Integritas adalah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri

Integritas adalah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Integritas. Yang meliputi pengertian integritas, fungsi integritas, tujuan integritas, manfaat dan ciri-ciri pribadi yang berintegritas dengan pembahasan lengkap dan ringan. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Integritas adalah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri

Mari kita bahas pengertian integritas terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Integritas

Integritas yaitu konsistensi atau keteguhan yang tidak bisa tergoyahkan dalam menjunjung nilai-nilai keyakinan dan prinsip. Pengertian lain dari integritas adalah konsep yang menunjukkan konsistensi atau keteguhan perbuatan dengan nilai-nilai dan prinsip. Pada etika integritas bisa diartikan sebagai kebenaran dan kejujuran perbuatan yang dilakukan seseorang.

Istilah integritas jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang orang masih awam atau tidak memahami arti kata ini, untuk itu istilah integritas memang berhubungan dengan sikap seseorang, sifat yang melekat pada pribadi seseorang.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah pengertian integritas menurut para ahli berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian integritas menurut KBBI adalah mutu, sifat, dan keadan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

2. Andreas Harefa

Pengertian integritas menurut Andreas Harefa adalah tiga kunci yang bisa diamati, yaitu menunjukkan kejujuran, memenuhi komitmen dan mengajarkan sesuatu dengan konsisten.

3. Ippho Santosa

Pengertian integritas menurut Ippho Santosa adalah sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan.

4. Henry Cloud

Pengertian integritas menurut Henry Cloud adalah ketika berbicara tentang integritas, maka tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu di setiap bagian diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusian.

Fungsi Integritas

Fungsi dari integritas antara lain yaitu:

  • Cognitive functions of integrity
    Yang mencakup kecerdasan moral dan self insight. Sedangkan self insight itu sendiri mencakup self knowledge dan self reflection. Artinya, integritas fungsinya memelihara moral dan akhlak seseosran yang selanjutnya mendorong dia untuk mempunyai pengetahuan yang luas.
  • Affective functions of integrity
    Yang mencakup conscience dan self regard. Dalam konteks ini integritas fungsinya memelihara nurani seseorang supaya tetap hanif sebagai seorang hamba agar jelas perbedaan diantara dirinya dengan hewan. Seba secara biologis manusian dan hewan, sama-sama memiliki hepar “hati”, tetapi hewan tidak mempunyai qalb, sesuatu yang ada di diri setiap manusia.

Tujuan Integritas

Tujuan dari integritas adalah sebagai berikut:

  • Integritas adalah salah satu kunci untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan
  • Integritas menjadikan manusia bisa memimpin dan dipimpin
  • Integritas membuat lahirny kepercayaan
  • Integritas bisa melahirkan prestasi

Manfaat Integritas

Manfaat dari integrtias adalah:

  • Manfaat Secara Fisik
    Diri kita akan merasa fit, sehat dan bugar. Kita setiap saat merasa siap melaksanaan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari
  • Manfaat Secara Intelektual
    Dengan mental dan pengetahuan kita bisa memaksimalkan kemampuan otak kita
  • Manfaat Secara Emosional
    Diri menjadi lebih penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi, dan penuh kehangatan emosional dalam interaksi kerja
  • Manfaat Secara Spiritual
    Membuat diri seseorang menjadi lebih bijaksana dalam menilai segala sesuatu termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan atau yang tidak membuat senang seperti keberhasilan, kegagalan, dan penderitaan.
  • Manfaat Secara Sosial
    Kita akan mampu membuat berkembang suatu hubungan baik satu sama lainya dalam lingkungan masyarakat, bisa bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau kegiatan yang menuntut kekompakan dan kerja sama yang baik, mempunyai kepekaan hati dan perasaan untuk selalu memberi tempat untuk orang lain di dalam hati kita.

Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ciri-Ciri Pribadi

Ciri-Ciri Pribadi Yang Memiliki Integritas

Ciri-ciri seseorang yang memiliki integritas adalah sebagai berikut:

  • Apabila berjanji selalu menepati
  • Tidak plin plan dan taat asa
  • Memiliki komitmen yang teguh dan bertanggung jawab
  • Satu kata satu perbuatan
  • Jujur dan terbuka
  • Menghargai waktu
  • Menjaga prinsip dan nilai-nilai yang telah diyakini
  • Dan lain sebagainya

Demikianlah telah dijelaskan tentang Integritas adalah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi