Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok – Apakah yang di maksud dengan Gagasan Pokok ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Gagasan Pokok dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok


Gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf. Gagasan pokok dapat mudah ditemukan dengan menjawab pertanyaan “Paragraf tersebut membahas mengenai apa?”, jawaban pertanyaan tersebut merupakan gagasan pokok.

Tapi ada juga paragraf yang gagasan pokoknya terletak di awal dan di simpulan sekaligus.Gagasan pokok juga sanggup berarti hal yang mau disampaikan oleh penulis. Kalimat yang terkandung gagasan pokok disebut dengan kalimat utama atau kalimat topik.

Sementara itu, menurut Atmazaki (2006:84), gagasan pokok adalah gagasan utama yang menjadi inti persoalan yang disampaikan di dalam paragraf dan kalimat yang menyiratkan gagasan pokok disebut kalimat topik.

Gagasan pokok sanggup ada di awal kalimat (deduktif), di simpulan kalimat (induktif), dan di awal dan di simpulan kalimat ( deduktif-induktif). Gagasan pokok juga ada yang terletak di tengah paragraf, paragraf ini adalah jenis paragraf deskripsi.

Ciri-Ciri Gagasan Pokok.

  • Mengandung topik permasalahan yang pandai dijabarkan lebih lanjut.
  • Biasanya berupa suatu kalimat lengkap yang pandai bangun sendiri.
  • Mempunyai arti yang terang tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
  • Dibentuk tanpa kata sambung maupun transisi.
  • Pada paragraf induktif, gagasan pokok ditandai dengan kata-kata kunci diberikut ini : sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh lantaran itu, Jadi, Oleh lantaran itu, melalu atau bersamaini demikian dll.

Cara Menemukan Gagasan Pokok


  • Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks dengan cermat, dan pahami juga apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks itu secara keseluruhan, jawabanlah pertanyaan diberikut apa yang sedang dibahas pada teks itu? Jawaban dari pertanyaan itulah yang menjadi topik utamanya.

  • Temukan kalimat utamanya

Cara yang kedua yaitu menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang sudah kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan pokok. Sementara kalimat penjelas yakni kalimat khusus yang mendukung kalimat utama itu. Oleh lantaran itu, untuk menemukan kalimat utama yakni dengan melihat kalimat utama yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam suatu teks.

Bacalah teks itu dengan cermat, dengan begitu kita sanggup memilih manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf tersebut. Supaya sanggup menemukan kalimat utama dengan gampang, berikut ini yakni ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf :

Baca Juga:  √ Pengertian Konsep, Ciri dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Setelah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat itu dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, lalu simpulkanlah gagasan – gagasan utamanya.


Letak Gagasan Pokok


  • Contoh Gagasan Pokok di Awal Paragraf

Contoh paragraf yang gagasan pokoknya terletak di awal paragraf adalah sebagai berikut:

Besok adalah hari libur. Budi dan teman-teman berencana untuk pergi bermain ke pantai mencari kerang. Budi dan teman-teman biasa bermain di pantai sepulang sekolah, tetapi karena besok adalah hari libur, Budi dan teman-teman bisa bermain di pantai sejak pagi hari.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah: “hari libur”
Kalimat pokok paragraf di atas adalah: “Besok adalah hari libur”
Gagasan pendukung paragraf di atas adalah: Budi dan teman-teman berencana untuk pergi bermain ke pantai mencari kerang. Budi dan teman-teman biasa bermain di pantai sepulang sekolah, tetapi karena besok adalah hari libur, Budi dan teman-teman bisa bermain di pantai sejak pagi hari.

  • Contoh Gagasan Pokok di Akhir Paragraf

Seorang muslim telah sewajarnya untuk rajin beribadah dan berdo’a. Setiap hari, lantunan kata indah mesti dipanjatkan kehadirat-Nya. Dia yakin dengan berdo’a semua harapannya akan tercapai dan kesulitanpun akan dengan mudahnya bisa diselesaikan. Karena untuk seorang muslim do’a adalah senjata paling ampuh.

Gagasan pokok pada paragraf diatas adalah “kedudukan do’a bagi seorang muslim”. Gagasan pokok ada pada kalimat utama “Karena untuk seorang muslim do’a adalah senjata paling ampuh”.

  • Contoh Gagasan Pokok di Awal dan Akhir Paragraf

Contoh paragraf yang gagasan pokoknya terletak di awal dan akhir paragraf adalah sebagai berikut:

Hari ini Budi sangat bahagia. Hari ini adalah hari pembagian raport kenaikan kelas. Sejak pagi Budi sudah bangun lebih awal dan bersiap untuk berangkat ke sekolah. Budi berangkat bersama Ayah. Sesampainya di sekolah Budi langsung menyapa teman-teman dengan riang. Ketika ibu guru memasuki ruang kelas, perasaan Budi gelisah dan cemas menanti pengumuman peringkat kelas.

Satu persatu ibu guru mengumumkan murid yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. Hati Budi semakin cemas karena namanya belum juga dipanggil. Ketika ibu guru mengumumkan peringkat pertama, ternyata nama Budi yang dipanggil, Budi sangat senang dan ibunya terlihat bangga. Hari ini menjadi sangat spesial dan berharga bagi Budi.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah: “Budi sangat bahagia” dan “hari ini spesial”
Kalimat utama paragraf di atas adalah: “Hari ini Budi sangat bahagia” dan “Hari ini menjadi sangat spesial dan berharga bagi Budi”

Gagasan pendukung paragraf di atas adalah: Hari ini adalah hari pembagian raport kenaikan kelas. Sejak pagi Budi sudah bangun lebih awal dan bersiap untuk berangkat ke sekolah. Budi berangkat bersama Ayah. Sesampainya di sekolah Budi langsung menyapa teman-teman dengan riang. Ketika ibu guru memasuki ruang kelas, perasaan Budi gelisah dan cemas menanti pengumuman peringkat kelas. Satu persatu ibu guru mengumumkan murid yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. Hati Budi semakin cemas karena namanya belum juga dipanggil. Ketika ibu guru mengumumkan peringkat pertama, ternyata nama Budi yang dipanggil, Budi sangat senang dan ibunya terlihat bangga.

Baca Juga:  Alur : Pengertian, Jenis Alur dan Unsurnya

Perbedaan Gagasan Pokok dan Kalimat Pokok

Untuk dapat membedakan antara ide pokok dan kalimat utama yang pertama kita harus mengetahui pengertian atau maksud dari ide pokok dan kalimat utama terlebih dahulu.

Di mana kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan pokok dan diperjelas oleh kalimat kalimat lain dalam suatu paragraf. Sedangkan ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Selain itu, ide pokok merupakan bagian dari kalimat utama yang menjadi inti dari sebuah bacaan. Kalimat utama biasanya terletak di awal (deduktif), di akhir (induktif), ataupun di awal dan di akhir (deduktif induktif) atau kalimat campuran.

Selanjutnya kita juga harus mengetahui contoh-contoh dari ide pokok dan kalimat utama. Contoh ide pokok dan kalimat utama sebagai berikut.


Contoh Ide Pokok dan Kalimat Utama dalam paragraf

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari darat contohnya hasil hutan. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari laut contohnya ikan, rumput laut, dan mutiara. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi contohnya minyak, batu bara, emas, timah, nikel dan sebagainya

Kalimat Utama : Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah

Ide Pokok : kekayaan alam Indonesia sangat melimpah.

Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah kalimat pertama yaitu Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Karena kalimat tersebut masih merupakan pernyataan umum. Sedangkan ide pokok paragraf tersebut adalah kekayaan alam Indonesia sangat melimpah.

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf

Cara untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf adalah sebagai berikut :

  • Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawablah pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.

  • Temukan kalimat utamanya

Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Setelah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat tersebut dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, kemudian simpulkanlah gagasan-gagasan utamanya.

Gagasan pokok setiap wacana bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Paragraf yang baik biasanya memuat satu pokok pikiran yang terdapat pada kalimat utama, kemudian dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas dalam kalimat penjelas.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Gagasan Pokok , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.