Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya – Apakah yang di maksud dengan Gerak Manipulatif ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya


Gerak manipulatif merupakan gerak dengan memakai perlengkapan ataupun gerak yang dibesarkan kala anak tengah memahami berbagai objek. Gerak manipulatif ialah keahlian gerak yang lebih banyak mengaitkan tangan serta kaki.

Bagian berkembang yang lain pula membolehkan digunakan dikala melaksanakan gerakan ini. Keahlian gerak manipulatif sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan, sebab dapat menopang kebutuhan gerak pada umur kanak- kanak.

Menurut Sujiono (2007 : 12.4) mengatakan bahwa gerak manipulatif adalah aktifitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.

Menurut Pramono Dkk (2010:9) menyatakan bahwa gerak Manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu misalnya, bola, raket, atau kayu pemukul. Contoh melempar, menangkap, menggiring, menendang, memantul-mantulkan bola, melambungkan.

Manipulatif ialah keahlian gerak lingkungan yang dilewati oleh tiap anak sepanjang masa perkembangannya. Oleh sebab itu, anak yang lagi dalam masa perkembangan serta pertumbuhan sangat membutuhkan kotrol yang terstruktur dari orang berusia.

Pertumbuhan gerak manipulatif merupakan sesuatu keahlian memanipulasi obyek sembari bergerak. Keahlian melontarkan serta menangkap jadi salah satu keahlian manipulatif yang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan.

Sebab keahlian ini bisa menopang terhadap kebutuhan gerak pada umur kanak- kanak. Ada pula keahlian yang lain semacam menendang, menggiring, serta memukul( smash) bola dibutuhkan pada umur anak muda serta berusia.

Baca Juga:  0852 Kartu Apa ? : Kode Prefix Kartu Telkomsel

Keahlian manipulatif dibedakan jadi 3 bagian, ialah:

  • Menjauhkan obyek: melontarkan, memukul, menendang.
  • Menaikkan kemampuan: menangkap, mengumpulkan, mengambil.
  • Bergerak bersama: bawa, memantul- mantulkan( dribbling).

Contoh Gerak Manipulatif

Terdapat sebagian contoh yang termasuk ke dalam gerak manipulatif, ialah melontarkan, memukul, menendang, menangkap, serta memantulkan ataupun menggiringi bola. Berikut ini hendak kita bahas satu per satu contoh gerakan ini:

  • Melempar

Contoh gerak manipulatif yang awal merupakan melempar. Secara simpel, melempar bisa dimaksud bagaikan sesuatu keahlian manipulatif di mana satu ataupun 2 tangan digunakan buat melontarkan sesuatu objek menghindari badan ke ruang tertentu.

Objek yang dipegang hendak diayunkan ke arah tertentu, setelah itu dilontarkan. Gerakan melontarkan memerlukan kekuatan lengan serta tangan, dan koordinasi sebagian faktor gerakan, semacam lengan dengan jari yang wajib membebaskan barang yang dipegang pada dikala yang pas.

  • Memukul

Tidak hanya melontarkan, contoh gerak manipulatif berikutnya merupakan memukul. Secara simpel, memukul bisa dimaksud bagaikan sesuatu aksi yang dicoba dengan satu ataupun 2 tangan ataupun memakai perlengkapan buat membagikan energi dorongan kepada sesuatu objek.

Gerak manipulatif yang satu ini kerap dilatih dengan memakai barang bergerak, misalnya bola. Bola ini nantinya hendak dipukul dengan perlengkapan pemukul( tongkat). Kemampuan gerakan ini sangat dibutuhkan dalam game kasti.

  • Menendang

Contoh gerak manipulatif berikutnya merupakan menendang. Secara simpel, menendang merupakan gerak manipulatif dengan memakai kaki buat memukul obyek. Gerakan menendang bisa dicoba dalam 2 wujud, ialah menendang obyek yang terdapat di tanah serta menendang obyek yang terdapat di hawa.

  • Menangkap

Tidak hanya menangkap, contoh gerak manipulatif yang lain merupakan menangkap. Secara simpel, menangkap bisa dimaksud bagaikan gerakan menghentikan momentum sesuatu obyek dengan memakai tangan. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh keahlian visual buat menjajaki gerakan obyek.

  • Menggiring

Contoh gerak manipulatif berikutnya merupakan menggiring. Secara simpel, menggiring bisa dimaksud bagaikan gerakan bawa obyek dari satu tempat ke tempat lain dengan memakai tangan ataupun kaki. Gerakan ini sangat memerlukan koordinasi yang baik antara mata dengan kaki ataupun mata dengan tangan.

Baca Juga:  Dasa Darma : Pengertian, Sejarah Perkembangan, Teks, Makna dan Penerapannya

Misalnya, pada dikala game sepak bola menggiring dicoba memakai kaki, sebaliknya pada game bola basket menggiring dicoba memakai tangan dengan metode dipantulkan ke lantai. Jadi, memantul pula tercantum gerakan manipulatif.

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya

  • Menggelindingkan

Contoh gerak manipulatif yang lain merupakan menggelindingkan obyek. Jadi, obyek hendak dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan metode digelindingkan di tanah ataupun lantai ke arah tertentu. Obyek yang kerap digunakan umumnya berupa bundaran, semacam ban, cakram, bola, serta lain- lain.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Gerak Manipulatif , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.