Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya

Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya – Di dalam mengerjakan suatu laporan pekerjaan tertentu pastinya kita memiliki banyak sekali kata atau istilah yang jarang atau tidak pernah kita dengarkan sebelumnya.

Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya

Banyak kosa kata asing yang jarang kita dengarkan di telinga salahsatunya yaitu implikasi. Tanpa kita sadari kata Implikasi sendiri ternyata ada di dalam kita saat mengerjakan suatu pekerjaan laporan penelitian. Untuk mengerti apa itu implikasi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Implikasi

Implikasi adalah suatu efek atau akibat yang di dapatkan apabilia obyek di berikan suatu perlakuan dengan sengaja atau tidak sengaja serta dampak dari ini akan bisa di lihat dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu istilah tersebut akan ada dalam sebuah laporan penilitian khususnya karena akan memberikan suatu hasil yang di inginkan maupun yang di harapkan bagi pembacanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata implikasi adalah keterlibatan atau suasana keterlibatan. Sehingga setiap kata imbuhan berasal dari suatu implikasi seperti kata implisit atau implisit yang artinya membawa hubungan keterlibatan atau keterlibatan dengan sesuatu.

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian implikasi menurut para ahli, yaitu:

Islamy

Implikasinya merupakan segala sesuatu yang dihasilkan dari proses perumusan kebijakan. Dengan kata lain implikasi adalah akibat dan akibat yang ditimbulkan oleh pelaksanaan suatu kebijakan atau kegiatan tertentu.

Silalahi

Implikasi merupakan hasil dari implementasi suatu program atau kebijakan yang mungkin baik atau tidak baik bagi pihak-pihak yang menjadi sasaran pelaksana program atau kebijakan tersebut.

Winarno

Implikasi merupakan suatu pertimbangan kebijakan yang sejalan dengan kebijaka lainnya mengenai masalah pihak yang terlibat.

Jenis Implikasi

Implikasi yaitu sebuah istilah yang sangat cocok di gunakan dalam melakukan kegiataan peneliatiian dan juga sangat jarang digunakan pada bidang lainnya. Dalam implikasi ada 3 jenis implikasi yang ada pada bidang penelitian yaitu:

Teoritis

Jenis teoritis yaitu sebuah kajaian yang mendasar untuk mendukung tentang adanya penelitian yang juga memungkinkan untuk dapat di lakukan. Biasanya jenis teoritis bisa digunakan untuk meyakinkan orang.

Manajerial

Jenis ini yaitu sebuah kebijakan yang di dalamnya terdapat sebuah objek yang sedang di lakukan atau di teliti. Kebijakan ini biasanya berupa kode etik yang harus dapat di teliri serta ada 2 jenis kebijakan yakni:

  1. Procedural, yaitu analisis, perencanaan kerja, pilihan kebijakan, dan prosedur analisis.
  2. Substantive, yaitu perkiraan rencana dan perumusan suatu tindakan.

Metodologi

Jenis Metodologi yaitu metode atau cara peneliti di dalam menarik kesimpulan dengan benar.

Logika Matematika

Selain sering digunakan dalam jenis-jenis kajian ilmiah atau dalam suatu kajian, Kata implikasi juga lazim digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Ini dikenal sebagai implikasi matematis. Implikasi kata dalam matematika memiliki arti sebagai pernyataan yang berarti majemuk dan sering ditampilkan dalam kata “jika” atau “maka”. Dalam logika matematika cara membaca dan menulis “jika” dan “maka” dapat dijelaskan dengan implikasi sebagai berikut:

“P => q”

Implikasi matematis dapat dibaca sebagai “jika” p “lalu” q. Implikasi p => q dapat diartikan secara harfiah, di mana “p” (anteseden) adalah hipotesis dan dugaan awal atau sementara dan “q” adalah konsekuensinya.

Kepemimpinan

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah kepemimpinan. Seorang pemimpin harus memiliki sikap yang berkualitas untuk kemajuan organisasi dan perusahaan. Selain harus bertanggung jawab, seorang pemimpin harus memiliki ciri dan sikap sebagai pemimpin yang memiliki tujuan dan visi yang jelas. Seorang pemimpin juga harus bisa memberi dorongan semangat untuk anggota-anggotanya. Serta memprioritaskan hubungan yang manusiawi dan saling menghormati. Seorang pemimpin yang baik pasti mempunyai implikasi dan manfaat yang positif bagi perusahaan dan juga pada anggotanya.

Etika

Ini terkait dengan kebiasaan yang dilakukan. Tentu etika sudah diajarkan sejak dini, kemudian terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan etika dalam masyarakat. Contoh yang sederhananya yaitu sperti menghormati orang tua, kemudian mempunyai etika apabila mempunyai kesalahan anda wajib meminta maaf terlebih dahulu. Apabila selalu dengan baik dan benar, hal ini kan mempumyai implikasi yang sangat besar untik kehidupan seseorang. Diantaranya yaitu mempunyai rasa hormat dan kebanggaan.

Budaya

Menerima dan mempelajari budaya negara lain merupakan sikap yang positif, intinya tidak perlu menutup diri dan selalu terbuka terhadap perubahan dan perbedaan. Tapi jangan sampai sikap terbuka ini melebihi kebanggan terhadap tanah air. Yang perlu diperlu dilaksanakan yaitu menerima budaya yang positif serta cocok denga keperibadaian seseorang. Penyebab dari budaya yang negatif yaitu akan berimplikasi merugikan terhadap diri sendiri ataupun terhadap orang lain.

Globalisasi

Implikasi dari globalisasi sering juga sering diartkan sebagai tindakan atau akibat ketika senomena globalisasi sudah terjadi pada suatu wilayah atau negara. Tak hanya terbatas pada definisi produk maupun barang, imlikasi dari globalisasi juga bisa berupa bahasa, teknologi, pendidikan, budaya, kebiasaan atau tingkah laku dan lain-lain. Yang artinya apabilaa produk dan budaya suatu daerah atau negara bisa dengan mudah dan leluasa masuk serta diterapkan di suatu daerah atau negara lain.

Implikasi globalisasi dapat memiliki konsekuensi positif dan negatif. Dampak posotif dari hal ini yaitu dalamsuatau wilayah atau negarayang menerima globalisasi akan semakin maju serta mutakhir. Namun juga sebaliknya apabila terlalu berlebihan juga akan menimbulkan efek negatif seperti penguasaan suatu daerah atau negara atas produk atau buaya dari daerah atau negara lain. Sebagai contohnya yaitu akan semakin banyak tempat-tempat seperti supermarket dan minimarket sehingga akan emdominas tempat-tempat seperti pasar tradisional di sektor konsumsi, dan pembelian produk dalam negeri.

Pengertian Implikasi Beserta Jenis Dan Contoh Implikasi Lengkap

Contoh Implikasi

Contoh implikasi di dalam bidang penelitian yaitu:

Seorang peneliti ingin membuktikan seperti apa reaksi kelinci ketika bertemu dengan kelinci lain yang sebelumnya telah diisolasi. Berdasarkan hal tersebut maka dapat diterapkan tipe teoritis yaitu implikasinya adalah reaksi kelinci yang ketakutan pada awalnya yang menganggap kelinci lain asing. Teori seperti ini berfungsi untuk menarik suatu kesimpulan dan pada akhir penelitian. Supaya hal ini bisa berhasil perlu ada suatu keterikatan di antara teori tersebut dengan penelitian yang akan di lakukan.

Dalam implikasi manajerial juga bisa menggunakan kasus yang sama, jadi si peneliti harus bisa memperhatikan etik ketika melakukan isolasi kepada kelinci tersebut. Kelinci juga mememerlukan makan dan minum yang mencukupi serta ruangan yang bisa di atur sesuai dengan tubuh dan dapat di masuki ketika kebijakan tersebut dilakukan serta tidak di lakukan terhadap hasil dari penelitiannya.

Implikasi metodologi ini di dapat dengan cara peneliti melaksanakan penelitiannya dan bisa menyimpulkan hasil dari penetiannya. Ini semua bisa di supaya kesimpulan yang akan dicapai dari penelitian tersebut bukan hasil biasanya. Si peneliti harus bisa mencari keterikatan antara hasil penelitian dengan cara menyimpulkannya.

Sekianlah penjelasan mengenai Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi