Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya

Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Seputar Pengetahuan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan bertumpu pada ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini seringkali akan didukung dengan adanya industri kreaitf yang menjadi pengejawahantahnya.

Definisi ekonomi kreatif ataupun industri kreatif (knowledge based economy) yaitu pendekatan, tren, konsep, dan kegiatan ekonomi yang berasal dari kreativitas, inovasi, bakat, ide dan gagasan serta mengandalkan sumber daya manusia sebagai faktor produksi untuk melaksanakan ekonomi.

Daripada itu bahwa ekonomi kreatif merupakan sistem kegiatan manusia yang berhubungan dengan kreasi, produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa yang bernilai untuk para pelanggan.

Pengertian Ekonomi Kreatif/Industri Kreatif Menurut Para Ahli

Berikut ini dalaaah definisi dari ekonomi kreatif menurut ahlinya.

1. Simatupang (2007)

Pengertian industri kreatif menurut Simatupang adalah industri yang berfokus pada kreasi dan ekploitasi karya kepemilikan intelektual seperti seni, film, permainan atau desain fashion, dan termasuk layanan kreatif antar perusahan seperti iklan.

2. Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008)

Pengertian industri kreatif menurut Departemen Perdagangan adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

3. Howkins (2001)

Pengertian ekonomi kreatif menurut Howkins adalah terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, penelitian dan pengembangan (R and D), perangkat lunak, mainan dan permainan, televisi dan radio, dan permainan video.

4. Institute For Development Economy and Finance (2005)

Pengertian ekonomi kreatif menurut Institute For Development Economy and Finance adalah proses peningkatan nilai tambah hasil dari eksplorasi kekayaan intelektual berupa kreativitas, keahlian, dan bakat individu menjadi suatu produk yang dapat dijual.

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

Ciri utama ekonomi atau industri kreatif adalah menunjukkan keunggulan kreativitas dalam memperoleh desain kreatif yang melekat di produk barang/jasa yang dihasilkan.

Ciri-ciri ekonomi kreatif, antara lain:

  • Mempunyai unsur utama yaitu kreativitas, keahlian dan talenta yang mempunyai potensi sebagai peningkatan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual.
  • Tersusun atas penyediaan produk kreatif langsung pada pelanggan dan pendukung penciptaan nilai kreatif di sektor lain yang secara tidak langsung berkaitan dengan pelanggan
  • Siklus hidup singkat, margin tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi, dan mudah ditiru
  • Dibutuhkan kolaborasi antara berbagai aktor yang memiliki peran pada industri kreatif, yakni cendekiawan (kaum intelektual), dunia usaha, dan pemerintah yang merupakan prasyarakat mendasar.
  • Berbasis pada ide atau gagasan
  • Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha
  • Konsep yang dibangun mempunyai sifat relatif.

Jenis dan Sektor Ekonomi Kreatif

Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008) dalam buku Pengembangan Industri Kreatif 2025, membagi jenis ekonomi kreatif ke dalam 14 sektor industri atau ekonomi kreatif, berikut penjelasan lengkapnya.

Periklanan

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan memanfaatkan medium tertentu), mencakup proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, seperti: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah), dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan beberapa poster dan gambar, menyebar selebaran, pamflet, edaran, brosur, reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materialis atau sampel, dan juga penyewaan kolom untuk iklan.

Arsitektur

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya, konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi dengan keseluruhan dari level makro (town planning, urban design, landscape architecture) hingga level mikro (detail konstruksi, seperti: arsitektur taman, desain interior).

Pasang Barang Seni

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka dan juga mempunyai nilai estetika seni yang tinggi dengan cara lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet. Seperti: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film indie-dokumenter, seni rupa dan lukisan.

Kerajinan (Handicraft)

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dan dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang bersumber dari desain awal hingga dengan proses penyelesaina produknya, diantaranya mencakup barang kerajinan yang dibuat dari batu berharga, serat alam ataupun buatan, kulit rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi), kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan dapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya dibuat dalam jumlah yang relatif kecil (tidak untuk produksi massal).

Desain

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran dan juga produksi kemasan dan jasa pengepakan.

Fashion

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, serta desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultasi lini produk fesyen, dan juga distribusi produk fesyen.

Film, Video dan Fotografi

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan kreasi produksi video, film dan jasa fotograsi, dan juga distribusi rekaman video dan film. Termasuk didalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinamatografi, sinetron, eksibisi film.

Permainan Interaktif

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan kreasi produksi dan distribusi permainan komputer dan video yang sifatnya hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif sebagai hiburan semata-mata namun juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.

Musik

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara atau lagu.

Seni Pertunjukan

Aktivitas kratif yang berhubungan dengan usaha mengembangkan konten, produksi pertunjukan (seperti: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, dan juga tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan

Penerbitan dan Percetakan

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital dan juga kegiatan kantor berita dan pencari berita.

Subsektor juga meliputi penerbitan perangko, material, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi, surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan khusus lainnya.

Juga meliputi penerbitan foto, grafis (engraving), dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.

Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri, Jenis, Sektor

Layanan Komputer dan Piranti Lunak

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi didalamnya juga jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras dan juga desain portal yang juga cara merawatnya.

Radio dan Televisi

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan. Acara televisi (misalnya games, kuis, reality show, infotainment, dan lain sebagainya), penyiaran dan transmisi konten acara televisi dan radio, dan juga aktivitas station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.

Riset dan Pengembangan

Aktitivas kreatif yang berhubungan dengan usaha inovatif yang menyajikan penemuan ilmu dan teknologi serta penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut dalam memperbaiki produk dan kreasi produk baru. Proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang bisa memenuhi kebutuhan pasar yang didalamnya juga berhubungan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni, serta jasa konsultasi bisnis dan manajemen.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi