√ Pengertian Neraca Pembayaran, Komponen, Macam dan Fungsinya

Pengertian Neraca Pembayaran, Komponen, Macam dan Fungsinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang neraca pembayaran. Yang meliputi tentang pengertian neraca pembayaran, komponen, macam-macam dan fungsi dari neraca pembayaran yang dijelaskan dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Neraca Pembayaran, Komponen, Macam dan Fungsinya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran adalah suatu neraca pembukuan yang menggambarkan nilai suatu jenis transaksi keuangan atau ekonomi yang dilaksanakan oleh suatu negara dengan negara lain didalam rentang waktu satu tahun yang diwujudkan dalam bentuk uang.

Pengertian lain dari neraca pembayaran yaitu suatu pandangan yang ringkas tentang suatu transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu yang umumnya adalah satu tahun.

Dalam neraca pembayaran terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian passiva dan aktiva. Bagian passiva atau debet (-) mencatat transaksi-transaksi yang menjadikan negara melakukan pembayaran kepada negara lain.
Sedangkan pada bagian aktiva atau kredit (+) mencatat transaksi-transaksi yang menjadikan negara menerima pembayaran dari negara lain.

Pada umumnya neraca pembayaran dibagi atas negara transaksi berjalan (yang terdiri dari neraca perdagangan, neraca jasa, dan transfer payment dan neraca lalu lintas modal dan finansial, dan item finansial.

Transaksi neraca pembayaran bisa dibedakan menjadi dua macam transaksi, yaitu:

  • Transaksi debit: Adalah transaksi yang menjadikan mengalirnya arus uang (devisa) dari dalam negeri ke luar negeri.
  • Transaksi kredit: Adalah transaksi yang menjadikan mengalirnya arus uang (devisa) dari luar negeri ke dalam negeri.

Komponen-Komponen Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran dapat dibagi menjadi lima neraca bagian yang saling berkaitan, yaitu sebagai berikut:

  1. Neraca Perdagangan (Balance of Trade)

    Neraca perdagangan yaitu berisi daftar atau neraca yang berisi perbandingan antara besarnya jumlah eksport dengan jumlah impor suatu negara dalam jangka waktu satu tahun. Apabila nilai ekspor lebih tinggi dari impor maka negara mengalami surplus dalam neraca perdagangan. Tetapi jika nilai ekspor lebih turun atau lebih kecil dari nilai impor maka negara mengalami defisit dalam neraca perdagangan. Neraca perdagangan surplus disebut juga dengan neraca perdaganan aktif. Lalu neraca perdagangan difisit disebut juga dengan neraca perdagangan pasif.

  2. Neraca Jasa

    Neraca jasa adalah suatu neraca yang mencatat jasa yang diselenggarakan dan ditermia sebuah negara terhadap negara lain selama jangka waktu satu tahun. Contohnya jasa pengangkutan, asuansi, pariwisata, jasa perdagangan dan jasa perbankan.

  3. Neraca Hasil Modal

    Neraca hasil modal adalah suatu neraca yang menulis seluruh pembayaran dan penerimaan bunga, deviden, upah tenaga kerja asing, dan juga hadiah-hadian yang berasal dari luar negeri.

  4. Neraca Lalu Lintas Moneter (Monetery Account)

    Neraca lalu litas moneter adalah neraca yang menulis dan memperlihatkan perkembangan atau perubahan cadangan divisa sebuah negara. Cadangan yang dimaksud adalah terdiri dari emas dan devisa.

Macam-Macam Neraca Pembayaran

Adapun macam-macam atau jenis-jenis dari neraca pembayaran adalah sebagai berikut:

  • Neraca Pembayaran Defisit
    Neraca pembayaran defisit yakni neraca pembayaran yang menggambarkan jumlah transaksi pembayaran luar negeri (transaksi debet) lebih besar daripada transaksi penerimaan yang asalnya dari luar negeri (transaksi kredit).
  • Neraca Pembayaran Surplus
    Neraca pembayaran surplus adalah neraca pembayaran yang menggambarkan transaksi debet lebih kecil.
  • Neraca Pembayaran Seimbang
    Adalah neraca pembayaran yang menggambarkan transaksi debet sama dengan transaksi kredit.

Pengertian Neraca Pembayaran, Komponen, Macam, Fungsi

Fungsi Neraca Pembayaran

Fungsi dari neraca pembayaran sangat dibutuhkan oleh suatu negara untuk itu perlu dibuat. Berikut ini adalah fungsi neraca pembayaran sebagai berikut:

  • Suatu alat pembukuan agar pemerintah dapat mengambil keputusan yang tepat, tentang jumlah barang dan jasa yang seharusnya keluar atau masuk dalam batas wilayah suatu negara dan juga untuk memperoleh suatu keterangan-keterangan tentang anggaran alat-alat pembayaran dari luar negara.
  • Suatu alat untuk mengukur keadaan ekonomi yang berhubungan dengan perdagangan internasional dari suatu negara. Sebagai alat untuk menunjukkan gambaran pengaruh transaksi luar negeri terhadap pendapatan nasional negara yang bersangkutan.
  • Mempunyai fungsi untuk memperoleh informasi secara detail berhubungan dengan perdagangan luar negeri
  • Memiliki fungsi pembanding pos-pos dalam neraca pembayaran negara tersebut dengan negara tertentu
  • Memiliki fungsi untuk mengambil kebijakan moneter yang akan dilakukan oleh suatu negara.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Neraca Pembayaran, Komponen, Macam dan Fungsinya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi