√ Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Partikel Subatom Kimia. Yang meliputi pengertian partikel subatom kimia, bagian-bagian partikel subatom dan jenis-jenis partikel subatom dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian partikel subatom kimia terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Partikel Subatom

Partikel subatom atau zarah adalah partikel yang berbentuk lebih kecil dibandingkan atom. Sekitar tahun 1940, jumlah partikel subatomik yang dikenal dengan ilmu yang bisa dihitung dengan jari satu tangan, proton, neutron, elektron, neutrino, dan positron.

Tiga partikel pertama disebut sebagai blog bangunan yang mana atom bibuat; proton dan neutron dalam inti atom dan elektron di orbit sekitar inti mereka. Neutrino dan Positron yang lebih aneh ditemukan di luar atmosfer bumi dan berasal tidak pasti/signifikan.

Pandangan materi berubah dengan dramatis selama dua dekade selanjutnya. Dengan penemuan akselerator partikel (atom-smashers) dan penemuan fisi nuklir dan fusi, jumlah partikel subatomik diumumkan meningkat.

Sejumlah ilmuwan kimia menemukan sejumlah partikel yang ada pada energi yang lebih tinggi dibanding yang seringkali diamati di kehidupan sehari-hari: partikel sigma, partikel delta, partikel lambda, epsilon partikel, dan partikel-partikel lainya berupa positif, negatif dan netral. Di akhir tahun kira-kira 1950, banyak partikel subatom yang telah ditemukan oleh beberapa fisikawan, dan disebut mereka sebagai daftar “kebun binatang partikel”.

Model Quark

Sekitar di tahun 1964, ahli fisikawan Amerika Murray Gell-Mann (1929) dan Swiss fisikawan George Zweig (1937) secara independen memberi usul jalan keluar dari kebun binatang partikel. Mereka memberi saran bahwa hampir dari 100 partikel subatomik yang telah ditemukan sejauh ini tidak benar-benar dasar (fundamental) partikel.

Sebaliknya, mereka memberikan saran bahwa hanya relatifny sedikit partikel dasar yang ada, dan partikel subatomik lainn yang telah ditemukan yang terdiri dari berbagai kombinasi dari partikel-partikel yang benar-benar dasar.

Bagian Bagian Partikel Subatom

Bagian-bagian dari partikel subatom adalah sebagai berikut:

  • Antipartikel
    Partikel subatomik yang serupa dengan proton, neutron, elektron dan partikel subatomik lain, namun mempunyai satu properti (seperti muatan listrik) di hadapan mereka.
  • Nomor Atom
    Jumlah proton didalam inti atom
  • Satuan Massa Atom (amu)
    Suatu uni pengukur massa untuk partikel kecil
  • Partikel Elementer
    Suatu partikel subatomik yang tidak bisa dipecah menjadi setiap partikel sederhana
  • Gluon
    Suatu partikel elementer dianggap bertanggung jawab dalam membawa gaya kuat (yang mengikat bersama-sama neutron dan proton didalam inti atom)
  • Tingkat Energi
    Suatu daerah pada atom yang mana elektron sangat mungkin ditemukan
  • Graviton
    Suatu partikel elementer dianggap bertanggung jawab dalam membawa gaya gravitasi
  • Lepton
    Sebuah jenis partikel elementer
  • Isotop
    Bentuk elemen yang mana atom mempunyai jumlah proton yang sama namun jumlah neutron berbeda
  • Foton
    Suatu partikel dasar yang mengusung gaya elektromagnetik
  • Spin
    Suatu properti fundamental dari semua partikel subatomik yang sesuai dengan rotasi mereka pada sumbe mereka
  • Quark
    Suatu jenis partikel elementer

Partikel yang sangat dasar disebut dengan naman quark dan lepton. Masing-masing kelompok partikel, secara bergiliran, terdiri atas enam jenis partikel. Enam quark, misalnya diberi nama yang terdengar aneh dari atas, bawah, peson, aeneh, atas (atau kebenaran), dan bawah (atau kecantikan).

Keenam quark bisa dikombinasikan, menurut Gell-Mann dan Zweig, untuk mendapatkan partikel seperti proton (dua sampai quark dan satu ke bawah quark) dan neutron (satu up quark dan dua bawah quark).

Selain quark dan lepton, ilmuwan mempunyai hipotesis keberadaan partikel tertentu yang “membawa” berbagai jenis kekuatan. Salah satu partikel yang telah terkenal adalah foton. Foton yaitu jenis aneh partikel tanpa massa yang terlihat bertanggung jawab untuk melakukan transmisi energi elektromagnetik dari satu tempat ke tempat lain.

Di tahun 1980-an, tiga partikel kekuatan pembawa lainnya juga telah ditemukan: W +, W -, dan Z 0 boson. Partikel-partikel ini mengangkut pasukan tertentu yang bisa diamati selama peluruhan radioaktif materi. (Unsur radioaktif secara spontan memancarkan energi dalam bentuk partikel atau gelombang dengan disintegrasi inti atom mereka).

Para ilmuwan sudah membuat perkiraan terdapat dua partikel kekuatan pembawa lainnya, salah satu yang membawa gaya kuat, gluon (yang mengikat bersama-sama proton dan neutron dalam inti), dan satu yang membawa gaya gravitasi, graviton.

Jenis-Jenis Partikel Subatom Yang Penting

Terdapat lima partikel subatom yang paling penting antara lain adalah proton, neutron, elektron, neutrino, dan positron. Masing-masing partike tersebut dapat dijelaskan secara penuh oleh massa, muatan listrik, dan berputar. Karena massa partike subatomik sangat kecil, seringkali tidak diukur dalam ons atau gram tetapi dalam satuan atom massa (label: amu) atau elektron volt (label: eV).

Suatu unit massa atom kira-kira mirip dengan massa proton/neutron. Suatu volt elektron sebenarnya adalah satuan energi tetapi dapat digunakan untuk mengukur suatu massa karena hubungan antara massa dan energi ( E = mc 2). Berikut ini adalah penjelasan tentang lima partikel paling penting subatom.

1. Proton

Proton ialah suatu partikel subatomik yang muatannya positif dengan massa atom sekitar 1 Amu. Proton adalah salah satu konstituen fundamental dari seluruh atom. Seiring dengan neutron, mereka ditemukan di kawasan yang sangat terkonsentrasi ruang dalam atom yang disebut dengan inti.

Jumlah proton menentukan identitas kimia atom. Properti ini sangat penting bahwa itu diberi nama khusus: nomor atom. Masing-masing elemen di tabel periodik memiliki nomor unik proton dalam inti dan, karenanya beberapa atom yang unik.

2. Neutron

Suatu neutron memiliki massa sekitar 1 Amu dan tidak mempunyai muatan listrik. Hal ini ditemukan dalam inti atom secara bersama dengan proton. Neutron yang seringkali partikel yang stabbil dalam hal tersebut dapat teap atau tidak berubah dalam inti untuk jangka waktu tak terbatas. Pada kondisi tertentu, bagaimanapun neutron dapat menjalani peluruhan spontan, berantakan menjadi proton dan elektron.

Apabila tidak ada dengan inti atom, waktu paruh untuk perubahan ini waktu yang dibutuhkan untuk setengah dari masing-masing sampel neutron untuk menjalani peluruhan adalah sekitar 11 menit.

3. Elektron

Elektron adalah partikel yang mengusung satu unit listrik negatif dengan massa kira-kira 1/1800 Amu, atau 0,0055 Amu. Seluruh atom mengandung satu atau lebih elektron yang letaknya di ruang luar inti atom.

Elektron diatur dalam area tertentu dari atom yang dikenal denagn tingkat energi. Masing-masing tingkat energi di atom dapat berisi beberapa jumlah maksimum elektron, mulai dua sampai maksimum delapan.

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian-Bagian, Jenis

4. Neutrino

Neutrino adalah partikel subatomik yang sulit dipahami yang terbuat dari beberapa proses fisik yang paling dasar dari alam semesta. Seperti peluruhan unsur-unsur radioaktif dan reaksi fusi yang daya Matahari mereka awalny membuat hipotesis pada sekitar tahun 1930 oleh ilmuwan fisika Swiss Wolfgang Pauli (1900-1958). Pauli sedang berupaya menemukan cara untuk menjelaskan tentang hilangnya jelas energi yang terjadi selama reaksi nuklir tertentu.

5. Positron

Positron adalah partikel subatomik yang identik dengan semua cara untuk elektron kecuali muatan listriknya. Positron membawa satu unit listrik positif dibanding satu unit listrik negatif.

Positron dibuat hipotesisnya di akhir tahun 1900-an oleh ilmuwan fisika Inggris yakni Paul Dirac (1902-1984) dan pertama kali diamati oleh ilmuwan fisika Amerika Carl Anderson (1905-1991) dalam sinar kosmik mandi.

Positron adalah antipartikel pertama kali ditemukan partikel pertama yang memiliki sifat yang serupa dengan proton, neutron, dan elektron, tetapi dengan satu properti kebalikan dari mereka persis.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi