Mitos adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya

Mitos adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Mitos. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, fungsi, jenis, unsur dan contoh mitos dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Mitos adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya

Mari kita mulai pembahasan ini dengan pemahaman tentang mitos terlebih dahulu, beserta uraiannya.

Pengertian Mitos

Mitos atau disebut juga Tungau adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan sebuah cerita dengan latar belakang masa lalu, berisi tafsir tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, dan diyakini terjadi oleh mereka yang menganutnya atau pemiliknya.

Secara umum mitos menceritakan tentang peristiwa alam semesta, dunia dan makhluk yang menghuninya, bentuk topografi, cerita tentang makhluk gaib dan lain sebagainya. Mitos muncul sebagai kisah peristiwa sejarah yang dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi untuk peristiwa alam atau sebagai penjelasan tentang spiritual.

Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari mitos menurut ahlinya.

1. Bascom

Pengertian mitos menurut Bascom merupakan mitos atau mitos adalah cerita prosa rakyat yang bercirikan dewa atau dewa yang terjadi di dunia lain (surga) di masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh para ahli cerita atau penganutnya dan berkaitan dengan tempat kejadian, alam semesta, para dewa, adat istiadat dan dongeng suci.

2. Ahimsa-Putra

Pengertian mitos menurut Ahimsa-Putra merupakan cerita aneh yang seringkali sulit dipahami maknanya atau menerima kebenarannya karena cerita yang ada di dalamnya tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan apa yang kita temui sehari-hari.

3. Levi-Strauss

Pengertian mitos menurut Levi-Strauss merupakan warisan suatu bentuk cerita dari tradisi lisan yang menceritakan tentang dewa-dewa, manusia pertama, hewan, dan sebagainya berdasarkan skema logis yang terkandung dalam mitos tersebut dan yang memungkinkan kita untuk mengintegrasikan semuanya. masalah yang perlu dipecahkan dalam konstruksi sistematis.

4. Cremers

Pengertian mitos menurut Cremers merupakan cerita sakral dalam bentuk simbolik yang menceritakan rangkaian peristiwa nyata dan imajiner mengenai asal mula dan perubahan alam semesta dan dunia, para dewa, kekuatan sifat manusia, pahlawan dan masyarakat.

5. William A. Haviland

Pengertian mitos menurut William A. Haviland meruapakan cerita tentang serangkaian peristiwa semihistoris yang menjelaskan tentang permasalahan di akhir kehidupan manusia.

6. Webster’s Dictionary

Pengertian mitos menurut Webster’s Dictionary merupakan perumpamaan atau alegori yang keberadaannya hanya ilusi yang tidak dapat dibuktikan.

Ciri-Ciri Mitos

Secara umum, mitos memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Distorsif

Merupakan hubungan antara bentuk dan konsep yang distorsi dan deformatif. Konsep mendistorsi Bentuk sehingga makna dalam sistem tingkat pertama tidak lagi menjadi makna yang mengacu pada fakta yang sebenarnya.

  • Intensional

Merupakan mitos yang tidak ada juga, mitos sengaja dibuat, dikonstruksi oleh budaya masyarakat dengan tujuan tertentu.

  • Statement of Fact

Yaitu mitos menaturalisasi pesan, membuat kita menerimanya sebagai kebenaran yang tidak boleh diperdebatkan. Sesuatu yang ada secara alami dalam akal sehat.

  • Motivasional

Bentuk mitos menurut Barthes mengandung motivasi. Mitos dibuat dengan memilih berbagai konsep yang mungkin untuk digunakan sesuai dengan sistem semioting level pertama.

Fungsi Mitos atau Mite

Mitos atau disebut juga mite memiliki fungsi dalam kehidupan sosial budaya masyarakat, diantaranya sebagai berikut:

  • Untuk mengembangkan simbol yang sangat bermakna dan juga menjelaskan fenomena lingkungan yang ada.
  • Merupakan sarana pendidikan yang sangat efektif dalam akuntansi dan menanamkan nilai-nilai budaya, norma sosial dan kepercayaan tertentu
  • Ini menjadi pedoman bagi komunitas pendukung untuk membangun solidaritas sosial dengan anggotanya sehingga mereka bisa membedakan antara komunis satu sama lain.
  • Untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai budaya, pemikiran atau pengetahuan tertentu
  • Sebagai pemacu perkembangan kreativitas dalam berpikir.

Jenis-Jenis Mitos atau Mite

Menurut tempat asalnya, mitos dibedakan menjadi dua jenis, yaitu mitos yang berasal dari Indonesia dan mitos yang berasal dari luar (Indonesia, Arab, negara sekitar Laut Mediterania). Dan juga mitos dapat diklasifikasikan menjadi mitos penciptaan dan mitos asal-usul.

Mitos penciptaan adalah mitos yang memuat peristiwa terciptanya sesuatu. Kemudian mitos asal-usul adalah mitos yang memuat peristiwa-peristiwa yang menciptakan suatu proses hingga terbentuknya sesuatu.

Unsur Instrinsik Mitos

Suatu mitos mempunyai unsur intrinsik, yakni

  • Tema
  • Alur
  • Latar
  • Penokohan
  • Sudut Pandang
  • Gaya Bahasa
  • Amanat

Mitos adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya

Contoh Mitos

Berikut ini adalah beberapa contoh mitos.

1. Memar di bagian tubuh karena dijilat setan?

Mitos. Biasanya memar terjadi karena pembuluh darah yang pecah. Mungkin itu kelainan perdarahan atau pembekuan darah. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai pembekuan darah dan pembuluh darah.

2. Anda tidak bisa makan mentimun selama menstruasi?

Mitos. Tidak ada hubungan antara makan dan menstruasi. Tidak ada pantangan makanan selama menstruasi Padahal, wanita yang sedang menstruasi dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

3. Mengendarai sepeda motor di malam hari menyebabkan paru-paru basah?

Mitios. Dalam kamus kedokteran tidak mengenal istilah paru-paru basah. Kondisi ini terjadi akibat penyakit bronkitis, namun belum menyerang Avelus. Ini terjadi karena batuk atau merokok yang terus-menerus dan tidak diobati.

Paru-paru basah tidak terjadi karena mengendarai sepeda motor pada malam hari. Mungkin mengendarai sepeda motor bisa membuat Anda merasa kedinginan dan menurunkan daya tahan tubuh Anda, apalagi jika Anda tidak sedang memakai jaket.

4. Saat berselimut tebal bisa menurunkan demam

Mitos. Dulu, orang-orang menutupi diri dengan selimut hingga berkeringat dan kondisi saat demam pun bisa turun. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa orang yang mengalami demam tidak baik bila memakai selimut tebal. Oleh karena itu, racun atau infeksi sulit keluar dari tubuh.

Dikhawatirkan memakai selimut tebal bisa membuat organ tubuh meradang. Jadi saat demam, jangan tutupi badan, meminum obat, Beristirahatlah di ruangan dengan suhu sedang, yang artinya tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

5. Minum air dingin bisa bikin gemuk?

Mitos. Faktanya, minum air dingin membakar lebih banyak kalori daripada air biasa. Tapi, minum air dingin bisa menambah nafsu makan sehingga berisiko gemuk.

6. Makan jambu biji dapat menyebabkan usus buntu?

Mitos. Sampai saat ini penyebab penyakit usus buntu belum ditemukan.

Contoh Mitos Indonesia

Di bawah ini beberapa contoh mitos yang berkembang di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

  • Bahu Laweyan
  • Cerita Dewi Nawang Wulan
  • Cerita Pemindahan Gunung Suci, Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali
  • Cerita Joko Tarub
  • Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
  • Cerita Barong di Bali

Demikianlah telah dijelaskan tentang Mitos adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya, dari SeputarPengetahuan.co.id semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi