Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Ciri-cirinya Terlengkap

Loading...

Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Ciri-cirinya Terlengkap – Disini seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu Hedonisme. Ada yang sudah tahu apa itu hedonisme? Atau mungkin anda hanya sekedar mendengarnya saja namun tidak tahu apa makna dari hedonisme tersebut. Mari kita bahas dengan seksama disini.

Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Ciri-cirinya Terlengkap

Sebelum kita bahas dengan detail apa sih hedonimse itu? kita cari tahu dulu pengertiannya disini.

Loading...

Pengertian Hedonisme

Hedonisme merupakan susatu pandangan hidup atau ideologi yang beranggapan bahwa kenikmatan dan kebahagiaan adalah tujuan hidup manusia dalam menjalani kehidupannya. Hedonisme sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yakni Hedone yang artinya kesenangan.

Orang yang menganut hedonisme ini cenderung tidak ingin merasakan pahitnya hidup, mereka selalu berusaha mencari kenikmatan dan kebahagiaan dengan cara apapun dengan mengesampingkan orang lain disekitarnya.

Ada kebanyakan orang yang beranggapan bahwa hedonisme ini didasari dari hawa nafsu semata. Paham ini sangat berkaitan dengan kekayaan, kepuasan seksualitas, jabatan, kebabasan dan hal-hal kesenangan yang bisa membuat orang lupa akan orang lain disekitarnya.

Loading...

Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mendefinisikan hedonisme menurut pengamatan dan pengalamannya.

1. Burhanuddin (1997: 81)
Menurut Burhanuddin, pengertian Hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik, sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya. Dengan kata lain, sesuatu yang hanya mendatangkan kesusahan, penderitaan, dan tidak menyenangkan adalah sesuatu yang dinilai tidak baik.

2. Collins Gem (1993:97)
Menurut Collins Gem pengertian hedonisme adalah sebuah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup. Dengan kata lain, hedonisme adalah paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata-mata.

Baca Juga:  Tipe-Tipe Lembaga Sosial Terlengkap

3. Sarwono (1989:14)
Menurut Sarwono, pengertian hedonisme adalah konsep diri, dimana gaya hidup seseorang dijalani sesuai dengan gambaran yang ada dipikirannya. Contoh, seorang olahragawan, biasanya gaya hidup sehat merupakan prinsip hidup dan menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka.

Penyebab Hedonisme

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab orang menganut paham hedonisme ini.

1. Faktor Internal
Ini bisa dikatakan menjadi faktor utama timbulnya paham hedonisme, faktor yang timbul dari diri sendiri. Sudah menjadi tabiat manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Oleh karena itu manusia selalu haus akan kepuasaan dan mengejar sesuatu yang bisa membuatnya selalu merasa ada diatas tanpa melihat keadaan sekitar.

2. Faktor Eksternal
Faltor dari luar bermacam-macam, ada yang diambil dari adat dan budaya dari luar negeri yang tersebar lewat media informasi online lalu banyak dari kita yang mngikutinya. Bisa juga dari orang sekitar yang sudah menganut hednoisme dan secara tidak langsung pun kita mengikuti arusnya sehingga kita menjadi salah satu penganut hedonisme. Sebenarnya faktor yang satu ini dapat kita hindari dengan selalu mengingatkan diri kita dan tidak mendekati hal-hal yang bisa membuat kuta terbawa arus.

Dampak Hedonisme

Tidak bisa kita pungkiri bahwa dampak dari hedonisme ini cenderung negatif. Ada beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari hedonisme ini.

  1. Individualsime
    Orang yang sudah menganut hedonisme lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan perasaan atau kepentingan orang lain.
  2. Konsumtif
    Demi membuat dirinya senang, ia akan selalu mencoba mendapatkan kesenangan atau barang yang belum tentu barang itu akan digunakan atau tidak nantinya.
  3. Egois
    Sama halnya seperti individualis, ia selalu melakukan hal-hal hedonismenya tanpa melihat sekitar, ntah ada yang suka ataupun tidak.
  4. Tidak disiplin
    Hidupnya menjadi tidak teratur, karena yang dipikirkan hanyalah kesenangan belaka. Selalu menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangan hidupnya.
  5. Tidak berpikir panjang
    Selalu melakukan hal-hal tanpa berpikir panjang dengan dampak yang bisa ditimbulkan dari apa yang akan dilakukannya.
  6. Boros
    Ini adalah dampak mutlak dari hedonisme, semua kesenangan cenderung dengan hal-hal yang mewah, tentunya akan sangat menghabiskan banyak uang.
Baca Juga:  Pengertian Dukungan Sosial, Fungsi, Sumber, Bentuk, Manfaat, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Itu adalah beberap dampak negatif dari hedonisme. Namun dari sekian banyak dampak negatif yang ditimbulkan ada juga dampak positif yang dihasilkan dari hedonisme ini. Dikarenakan selalu ingin membuat dirinya senang dengan kepuasan, ia akan selalu mencari cara agar keinginannya terpenuhi, itu membuatnya termotivasi agar bekerja keras demi kelanjutan hidupnya.

Ciri-ciri Hedonisme

Untuk melihat suatu perilaku hedonisme pada seseorang sangatlah mudah, banyak diantara mereka yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka tengah terjerumus dalam paham tersebut. Berikut ciri-cirinya:

  • Berpikir bahwa ujuan utama dalam hidup seseorang adalah kenikmatan dan kesenangan pribadi.
  • Tidak perduli dengan kepentingan dan kebahagiaan orang lain sehingga menjadi pribadi yang egois.
  • Tidak pernah merasa puas dengan hal yang telah dimiliki, baik itu harta maupun keluarga.
  • Sifat konsumtif, lebih mengutamakan membeli sesuatu karena kesenangan ketimbang kebutuhan.
  • Mereka yang menganut hedonisme cenderung diskriminatif dan sombong, melihat orang lain berdasarkan hartanya dan selalu merasa lebih baik dari orang lain.

Inti dari pembahasan ini adalah bahwa hedonisme memiliki konotasi yang negatif dimata masyarakat, untuk itu kita haru selalu waspada agar tidak terjerumus dalam paham tersebut. Sekian dulu pembahasan kita tentang Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Ciri-cirinya Terlengkap, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga:

5 (100%) 2 votes
Loading...