√ Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Teks Persuasif. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian Persuasif, ciri-ciri Persuasif, jenis Persuasif, teks persuasi bentuk tulisan, contoh teks persuasif, unsur kebahasaan teks persuasi dan dasar pembuatan paragraf persuasi. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Teks Persuasi merupakan suatu tulisan yang isinya mengajak atau berusaha merebut perhatian atau yang isinya mempunyai unsur ajakan bagi si pembaca untuk melakukan hal tertentu.

Sedangkan untuk jenis dari Teks Persuasif sendiri umumnya di sajikan semenarik mungkin, dan juga biasanya isinya meyakinkan berupa pengalaman dengan mengisaratkan suatu hal yang sangat penting. Biasanya teks persuasi digunakan sebagai sarana beberapa lembaga kesehatan, pemerintahan dan badan usaha tertentu sebagai paragraf propaganda.

Pengertian teks Persuasif dan Contohnya

Teks persuasif dapat diartikan sebagai paragraf yang mempunyai tujuan untuk meyakinkan atau mengajak si pembaca dengan maksud tertentu. Di mana hal ini di lakukan agar bisa melaksanakan serta menerima gagasan penulis dari suatu pendapat dan pandangan tertentu.

Ciri-ciri Teks Persuasif

  • Isinya mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan.
  • Tulisan memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal.
  • Sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin
  • Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik.
  • Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca.
  • Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan.
  • Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi atau dalil.
Baca Juga:  √ Pengertian Paragraf Narasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis & Contohnya

Teks Persuasif Pengertian Jenis Ciri dan Contohnya

Contoh Teks atau Paragraf Persuasif

“Dengan mengkonsumsi buah-buahan tubuh akan mendapatkan berbagai nutrisi serta vitamin yang di butuhkan seperti Vitamin C. Karena kandungan pada Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit”.

Jika di lihat secara umum teks persuasif berupaya untuk mendapatkan perhatian pembaca dan memberikan pandangan baru melalui tujuan dari isi paragraf.

Bentuk Teks atau Paragraf Persuasif

Ada beberapa bentuk teks atau paragraf persuasif yang umumnya di gunakan, di antaranya sebagai berikut :

  • Bentuk pidato, contohnya propaganda, kampanye lisan dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
  • Bentuk tulisan, contohnya iklan, brosur dan selebaran.
  • Bentuk elektronik, contohnya iklan TV, bioskop dan internet

Jenis Teks atau Paragraf Persuasif

Jika di lihat dari bentuk Teks atau paragraf persuasif di atas. Maka Teks atau paragraf persuasif bisa di golongkan ke beberapa jenis yakni :

  1. Persuasi politik

Sesuai dengan namanya Persuasi politik di pergunakan untuk hal dibidang politik baik kaitannya dengan bidang politik dan kenegaraan. Biasanya para ahli politik dan kenegaraan menggunakan pesuasi jenis ini sebagai keperluan politik dan negara.

  1. Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan umumnya di gunakan oleh orang tertentu yang berkecimpung atau masih ada hubungannya dengan dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Contohnya orang yang menggunakan persuasi pendidikan adalah seorang guru yang mana di gunakan untuk mempengaruhi para siswa agar dapat giat belajar, gemar membaca dan lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Administrasi Kearsipan, Fungsi, Perlindungan, Penyimpanan dan Pengawetannya

Kemudian para Seorang motivator atau inovator pendidikan memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menerapkan berbagai konsep baru pendidikan bertujuan dapat di laksanakan oleh para pelaksana pendidikan.

  1. Persuasi Advertensi

Selanjutnya Persuasi iklan atau Persuasi Advertensi, yang mana biasanya di gunakan dalam bidang usaha atau dunia usaha bertujuan mengenalkan suatu barang atau jasa.

Persuasi iklan yaitu yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang di tawarkan tersebut. Sedangkan untuk sebaliknya persuasi yang kurang baik adalah jika tidak mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang telah di iklankan tersebut.

  1. Persuasi Propaganda

Informasi adalah Objek yang di sampaikan pada persuasi propaganda. Maka dari itu tujuan dari persuasi bukan hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. Selebihnya, dengan informasi di harapkan pembaca atau pendengar ingin atau mau serta sadar untuk melakukan sesuatu.

Demikian tentang Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

5.0
10