar Isi

75 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Mari kita bahas lengkap pengertian pendidikan menurut para ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian-pengertian atau definisi pendidikan menurut pakar dibidangnya antara lain:

1. Prof. H. Mahmud Yunus

Yang dimaksud pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.

2. Prof. Dr. John Dewey

Menurutnya pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

3. M.J. Langeveld

Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.

4. Prof. Herman H. Horn

Beliau berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari manusia.

5. Driyarkara

Pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

7. Ki Hajar Dewantara

Menurutnya pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

8. Stella van Petten Henderson

Pendidikan yaitu suatu kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial.

9. Kohnstamm dan Gunning

Pendidikan merupakan suatu pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

10. Horne

Menyatakan bahwa pendidikan adalah proses yang dilakukan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang secara fisik dan mentalnya.

11. Frederick J. Mc Donald

Mengemukakan pendapatnya bahwa pendidikan ialah suatu proses yang arah tujuannya adalah merubah tabiat manusia atau peserta didik.

12. Ahmad D. Marimba

Mengemukakan bahwa pendidikan ialah suatu proses bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oleh pendidik terhadap suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, yang tujuannya agar kepribadian peserta didik terbetuk dengan sangat unggul. Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup dalam yaitu pribadi yang tidak hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan tetapi baik juga secara karakter.

13. Carter V. Good

Mengartikan pendidikan sebagai suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin khususnya didalam lingkungan sekolah sehingga dapat mencapai kecakapan sosial dan dapat mengembangkan kepribadiannya.

14. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia

Menjelaskan mengenai pendidikan, yaitu sebagai proses membimbing manusia atau anak didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, dan kecerdasan pengetahuan.

15. UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan,dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.

16.Abdullah Ibnu Al-Muqafah

Pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan dan mencapai peradapan yang tinggi atau kesempurnaan yang merupakan santapan akan serta rohaninya.

17. Plato

Pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan.

18. Mary McLeod Bethune

Pendidikan dalam arti sempit adalah suatu perbuatan atau proses untuk memperoleh sebuah pengetahuan.

19. Edgar Dale

Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui bimbingan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berlangsung, baik dilakukan disekolah maupu diluar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peseta didik agar dapat menjalankan perannya dalam lingkungan untuk masa yang akan datang.

20. Thedore Brameld

Pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas dari pada proses berlangsungnya dalam sekolah. Pendidikan adalah suatu kegiatan sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan terus berkembang.

21. Prof.Zaharai Indris, M.A.

Pendidikan adalah serangkaian kegiatan berkomunikasi yang bertujuan supaya manusia dewasa atau pendidik dengan peserta didik saling bertatap muka atau dengan menggunakanmedia dalam rangka ma\emberikan bantuan pada perkembangan anak dengan utuh.

22. Ahmad D. Marimba

Pendidikan adalah pimpinan atau bimbingan secara sadar oleh pihak pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rihani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama

23. An-Nahlawi

Pendidikan dalam bahsa Arab adalah tarbiyah, arti tarbiyah atau pendidikan ialah segala usaha dalam megurus, mengatur dan memperbaiki segala sesuatu atau potensi yang sudah ada dari lahir agar tumbuh dan berkembang menjadi lebih dewasa.

24. Ibnu Sina

Pendidikan atau pembelajaran berkaitan dengan seluruh aspek yang ada pada diri manusia, mulai dari fisik, mental ataupun moral. Pendidikan dilarang mengabaikan perkembangan fisik dan apapun yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan fisik seperti olahraga, meinuman, makanan, kebersihan dan tidur. Jadi pendidikan tidak hanya memperhatikan aspek moralnya saja namun juga membentuk individu yang menyeluruh termasuk jiwa, karakter dan fikiran.

25. Godfrey Thomson

Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghsilkan perubahan tepat di dalam kebiasaan atau adat tingkah laku, pikiran dan perasannya.

26. UNESCO

“education is now engaged is preparinment for a tife Society which does not yet exist” atau bahwa pendidikan itu sekarang adalah untuk mempersiapkan manusia bagi suatu tipe masyarakat yang masih belum ada. Konsep system pendidikan mungkin saja berubah sesuai dengan perkembangan masyarakat dan pengalihan nilai-nilai kebudayaan (transfer of culture value). Konsep pendidikan saat ini tidak dapat dilepaskan dari pendidikan yang harus sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan masa lalu,sekarang,dan masa datang.

27. Darmaningtyas

Pendidikan adalah pendidikan sebagai usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih baik.

28. Paulo Freire

Pendidikan adalah jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, damana melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.

29. H. Horne

Pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

30. S.A. Bratanata dkk

Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara yang tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaan.

31. Drs. Wasty Soemanto. M.Pd

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang menghasilkan pengalaman yang memberikan kesejahteraan pribadi, baik lahir maupun bathiniah.

32. GBHN

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan diluar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

33. Prof. Dr. Dedi Supriadi

Pendidikan adalah salah satu fungsi yang harus dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh keluarga dan masyarakat secara terpadu dengan berbagai institusi yang memang diadakan dengan sengaja untuk mengembangkan fungsi pendidikan.

34. Girex B

Pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral mereka.

35. Dr. Sutari Imam Bernadib

Ilmu pendidikan adalah mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan. Proses yang dimaksud adalah cara-cara yang dilakukan untuk memperoleh pendidikan secara sistematis dan bertahap.

36. Drs. M. Ngailim Purwanto

Ilmu pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik.

37. Prof. Dr. Iman Barnadib di fakultas filsafat UGM

Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.

38. UU No. 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

39. UU No. 2 tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak bangsa dan negara.

40. Wikipedia

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

41. Rocky Gerung

Pendidikan merupakan perang terhadap kedunguan.

42. Socrates

Pendidikan merupakan sarana yang digunakan untuk menemukan kebenaran. Sedangkan metodenya dialektika.

43. James Mill

Pendidikan harus menjadikan seseorang mampu, sehingga ia menjadi seseorang yang selalu berusaha mencapai kebahagiaan bagi dirinya sendiri, khususnya dan bagi orang lain selain dirinya.

44. Aristoteles

Pendidikan adalah fungsi negara, dan diselenggarakan, terutama setidaknya, untuk kepentingan negara itu sendiri. Negara adalah institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia.

45. Imam Khomeini

Pendidikan lahir untuk memahami manusia, namun tujuan ini memiliki efek sebaliknya, yaitu mengarahkan manusia untuk mengenal wujud Tuhan dan mengenal Tuhan Yang Maha Esa, atau yang dikenal dengan ru’yah kauniyah tauhidiyah (pandangan tauhid). Pendidikan harus mengantarkan manusia tidak hanya dari sisi materi (lahiriah), tetapi juga kebahagiaan sejati (batiniah).

46. Muhammad Iqbal

Pendidikan merupakan suatu kekuatan budaya yang mempengaruhi kehidupan individu dan kelompok masyarakat untuk membentuk mukmin sejati atau biasa dikenal dengan istilah insan kamil.

47. Menurut Murtadha Muthahhari

Pendidikan merupakan proses yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, setiap manusia mempelajari semua hal yang belum mereka ketahui. Bahkan dengan pendidikan, seorang manusia dapat menguasai dunia dan tidak lagi terikat oleh batasan yang membatasinya.

Pendidikan melahirkan orang yang berilmu, yang bisa menjadi khalifah Allah di muka bumi ini.

48. Muhammad ‘Abduh

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia dan dapat mengubah segalanya.

49. Al-Ghazali

Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia dari saat kemunculannya hingga akhir hayatnya melalui berbagai ilmu yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran merupakan tanggung jawab orang tua dan masyarakat terhadap pendekatan mereka kepada Tuhan sehingga menjadi manusia yang sempurna.

50. John Dewey

Pendidikan adalah proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses menyesuaikan diri dengan setiap fase dan menambah keterampilan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

51. Confucius

Pendidikan melahirkan kepercayaan diri, kepercayaan diri melahirkan harapan, dan harapan melahirkan perdamaian.

52. Mahmud Yunus

Pendidikan merupakan upaya yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, tubuh dan akhlak sehingga secara perlahan dapat mengantarkan anak pada tujuan dan cita-citanya yang tertinggi.

Agar dapat hidup bahagia dan apa yang dilakukannya dapat menguntungkan dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agama.

53. Carter V. Good

Pendidikan adalah proses mengembangkan keterampilan individu dalam sikap dan perilaku masyarakat.
Suatu proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, untuk mencapai pengembangan diri dan keterampilan sosial.

54. Driyarkara

Pendidikan diartikan sebagai upaya memanusiakan generasi muda atau mengangkat generasi muda ke tingkat manusiawi.

55. Jean Jacques Rousseau

Pendidikan memberi kita bekal yang tidak ada di masa kanak-kanak, tapi yang kita butuhkan di masa dewasa.

56. Will Durant

Pendidikan adalah penemuan ketidaktahuan diri yang progresif.

57. Malcom Forbes

Pendidikan adalah upaya untuk menggantikan pikiran kosong dengan pikiran terbuka.

58. Albert Einstein

Pendidikan adalah sesuatu yang tertinggal setelah seseorang melupakan apa yang dia pelajari di sekolah.

59. John Stuart Mill

Pendidikan mencakup segala sesuatu yang dilakukan seseorang untuk dirinya sendiri atau apa yang dilakukan orang lain untuknya, dengan tujuan membawanya lebih dekat ke tingkat kesempurnaan.

60. Herbert Spencer

Pendidikan sedang mempersiapkan seseorang untuk menikmati hidup bahagia. Pendidikan menjadikan manusia selaras dengan lingkungannya.

61. Martinus Jan Langeveld

Pendidikan merupakan upaya membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. Pendidikan merupakan upaya dalam membantu anak dalam menjalankan tugas hidupnya, agar mandiri secara moral dan bertanggung jawab.

62. Crow

Pendidikan diartikan sebagai bela diri manusia dengan kebutuhan yang selalu meningkat, dan merupakan harapan untuk dapat mengembangkan diri agar berhasil, dan untuk memperluas, mengintensifkan pengetahuan dan memahami unsur-unsur yang ada di sekitarnya.

Pendidikan juga mencakup semua perubahan yang terjadi sebagai akibat dari partisipasi individu dalam pengalaman dan pembelajaran.

63. Herman H. Horn

Pendidikan adalah proses penyesuaian yang lebih tinggi (eternal) bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar akan Tuhan sebagaimana termanifestasi dalam lingkungan alaminya, secara intelektual, emosional dan dalam kehendak manusia itu sendiri.

64. Rousseu

Pendidikan adalah untuk membekali diri kita dengan sesuatu yang tidak ada di masa kecil kita, tapi kita membutuhkannya di masa dewasa.

65. Dedi Supriadi

Pendidikan merupakan salah satu fungsi yang harus dijalankan keluarga dan masyarakat secara terintegrasi dengan berbagai lembaga yang diselenggarakan secara sengaja untuk mengembangkan fungsi pendidikan.

66. Stella Van Petten Henderson

Pendidikan adalah kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan warisan sosial.

67. Wasty Soemanto

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menghasilkan pengalaman yang memberikan kesejahteraan pribadi, baik lahir maupun batin.

68. Frenderick J. MC. Donald

Pendidikan adalah suatu proses yang tujuannya mengubah karakter manusia atau peserta didik (murid).

69. Kohnstamm Dan Gunning

Pendidikan adalah proses pembentukan hati nurani manusia.

15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

70. Nyerere

Pendidikan baik formal maupun informal diarahkan untuk menularkan satu generasi ke generasi berikutnya yang terakumulasi dalam kearifan dan pengetahuan masyarakat serta mempersiapkan generasi muda untuk menjaga masa depan dalam masyarakat dan peran aktifnya dalam pembangunan.

71. Edgar Dale

Pendidikan adalah upaya yang dilakukan secara sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui pembinaan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berkelanjutan.

baik dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup, untuk mempersiapkan siswa (murid) agar mampu menjalankan perannya di lingkungan untuk masa depan.

72. Girex B

Pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan oleh orang dewasa untuk mendidik nalar siswa dan mengatur akhlaknya.

73. Theodore Brameld

Pendidikan mempunyai fungsi yang luas, yaitu melindungi dan mengubah kehidupan suatu masyarakat menjadi lebih baik dan membimbing komunitas baru untuk mengakui tanggung jawab bersama dalam masyarakat.

Jadi pendidikan adalah proses yang lebih luas dari sekedar masa pendidikan di sekolah.

74. Al-Farabi DAN Miskawah

Al-Farabi dan Miskawah memiliki kesamaan tentang Pendidikan. Menurut mereka, pendidikan itulah yang memungkinkan manusia mencapai kesempurnaan yang sesuai dengan kodratnya.

75. Ibnu Khaldum

Ibn Khaldun menekankan pentingnya prinsip pendekatan progresif dalam pendidikan. Ia berpesan kepada guru untuk memulai materi dari yang paling mudah (paling sederhana) hingga yang paling sulit, bukan sebaliknya.

Lebih jauh, pendidikan lahiriah (ilmu empirisme) tidak lepas dari pengembangan bakat mental (jiwa) yang diperlukan untuk ilmu pengetahuan. Keduanya harus diasimilasi. Seperti yang dia tunjukkan:

“Pada awalnya peserta didik (murid) benar-benar tidak mampu memahami apa pun, kecuali untuk beberapa poin saja, dalam hal apapun, mereka hanya memahami dengan cara perkiraan dan ringkasan. Ketika mereka dijelaskan dengan contoh yang diambil dari pengalaman sensorik (pengalaman sehari-hari).

Hal itu kemudian membuat kesiapan siswa secara bertahap berkembang: materi atau subjek pembahasan menjadi lebih mudah dicerna dengan setiap pengulangan, dan karenanya pemikiran peserta didik kemudian berkembang dari pengetahuan perkiraan ke asimilasi yang lebih dalam”.

Dari beberapa pengertian tersebut tentang definisi pendidikan, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan ialah bimbingan yang diberikan kepada anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya untuk mencapai tingkat kedewasaan dan bertjuan untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk karakter diri, dan mengarahkan anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan juga bisa diartikan sebagai usaha sadar yang bertujuan untuk menyiapkan peserta didik dalam belajar melalui suatu kegiatan pengajaran, bimbingan dan latihan demi peranannya dimasa yang akan datang.

Demikian sedikit ulasan mengenai 75 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.