Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya

Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya– Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Westernisasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian westernisasi, ciri, dampak, pola, media dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya

Westernisasi yang terjadi di negara Indonesia ini bisa membuat masyarakat kehilangan atas rasa nasionalisme dan jati diri bangsa. Tak hanya itu, westernisasi juga dapat menimbulkan budaya asli yang ada Indonesia menjadi semakin terkikis. Bahkan bisa saja dilupakan oleh generasi muda karena menganggap kebudayaan Barat lebih baik.

Pengertian Westernisasi

Definisi dari westernisasi adalah sebuah proses yang mana masyarakat di negara timur itu mengadopsi budaya Barat dari berbagai bidang. Adapun bidangnya yaitu seperti industri, teknologi, ekonomi, hukum, politik, gaya hidup, cara pakaian, agama, filsafat, gaya bahasa, alfabet serta nilai-nilai.

Pendapat lain juga menjelaskan, bahwa westernisasi yaitu suatu sikap dan tindakan yang terdapat pada masyarakat di negara-negara timur yang cenderung meniru perilaku dan juga kebiasan masyarakat di negara Barat. Misalnya gaya berpakaian, perilaku, dan juga kebiasaan sehari-hari yang kebarat-baratan.

Pengertian Westernisasi Menurut Para Ahli

Supaya lebih mudah untuk memahami apa itu arti dari westernisasi, maka kita bisa merujuk pada pendapat para ahli diantaranya yaitu berikut ini:

Menurut Samuel P. Huntington

Pengertian westernisasi menurut Samuel P. Huntington, adalah suatu proses yang ada dalam masyarakat yang mengikuti segala bentuk gaya hidup bangsa barat.

Menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Pengertian westernisasi menurut Koentjaraningrat, yaitu suatu proses yang meniru gaya hidup dari orang barat yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan cara yang berlebihan didalam suatu bentuk gaya hidup, gaya pergaulan, kebiasaan, dan masih banyak lagi. Westernisasi ini juga masih tidak cocok untuk diterapkan di negara Indonesia dikarenakan, sebab masyarakat kita ini masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Timur.

Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian westernisasi menurut Soerjono Soekanto, yaitu suatu proses kehidupan yang mengutamakan industrialisasi dan juga sistem ekonomi kapitalis. Sehingga dalam kehidupannya itu meniru atau juga berusaha sama persis dengan kehidupan masyarakat yang ada di negara Barat.

Menurut Eka Gunawan

Pengertian westernisasi menurut Eka Gunawan, merupakan suatu bentuk proses peniruan yang dilakukan oleh masyarakat/ Negara tentang/mengenai kebudayaan negara-negara barat yang dianggap nya itu lebih baik dibandingkan dengan kebudayan negara sendiri.

Menurut Arif Furtonutely

Pengertian westernisasi menurut Arif Furtonutely, merupakan suatu bentuk arus besar yang ada dalam dimensi politik, sosial, kultur, budaya, pengetahuan serta seni ytang digunakan untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa di dunia secara umum dan negara-negara Islam khususnya menjadi paham-paham Barat.

Ciri-Ciri Westernisasi

Westernisasi ini juga bisa ketahui dengan cara memperhatikan karakteristika yang ada dalam masyarakat. Berikut ini adalah cir-ciri dari westernisasi yaitu diantaranya sebagai berikut.

  • Lifestyle atau gaya hidup yang ada dalam masyarakat mengalami perubahan serta meniru perkembangan yang sedang terjadi di negara-negara Barat. Sebagai contohnya yaitu; gaya hidup mewah, hedonisme, serta lain sebagainya.
  • Selalu mengikuti kebiasaan tingngkah laku dari sebagian besar dari masyarakat Barat seperti dalam mengonsumsi minuman keras serta obat-obatan terlarang.
  • Ditambah maraknya pergaulan bebas dan juga tingkah seksual yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat.
  • Perubahan dari cara berpakaiannya, cara berkomunikasi, serta juga hubungan sosial yang sering mengikuti kebiasaan yang ada di negara-negara Barat.
  • Sikap masyarakat juga semakin individual dikarenakan sikap gotong-royong yang merupakan ciri khas dari masyarakat Indonesia selama ini jadi semakin terkikis.
  • Terjadinya suatu perubahan yang ada dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, mulai dari politik, seni, budaya, ekonomi, dan lain-lain, yang diadopsi dari negara-negara Barat.

Pola dan Media Westernisasi

Dalam proses dari westernisasi tidak hanya langsung terjadi begitu saja. Terdapat banyak media dan berbagai cara untuk penyebarannya. Contohnya yaitu dengan melalui media pemegang kekuasaan dalam suatu negara, majalah, televisi, wisata, teknologi, serta lain sebagainya.

Salah satu hal yang paling besar dalam mempengaruhi penyebaran westernisasi yaitu pada teknologi informasi. Seperti internet, gadget, televisi, radio, dan lain sebagainya. Proses dari transfer budaya Barat ke Indonesia bisa terjadi dengan melalui berbagai media teknologi tersebut sehingga tanpa kita sadari bahwa sebagian besar dari masyarakat kita akan terpengaruh oleh westernisasi.

Tak hanya teknologi, proses westernisasi ini juga bisa terjadi secara besar-besaran pada saat pemerintah suatu negara telah mengeluarkan suatu kebijakan yang berisikan doktrin untuk mendukung westernisasi. Hal pernah terjadi di negara Jepang, dimana pada masa kekaisaran Meiji , Pangeran Yorihito Higashifushimi yang merupakan salah satu pemimpin Jepang pada saat itu telah melakukan westernisasi dengan melalui gaya berpakaian.

Dampak Westernisasi

Dampak dari westernisasi yang terdapat dalam suatu masyarakat akan mempengaruhi penilaian dan tindakan masyarakat tersebut. Dibawah ini merupakan beberapa dampak dari westernisasi, yaitu sebagai berikut:

Perubahan perilaku

Masyarakat yang telah terdampak westernisasi yang melalui berbagai media akan cenderung mengalami perubahan dalam bertingkah laku. Misalnya dalam menggunakan istilah-istilah atau kata-kata yang berasal bahasa asing pada saat berinteraksi dengan orang lain.

Lunturnya jati diri bangsa serta budaya lokal

Sebagaian besar generasi muda yang telah banyak menggunakan teknologi juga akan mengalami dampak westernisasi. Banyak kalangan remaja saat ini yang telah menganggap bahwa budaya Barat lebih baik dibandingkan budaya lokal sehingga jati diri bangsa serta budaya lokal akan luntur atau terkikis dengan secara perlahan.

Perubahan cara hidup

Salah satu tingkah laku yang ada masyarakat di negara Barat yang sering dilakukan di Indonesia yaitu seperti kebiasaan minum minuman keras. Sebenarnya minuman keras adalah salah satu jenis minuman tidak cocok untuk masyarakat berada di negara tropis, namun hal ini terjadi sebab adanya proses westernisasi yang telah mengubah cara hidup sebagian masyarakat kita.

Pengertian Westernisasi Ciri Dampak Media dan Contohnya

Contoh Westernisasi

Jika kita perhatikan dengan seksama, sebenarnya terdapat banyak sekali contoh dari westernisasi yang tengah terjadi di negara Indonesia ini. Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari westernisasi diantaranya yaitu:

  • Sikap individualis yaitu salah satu contoh kebiasaan masyarakat Barat yang sering ditiru oleh kebanyakan dari masyarakat kita. Hal ini membuat masyarakat kita menjadi semakin bersaing dan juga kehilangan atas rasa kekeluargaannya.
  • Kebanyakan juga masyarakat Indonesia telah menganggap budaya asing lebih baik ketimbang budaya asli Indonesia. Hal ini membuat mereka lebih memilih untuk bisa atau dapat mempelajari budaya dari negara-negara Barat tersebut.
  • Banyak dari masyarakat Indonesia yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk bisa menonton konser musik dari mancanegara ketimbang menonton pertunjukan dari seni tradisional. Hal Inilah yang menjadi salah satu dari contoh westernisasi yang tidak disadari oleh banyak pihak.
  • Tak hanya itu pergaulan bebas juga semakin marak, bahkan terkesan tanpa batasan. Hal inilah yang menjadi contoh dari westernisasi yang terjadi di Indonesia.
  • Dalam hal konsumsi jenis makanan serta minuman jug terdapat perubahan dalam masyarakat kita juga yang banyak dipengaruhi oleh Barat. Sebagai contoh; makanan fast food serta minuman bersoda.
  • Gaya berpakaian, serta gaya rambut dari masyarakat Indonesia juga telah mengalami banyak perubahan yang disebabkan oleh terpengaruh budaya Barat. Misalnya yaitu seperti cara berpakian yang memakai rok mini, gaun pesta, rambut mowhak, highlight rambut, celana jeans sobek dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi