Strategi Pembelajaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Strategi Pembelajaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Strategi Pembelajaran. Yang mencakup pengertian, fungsi dan tujuan, jenis-jenis strategi pembelajaran dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Strategi Pembelajaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran berasal dari bahasa Latin yakni “Strategia” yang artinya seni penggunaan rencana dalam meraih suatu tujuan. Pada mulanya, istilah itu sering digunakan dalam dunia militer tetapi sekarang istilah ini sudah sering dipakai pada berbagai bidang termasuk pembelajaran.

Strategi pembelajaran didefinisikan dengan sebuah perencanaan yang mengandung rangkaian kegiatn yang dibentuk dalam sebuah tindakan (rangkaian kegiatan) yang dirancan untuk meraih tujuan pendidikan tertentu.

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana, metode dan perangkat aktivitas yang terencana untuk meraih tujuan pembelajaran. Definisi lain dari strategi pembelajaran yaitu suatu rencana rangkaian kegiatan yang pada pemakaian metode dan penggunaan akan semua sumber daya atau kekuatan demi adanya pembelajaran yang disusun untuk meraih tujuan tertentu.

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari startegi pembelajaran menurut ahlinya.

1. Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril adalah strategi mengorganisasikan isi pelajaran disbut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan dan mensistesi fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berkaitan.

2. Gerlach dan Ely (1980)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Gerlach dan Ely adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang terdiri atas sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

3. Frelberg dan Driscoll (1992)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula.

4. Dick dan Carey (1985)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Dick dan Carey adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.

5. Kemp

Pengertian strategi pembelajaran menurut Kemp adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara efektif dan efisien.

Fungsi, Tujuan Strategi Pembelajaran

Fungsi dan tujuan dari strategi pembelajaran antara lain:

  • Memberikan isi pembelajaran kepada pembelajar.
  • Menyajikan informasi atau bahan-bahan yang dibutuhkan dalam belajar untuk menunjukkan unjuk kerja.

Jenis-jenis Strategi Pembelajaran

Ada beberapa jenis-jenis dari strategi pembelajaran, antara lain sebagai berikut:

Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Ini adalah jenis strategi pembelajaran dengan kadar memiliki pusat kepada guru yang paling tinggi, tetapi strategi ini seringkali dipakai. Contoh strategi pembelajaran langsung antara lain: Suatu ceramah, pertanyaan dedaktik, pengajaran eksplisit dan latihan, dan juga demonstrasi.

Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)

Ini adalah jenis strategi pembelajaran yang menggambarkan terdapat bentuk terlibatnya siswa yang paling tinggi karena guru memiliki peran sebagai penyelidikan, penggambaran inferensi data dan pembentukan hipotesis.

Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)

Jenis strategi pembelajaran interaktif mengarah kepada bentuk diskusi dan saling berbagi antara siswa.

Penagertian Strategi Pembelajaran, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis

Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman

Strategi belajar dengan cara suatu pengalaman adalah strategi pembelajaran memakai sekuens induktif yang mengarah pada pusat siswa dan juga orientasinya pada suatu kegiatan.

Strategi Pembelajaran Mandiri

Belajar mandiri adalah jenis strategi pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk membangun adanya inisiatif perseorangan, kemandirian dan juga peningkatan diri.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Strategi Pembelajaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi