Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks cerita sejarah.

Yang meliputi pengertian teks cerita sejarah, struktur teks cerita sejarah, kaidah teks cerita sejarah, ciri-ciri teks cerita sejarah dan jenis-jenis teks cerita sejarah dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang memberi ulasan dan bercerita mengenai kenyaan atau fakta dan peristiwa di masa lampau yang merupakan latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur dari teks cerita sejarah adalah sebagai berikut:

  • Orientasi: Adalah bagian yang isinya tentang perkenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah
  • Urutan Peristiwa: Adalah bagian yang isinya tentang rekaman kejadian sejarah yang sudah terjadi, seringkali penyampaiannya dengan urutan kronologis
  • Reorientasi: Adalah bagian yang isinya komentar pribadi penulis mengenai kejadian atau peristiwa sejarah yang diceritakan. Reorientasi dapat di beri atau tidak. Hanya sesuai keinginan dari penulis teks cerita sejarah tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Terdapat beberapa kaidah kebahasaan dalam pembuatan teks cerita sejarah, antara lain:

  • Pronomina (kata ganti) Adalah kata yang dipakai untuk sebagai pengganti benda dan memberi nama seseorang atau sesuatu dengan tidak langsung
  • Frasa Adverbial: Adalah kata yang menggambarkan peristiwa atau kejadian, waktu dan tempat
  • Verb Material: Adalah kata yang fungsinya sebagai petunjuk kegiatan yang dijalankan partisipan, menggambarkan aktivitas fisik atau kejadian, contohnya adalah menulis, mengepel, menyapu dan lain sebagainya.
  • Konjungsi Temporal atau Kata hubung waktu: Adalah kata penghubung yang fungsinya menata urutan peristiwa yang diceritakan. Seringkali banyak memakai kata penghubung temporal

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Ciri-ciri dari teks cerita sejarah antara lain:

  • Penyajiannya secara urutan kronologis peristiwa atau urutan kejadian
  • Berupa teks cerita ulang (recount)
  • Struktur teks tersusun atas orientasi, urutan peristiwa, reorientasi
  • Umumnya memakai konjungsi temporal
  • Isinya merupakan suatu fakta.

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah

Jenis-jenis atau macam-macam dari teks cerita sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi yaitu sebagai berikut:

Teks Cerita Sejarah Fiksi

  • Novel adalah karya fiksi prosa yang penulisannya secara naratif, seringkali berupa bentuk cerita. Penulis novel disebut dengan novelis.
  • Cerpen atau cerita pendek berupa prosa naratif fiktif. Cerpen cenderung padat dan langsung menuju tujuan daripada dengan karya fiksi lainnya yang seringkali sangat panjang.
  • Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh beberapa orang merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi.
  • Roman adalah jenis karya sastra berupa prosa yang melukiskan tingkah laku pelaku berdasarkan watak dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga dengan kisah percintaan.

Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

  • Biografi adalah penjelasan kehidupan seseorang yang ditulis lagi oleh orang lain.
  • Autobiografi adalah kisah atau penjelasan hidup yang dilutis orang itu sendiri.
  • Cerita Perjalanan adalah teks yang bercerita tentang fakta atau kejadian pada masa lalu yang merupakan latar belangkan seseuatu mempunyai nilai sejarah

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh

Contoh Teks Cerita Sejarah Dengan Strukturnya

Sejarah Instagram

Orientasi
Instagram merupakan sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang sangat populer, yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, menerapkan dilter digital dan men share ke berbagai layanan media sosial, termasuk punya Instagram sendiri.

Kata “Insta” asalnya dari kata “Instan” mirip dengan kamera polaroid yang di masanya lebih terkneal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan kata “gram” asalnya dari kata “telegram” yang prinsip kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Urutan Peristiwa
Perusahaan Burbn, Inc. yang berdiri pada tahun 2010 adalah perusahana teknologi starup yang berfokus hanya pada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Di awal Burbn, Inc. sendir mempunyai fokus yang terlalu banyak dalam HTML 5 dalam perangkat bergerak, namun dua CEO nya yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk fokus pada satu hal saja.

Setelah satu minggu mereka melakukan percobaan membuat suatu ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat suatu versi pertama dari Burbn, tetapi didalamnya masih ada sebagian hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang telah bisa dipakai iPhone yang berisi banyak fitur.

Sulit untuk Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurani fitur-fitur yang sudah ada, dan memulai lagi dari awal, tetapi akhirnya mereka hanyan memfokuskan pada bagian foto, komentar dan juga kemampuan unyuk menyukai suatu foto.

Itulah yang akhirnya menjadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook dengan nilai hampi $1 Milliar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi
Saat ini banyak anak muda dan juga orang tua memiliki akun Instagram karena semakin populernya aplikasi ini. Dengan instagram kita dapat melihat kegiatan teman-teman kita dengan melihat foto dan video yang dibagikan, sangat menarik bukan?

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi