Waralaba adalah : Pengertian, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya

Waralaba adalah : Pengertian, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Waralaba. Yang meliputi pengeritan, jenis-jenis, tipe, kelebihan dan kekurangan waralaba dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Waralaba adalah : Pengertian, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Waralaba

Waralaba atau lebih populernya disebut dengan Franchise (Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) merupakan sebuah hak untuk menjual suatu produk atau jasa ataupun layanan. Definisi waralaba lainnya adalah suatu hubungan kerja yang mempunyai kontrak atau perjanjian antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerima (franchise).

Seringkali jalannya bisnis waralaba dalam bentuk kegiatan pertukaran uang dengan perjanjian atau kontrak supaya dapat menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu tertentu. Dalam aktivitas waralabat, franchisee atau yang memiliki waralaba mempunyai tugas menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapan franchisor, lalu tugas franchisor atau penerima waralaba yaitu melakukan pengembangan bisnis waralabanya.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi waralaba menurut ahlinya.

1. Douglas J. Queen

Pengertian waralaba menurut Douglas J. Queen adalah suatu model perluasan pemasaran dan bisnis. Pemegang franchise yang membeli suatu bisnis manfaat dari kesadaran pelanggan akan nama dagang, sistem teruji dan pelayanan lain yang disediakan pemilik franchise.

2. Rooseno Harjowidigdo

Pengertian waralaba/franchise menurut Rooseno Harjowidigdo adalah kerjasama dibidang perdagangan atau jasa yang dipandang sebagai salah satu unutk mengembangkan sistem usaha di lain tempat, diman franchisor secara ekonomi sangat untung karena ia mendapatkan management fee dari franchisee, barang produknya dapat tersebar ke tempat lain dimana franchisee mengusahakan franchise nya dan bagi konsumen yang membutuhkan barang hasil produksinya franchisee cepat didapatkan dalam keadaan fresh dan belum atau tidak rusak.

3. Dominique Voillemont

Pengertian waralaba/franchise menurut Dominique Voillemont adalah suatu cara melakukan kerjasama dibidang bisnis antara dua atau lebih perusahaan, satu pihak bertindak sebagai granchisor dan pihak lain sebagai franchisee.

4. Charles L. Vauhn

Pengertian waralaba/franchise menurut Charles L. Vauhn adalah bentuk kegiatan pemasaran dan distribusi yang didalamnya sebuah perusahaan memberikan hak atau priviledge untuk menjalan bisnis secara tertentu dalam waktu dan tempat tertentu kepada indivud atau perusahaan yang relatid lebih kecil.

5. Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007

Pengertian waralaba/franchise menurut Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarakan barang dan atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan atau digunakan oleh pihak berdasarkan perjanjian waralaba.

6. Asosiasi Franchise Indonesia

Pengertian waralaba/franchise menurut Asosiasi Franchise Indonesia adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Jenis-Jenis Waralaba Menurut Kriteria/ Produk Yang Ditawarkan

Terdapat beberapa jenis waralaba berdasarkan kriterianya, antara lain:

  • Waralaba Produk
    Produk yang dijual dalam bentuk barang seperti makanan. Contoh jenis usaha waralaba produk antara lain yaitu Mc Donald, KFC, Kebab Turki, Cakekinia dan lain sebagainya.
  • Waralaba Jasa
    Ini adalah jenis waralaba yang memberikan produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya adalah pada bidang pendidikan, studio photo atau jasa sewa video, jasa agen perjalanan dan travel.
  • Waralaba Gabungan
    Produk yang dijual pada jenis waralaba ini adalah dalam bentuk barang dan jasa.

Jenis Waralaba Menurut Asalnya

Sedangkan jika menurut asalnya, waralaba dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Waralaba Luar Negeri
    Jenis waralaba ini lebih mengarah ke disukai masyarakat, karena waralaba ini mempunyai sistem yang berlaku lebih jelas, merek perusahaan telah diterima oleh orang di seluruh dunia, selain itu juga dinilai lebih bergengsi.
  • Waralaba Dalam Negeri
    Waralaba jenis ini masuk dalam kategori pilihan investasi untuk orang yang hendak menjadi pengusaha dengan cepat tetapi tidak mempunyai pengetahuan cukup tentang awal dan kelanjutan usaha pemiliki waralaba. Contoh jenis waralaba yang berasal dari dalam negeri adalah restoran cepat saji.

Tipe-Tipe Waralaba

Beberapa tipe waralaba antara lain:

  • Trade Name Franchising
    Trade name franchisign merupakan jenis waralaba yang mendapatkan hak untuk melakukan produksi misalnya PT. Great River mempunyai hak untuk melakukan produksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi dari Jerman.
  • Product Distribution Franchising
    Product distribution franchisign merupakan jenis waralaba (franchise) yang mendapatkan hak unutk melakukan pendistribusian pada wilayah tertentu, seprti soft drink, cosmetics.
  • Pure Franchising/ Busininess Format
    Pure Franchising/ Business Format merupakan jenis waralab yang mendapatkan hak sepenuhnya, mulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasarn, bantuan manajemen dan teknik, pengendalian kualitas, dan lain sebagainya. Contoh nya adalah restaurat, fast food, pendidikan, konsultan, dan lain-lain.

Pengertian Waralaba, Jenis-Jenis, Tipe, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan/Keuntungan Waralaba

Adapun keuntungan dari waralaba adalah:

  • Proses membuka usaha yang lebih cepat
  • Mempunyai sistem yang sudah terbukti berhasil
  • Mempunyai brand image yang telah dikenal luas dan terbukti berhasil
  • Risiko kegagalan sangat kecil

Kekurangan/Kerugian Waralaba

Sedangkan dari sisi kerugian waralaba yaitu:

  • Mewajibkan membayar Franchise Fee
  • Mewajibkan membayar Royalty Fee
  • Memberlakukan aturan main yang harus diikuti
  • Melakukan pengotrolan dan pengawasan dengan teratur

Demikianlah telah dijelaskan tentang Waralaba adalah : Pengertian, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi