Autobiografi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Contohnya

Autobiografi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Autobiografi. Autobiografi merupakan biografi yang dibuat atau ditulis oleh diri sendiri.

Autobiografi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Contohnya

Autobiografi atau otobiografi dalam Wikipedia αὐτός-autos sendiri + βίος-bios hidup + γράφειν-graphein menulis adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”.

Untuk lebih detailnya simak selengkapnya tentang autobiografi, tujuan, ciri-ciri dan contohnya dibawah ini dengan seksama dibawah ini.

Pengertian Autobiografi

Definisi autobiografi yaitu sebuah riwayat hidup yang dibuat oleh tokoh itu sendiri. Seperti definisi dari Wikipedia diatas, maka kata autobiografi terdiri dari kata autos yang artinya sendiri dan bios yang artinya hidup, lalu graphein yang artinya menulis.

Orang yang membuat autobiografi seringkali mengandalkan banyak sudut pandang dan berbagai ragam dokumen, sedangkan otobiografi dapat pula berdasarkan secara menyeluruh pada ingatan pengarang. Otobiografi juga berhubungan dengan memoar, dan seringkali lebih sulit membedakan dari keduanya.

Pengertian autobiografi secara singkat yaitu tulisan yang berisikan mengenai pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil hingga kondisinya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri (atau sudut pandang orang pertama)

Suatu autobiografi mengisahkan lika-liku kehidupan seseorang dalam menjalani masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan sampai dapat mencapai kondisinya sekarang ini. Penulisan autobiografi memakai sudut pandang orang pertama (aku, saya) yang tentu sangat berbeda dengan penulisan biografi yang memakai sudut pandang orang ke-3.

Tujuan Autobiografi

Tujuan penulisan autobiografi antara lain sebagai berikut:

  • Mengenalkan diri sendiri dengan lebih mendetail kepada orang lain
  • Memberikan gambaran, pelajaran dan juga kisah-kisah inspiratif tentang seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
  • Bahan pencitraan seseorang.

Ciri-Ciri Autobiografi

Ciri-ciri dari autobiografi adalah sebagai berikut:

  • Suatu autobiografi merupakan suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang ditulis menurut pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi seringkali berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri dari yang sulit sampai mencapai keberhasilan
  • Autobiografi juga biasa menampilkan informasi yang sifatnya positif saja. Bahkan biasa ditulis dalam rangka pencitran seorang tokoh politik
  • Autobiografi seringkali ditulis supaya masyarakat lebih kenal dan tahu tentang apa yang telah dilakukannya selama ia hidup, menjadikan dapat mengambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada didalamnya.

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Antara autobiografi dan biografi memiliki perbedaan yaitu:

  • Autobiografi merupakan suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dibantu dengan penulis lain, yang dibuat menurut pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri, sedangkan biografi ditulis oleh orang lain.
  • Autobigrafi seringkali berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit sampai mencapai keberhasilan. Sedangkan subjek biografi adalah tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya ataupun pemikiran yang bermanfaat untuk orang lain.
  • Autobiografi biasanya hanya memberikan informasi yang sifatnya positif saja. Bahkan banyak autobiografi dibuat karena dalam rangka untuk pencitraan seorang tokoh politik. Sedangkan biografi dibuat dengan bersumber pada literatur, dokumen penting, atau menggali pada narasumber, sebagai saksi dalam menjelaskan peristiwa, dan fakta yang terjadi di perjalanan hidup tersebut.
  • Autobiografi biasa dibuat untuk mengenalkan atau memberitahu masyarakat mengenai apa yang telah dilakukannya selama hidup, menjadikan dapat diambil hikmahnya, pelajarannya yang berharga yang ada didalamnya. Sedangkan biografi seringkali berisikan informasi yang didalamnya ada hikmah, motivasi dan sejarah penting yang bisa dijadikan suri tauladan untuk orang yang membacanya.

Pengertian Autobiografi, Tujuan, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap

Contoh Autobiografi

Namaku Mohammad Soleh dan biasa dipanggil dengam Soleh oleh orang-orang dilingkunganku. Aku sangat hobi membaca buku dan bermain basket serta lahir di kota Lampung di tanggal 1 Februari 1998 dari pasangan Sudarsono dan Siti Aminah.

Kakakku bernama Arin yang telah menikah dan sekarang tinggal dengan suaminya di kota Banda Aceh. Aku juga mempunyai adik kembar laki-laki dan perempuan bernama Sani dan Sifa yang baru berusia 6 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2004-2010 di SDN Budi Berlian. Lalu setelah lulus meneruskan ke SMPN 4 Karang Cupung dari tahun 2011-2014. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN 1 Bandar Lampung. Di SMA ini aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan selain itu aktif di Organisasi Pramuka dan OSIS. Aku juga pernah menjabat sebagai ketua Pramuka.

Aku merupakan anggota baske di SMAN 1 Bandar Lampung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan basket dengan tingkat sekolah ataupun tingkat umum. Antara lain Juara 1 Piala Gubernur tahun 2016. Juara II Basket Hardiknas Cup 2016, juara I DBL Sekolah dan lain sebagainya.

Aku mempunyai cita-cita dalam beberapa tahun mendatang untuk bisa bergabung dengan Tim Nasional Basket Indonesia dan membawa nama harum Bangsa di Asia dan Dunia.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Autobiografi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.

Daftar Isi