Ciri-Ciri Teks Tanggapan : Pengertian, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Tanggapan

Ciri-Ciri Teks Tanggapan : Pengertian, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Tanggapan – Apa saja ciri ciri teks tanggapan itu? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu teks tanggapan dan hal hal lain tentangnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan : Pengertian, Struktur,Unsur dan Contoh Teks Tanggapan


Teks tanggapan atau biasa disebut Teks Tanggapan Kritis merupakan teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal atau persoalan yang mengenai kesalahan dan biasanya terjadi di saat ada perdebatan.

Kita bisa lebih mudah untuk mengenali apakah teks yang kita baca merupakan teks tanggapan kritis atau bukan. Apabila suatu teks memiliki semua ciri teks tanggapan kritis, maka teks tersebut adalah sebuah teks tanggapan kritis. Adapun ciri-ciri teks tanggapan kritis sebagai berikut :

  • Teks ini berisikan tanggapan mengenai fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.
  • Memiliki tiga Struktur teks yaitu : Evaluasi , Deskripsi Teks & Penegasan Ulang.
  • Mengandung kaidah kebahasaan atau disebut dengan ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik pedas terhadap suatu hal mengenai kesalahan. Contoh biasanya terjadi ketika debat, si A memberi kritik kepada si B dikarenakan apa yang disampaikan B kurang pas.

Dapat juga disebut dengan menganalisa suatu pendapat. Kita harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang lain yang memberikan pendapat. Karena setiap tanggapan yang orang lain berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.

Struktur Teks Tanggapan Kritits

Berikut ini adalah struktur yang berurutan dari teks tanggapan kritis, sebagai berikut :

  • Evaluasi,Pada bagian Evaluasi berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan oleh penulis dalam teks.
  • Deskripsi Teks,Bagian Deskripsi Teks ini berisikan informasi mengenai data dan pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.
  • Penegasan Ulang, adalah bagian terakhir teks yang memuat penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  • Kalimat kompleks, yakni kalimat yang memiliki lebih dari 2 struktur dan dua verba.
  • Konjungsi, yakni kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan menghubungkan setiap struktur.
  • Kata Rujukan, yakni sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk mendukung atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal dengan sebutan referensi.
  • Pilihan Kata, pemilihan kata yang pas dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis.

Unsur Teks tanggapan Kritis

Dalam membuat teks tanggapan, ada unsur-unsur yang harus dimuat, yakni:

  • Masalah yang dikritisi
  • Opini, dapat berupa:
    • Pujian
    • Kritikan
    • Saran
  • Argumen, dapat berupa:
    • Argumen untuk memperkuat pujian
    • Argumen untuk memperkuat kritikan
  • Fakta

Ciri-Ciri Teks Tanggapan : Pengertian, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Tanggapan

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Berikut ini adalah contoh dari teks tanggapan kritis beserta strkturnya, sebagai berikut :

Baca Juga:  √ Pengertian Data dan Informasi, Ciri, Fungsi & Perbedaannya

Pergaulan Bebas

Evaluasi

Zaman sekarang banyak sekali remaja yang terjebak pergaulan bebas. Dimana pergaulan bebas merupakan bentuk perilaku yang menyimpang, dimana kata “bebas” artinya melewati batas, tidak seperti norma orang-orang timur.

Deskripsi Teks

Pergaulan bebas mempunyai dampak yang sangat negatif, misalnya melakukan hal yang melanggar hukum (mabuk dan semacamnya).

Selain itu terdapat pula dampak positifnya yaitu mempunyai banyak teman, belajar cara berkomunikasi, menghormati, mengendalikan diri di tengah masyarakat.

Orang Indonesia sering meniru hal kurang baik dari orang barat seperti berciuman yang dianggap orang barat suatu hal yang wajar.

Pergaulan bebas timbul karena rasa gengsi, nafsu, penasaran, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga, kurang iman, dan lainnya.

Selain itu teknologi juga berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas, akses internet dan televisi yang kurang diawasi memicu remaja untuk melakukan hal yang tidak baik.

Penegasan Ulang

Ketika kita sudah mengetahui hal penyebab pergaulan bebas, alangkah baiknya orang tua harus lebih mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Dengan memilih tontonan yang baik dan pemanfaatan internet sebaik mungkin.

Hukuman Mati Bagi Pengedar Barang Haram

Evaluasi :

Di zaman yang modern ini, peredaran narkoba semakin merajalela di negeri kita ini. Baik di kalangan pelajar, pejabat negara maupun masyarakat. Dan yang menjadi pro dan kontra masalah ini adalah hukuman mati bagi para pengedar dan pengguna narkoba.

Deskripsi Teks :

Dari sebagian masyarakat berpendapat bahwa mereka setuju mengenai hukuman mati bagi pengedar dan pengguna narkoba. Banyak alasan yang membuat mereka setuju dengan hukuman mat ini. Alasan paling utama yaitu karena narkoba dapat mempengaruhi pola pikiran pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsentrasi yang terganggu pada pengguna.

Yang kedua, narkoba bisa merusak generasi muda bangsa. Hal itu menjadikan remaja memiliki ahklak yang tidak baik. Sementara bangsa kita sangat memerlukan generasi yang dapat memikul tanggung jawab negara di masa yang akan datang. Yang ketiga, narkoba bisa membuat orang penasaran untuk mencobanya. Setelah orang tersebut mencobanya, ia akan kecanduan dan orang yang telah kecanduan tersebut akan mempengaruhi orang lain untuk ikut dengannya. Hal inilah yang membuat peredaran narkoba semakin luas. Yang keempat, dengan hukuman mati akan memberikan efek jera terhadap pengedar narkoba.

Hal tersebutlah yang membuat sebagian masyarakat setuju dengan hukuman mati. Yang kelima sebagian masyarakat menilai yang harusnya di hukum mati adalah bandarnya bukan pengedarnya. Karena bandar itu memiliki 2 misi yakni mendapatkan keuntungan dan merusak akhlak orang lain.

Sementara ada pula dari sebagian masyarakat lainnya yang tidak setuju dengan hukuman mati. Ada beberapa alasan yang menjadi masyarakat tidak setuju dengan hukuman mati ini. Karena menurut mereka masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia(HAM). Hal ini sesuai dengan yang tertera pada UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi: “setiap orang berhak untuk hidup dan berhak mempertahankan kehidupannya”.

Alasan lain, hukuman mati membutuhkan biaya yang besar. Hal ini menurut mereka bisa menghabiskan uang negara. Yang mana uang tersebut seharusnya digunanakan untuk kebutuhan lain malah digunakan untuk hukuman mati yang tidak manusiawi.

Baca Juga:  Nepotisme : Pengertian Menurut Ahli, Ciri, Dampak, Jenis dan Contohnya

Penegasan Ulang :

Setiap orang sudah diberikan haknya untuk hidup dan berhak mempertahankan hidupnya, namun hidupnya malah dipergunakan untuk kerugian diri sendiri dan merugikan orang lain. Dengan begitu, hukuman mati harus ditegaskan kembali. Mengingat dampak buruk penyalahgunaan narkoba yang akan merusak masa depan generasi muda bangsa

Masyarakat dan Rok*k

Evaluasi

Di era globalisasi dan dunia serba mudah banyak macam rok*k tersedia dan banyak juga masyarakat yang gemar mengkonsumsinya,padahal pada bagian bungkus rok*k jelas tertera bahwa rok*k sangat berbahaya, menyebabkan banyak penyakit dan menyebabkan polusi udara namun masih ada saja yang mengkonsumsinya bahkan mereka tidak bisa satu hari saya tanpa merok*k ditambah lagi dengan banyaknya rok*k yang harganya murah sehingga masyarakat golongan rendah pun dapat membelinya.

Deskripsi teks

Banyak macam rok*k dengan berbagai macam merk dan harga membuat masyarakat semakin gemar mengkonsumsi rok*k, namun apadaya sebenarnya rok*k secara perlahan mengurangi hidup penggunanya.

Rok*k membuat penggunanya ketergantungan sehingga pengguna rok*k harus terus menerus membeli rok*k yang mengakibatkan borosnya pengeluaran uang terutama para remaja sehingga mereka tidak bisa menyisihkan uang saku mereka dan para orang tua,uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga malah digunakan untuk membeli rok*k dan jika mereka tidak mempunyai uang maka mereka akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rok*k bahkan mencuri, oleh karena itu pada zaman sekarang banyak terjadi KDRT, selain itu rok*k dapat menyebabkan banyak penyakit bahkan masyarakat yang tidak merok*k itu terjadi karena asap rok*k dan rok*k yang sangat berbahaya.

Pendapat itu memang benar tetapi masyarakat perok*k berpendapat bahwa yang pertama merok*k membuat mereka terlihat lebih laki-laki,yang kedua menurut mereka tidak membuat boros karena mereka akan lebih bisa mengatur uang mereka seperti dengan tidak membeli hal yang tidak penting,yang ketiga meokok dapat mengurangi stres dan mereka pun yakin satu hari tanpa makan asalkan mereka mereka merok*k akan kuat bekerja seharian.

Penegasan Ulang

Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rok*k sangat berbahaya bagi tubuh,bikan hanya rok*knya saja tetapi asapnya juga berbahaya karena didalam rok*k terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan, selain itu rok*k juga menyebabkan kita hidup boros.

Teks tanggapan kritis ialah teks yang berisi penyampaian tanggapan mengenai suatu peristiwa, fenomena, isu, atau hal lainnya dengan analisis yang mendalam dari berbagai sudut pandang. Tanggapan ini disampaikan tentu tergantung pada pendapat orang yang mengkritisi. Dengan begitu, pengkritisi bisa menyampaikan rasa setuju atau tidak setuju.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Ciri-Ciri Teks Tanggapansemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.