Delta adalah : Pengertian, Morfologi dan Jenisnya

Delta adalah : Pengertian, Morfologi dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Delta. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian delta, menurut para ahli, morfologi, syarat dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Delta adalah : Pengertian, Morfologi dan Jenisnya

Pengertian Delta adalah suatu pengendapan terbentuk sebab aktivitas sungai dan muara sungai yang menghasilkan progradasi tidak beraturan pada garis pantai.

Delta Menurut Para Ahli

Agar dapat lebih memahami tentang definisi dari delta, berikut pengertian delta menurut para ahli, antara lain yaitu:

  • Menurut Coleman, Scott dan Fischer

Menurutnya, delta adalah suatu pengendapan yang terbentuk karena akibat adanya aktivitas sungai dan muara sungai. Di mana aktivitas ini berakibat pada munuculnya endapan sedimentasi menghasilkan progradasi yang tidak teratur dan hal ini terjadi pada garis pantai.

  • Menurut Elliot dan Allen

Menurutnya, definisi delta adalah bagian dari pantai yang lebih menjorok kelaut. Dimana pada bagian ini terbentuk dari adanya sebuah endapan sedimentasi sungai yang memasuki danau, laguna, laut dan sedimentasi ini memiliki volume yang besar dair kemampuan pendistribusian itu kembali.

  • Menurut Boggs

Menurutnya, pengertian delta adalah endapan yang dibentuk oleh adanya proses sedimentasi fluvial memasuki kawasan air yang tenang.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa delta adalah endapan sedimentasi partikel yang disebabkan hal yang dibawa oleh sungai. Sedimentasi adalah sebuah tenaga eksogen yang dapat membuat muka baru dipermukaan bumi.

Morfologi Delta

Dari beberapa perngertian yang ada, selanjut membahas mengenai morfologi dari delta. Ada beberapa morfologi delta yang dapa ditemukan disekitar kita, antara lain yaitu:

  • Delta Plain

Delta plain merupakan kawasan delta yang di dominasi oleh endapan serta sedimen yang berasal dari daratan daripada dari laut. Kawasan daratan terdekant yang disebut delta plain.

Delta plain kemudian berubah menjadi daera kawasan rawa dan biasanya kawasan ini lebih didominasi dengan butiran material yang halus seperti serpihan organik dan batubara. Delta plain merupakan kawasan aliran sungai tepatnya aliran sebelum masuk ke dalam kawasan laut. Hal ini termasuk daerah payau yang merupakan kawasan pertemuan air laut dan sungai.

  • Delta Front

Delta front merupakan kawasan delta yang cukup aktif terjadinya pengendapan dengan didominasi oleh pasir. Selain itu delta front adalah salah satu kawasan yang bersinggung langsung dengan segala aktivitas dari laut.

Dalam pembentukannya delta front membutuhkan waktu yang tidak singkat dengan proses yang cukup lama. Kawasan ini biasanya dapat ditemui di daerah sekitar masuknya air sungai dan air laut. Perlu diketahui delta front ini masih satu bagian dari delta plain.

  • Prodelta

Daerah prodelta adalah daerah yang paling jauh diantara delta lainnya. Kawasannya hampir dikatakan lebih menjorok ke dalam kawasan laut. Agar dapat mengetahui kawasan dari prodelta maka memerlukan beberapa contoh atau sample dari lapisan bawah laut yan berada disekitar delta. Karena kawasan prodelta memilki materi yang sangat halus sehingga sulit mengetahuinya tanpa menggunakan sample.

Syarat Terjadinya Delta

Dibawah ini beberapa syarat terjadinya delta, antara lain sebagai berikut:

  • Gelombang arus laut sangat kecil.
  • Material batuan yang diendapkan didalam laut dan danau cukup besar seiringnya waktu.
  • Terdapat sungai yang menutu danau dan laut.
  • Aliran arus pada pasang surutnya laut tidak kuat.
  • Tidak terdapat gerakan tektonik sehingga menyebabkan penurunan dalam dasar laut dan danau tempat muara sungai tersebut.

Jenis Delta

Terdapat beberapa jenis delta yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • Delta Lobben

Delta ini adalah bentukan selta yang menyerupai kaki burung. Tingkat pembentukan delta ini cukup cepat, karena proses sedimentasinya juga cepat.

Pengertian Delta Menurut Para Ahli Morfologi dan Jenisnya

  • Delta Tumpul

Delta ini adalah jenis yang memiliki bentuk menyerupai busur disamping itu pembentukan delta ini cenderung tidak berubah atau stagnan.

  • Delta Runcing

Delta ini adalah jenis delta yang memiliki bentu seperti keruucut, dimana perkembangan pembentukannya semakin lama akan semakin menyempit.

  • Delta Estuaria

Delta ini adalah jenis delta pada bagian rendah dari muara sungai yang sering anda temukan.

Demikian penjelasan tentang Delta adalah : Pengertian, Morfologi dan Jenisnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi