30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli

30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli – Kali ini izinkanlah Seputar Pengetahuan membahas tentang Tari. Tari atau tarian sangat melekat dengan budaya orang Indonesia. Hampir disetiap daerah memiliki tarian yang khas dan kental secara turun temurun.

30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli

Indonesia dari Sabang sampai Merauke hampir memiliki tarian khas daerah masing-masing. Itulah kekayaan budaya Indonesia yang tidak dimiliki Negara lain. Tetapi orang masih bingung apabila ditanya tentang pengertian tari.

Pengertian Tari Menurut Para Ahli

Bagaimana tarian itu dijelaskan dalam bentuk kata-kata. Oleh karena itu, kali ini akan disajikan pengertian tari menurut para ahli terlengkap. Pastikan kalian membacanya sampai selesai.

1. Aristoteles

Pengertian tari menurut Aristoteles: Tari adalah sebuah gerakan ritmis yang mempunyai tujuan untuk menghadirkan sebuah karakter manusia, yang sebagaimana mereka bertindak dan menderita.

2. Susan K. Lenger

Pengertian tari menurut Susan K. Lenger: Tari adalah suatu gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekpresif yang diciptakan manusia untuk bisa dinikmati.

3. Walter Sarrel

Pengertian tari menurut Walter Sarrel: Tari adalah suatu gerakan bada yang seimbang menurut irama tertentu dan dalam suatu tempat tertentu.

4. Kealiinomohoku

Pengertian tari menurut Kealiinomohoku: Tari adalah seni sesaat dari sebuah ekspresi yang dipertunjukkan dengan sebuah bentuk serta gagasan tertentu lewat suatu tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

5. Waterman

Pengertian tari menurut Waterman: Tari terdiri dari sebuah gerak-gerak tubuh yang secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi.

6. H’Doubler

Pengertian tari menurut H’Doubler: Tari adalah suatu ekspresi gerak ritmis dari suatu keadaan-keadaan perasaan yang secara estetis dinilai, yang lambang-lambang geraknya dengan sadar dirancang untuk kenikmatan serta pada kepuasa dari pengalaman-pengalaman ulang, ungkapan, berkomunikasi, melaksanakan, serta dari suatu penciptaan bentuk-bentuk.

7. Andre Levinson

Pengertian tari menurut Andre Levinson: Tari adalah suatu gerak tubuh yang berkesinambungan yang melewati ruang yang telah ditentukan yang sesuai dengan ritme tertentu serta mekanisme, yang radar.

8. Franz Boas

Pengertian tari menurut Franz Boas: Tari adalah suatu gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau pada gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

9. John Martin

Pengertian tari menurut John Martin: Tari adalah suatu gerak yang sebagai pengalaman yang paling awal pada kehidupan manusia.

10. La Mery

Pengertian tari menurut La Mery: Tari adalah suatu ekspresi yang berbentuk sebuah simbolis dalam wujud yang lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi suatu bentuk yang nyata.

11. Dr. J Verkuyl

Pengertian tari menurut Dr. J Verkuyl: Tari adalah suatu gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian ruap, yang sehingga berirama.

12. C. Sachs

Pengertian tari menurut C. Sachs: Tari adalah suatu pengucapan jiwa manusia yang melalui gerak-gerik berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat jenis tarian, dan ada tarian asli maupun tarian yang sudah dipengaruhi oleh unsur-unsur modern.

13. Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay

Pengertian tari menurut Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay: Tari adalah suatu bentuk seni yang eskpressionostis yang menjembatani sebuah reaksi jiwa seseorang denga sebuah konflik dan problem dunia modern.

14. Drs. I Gede Ardika

Pengertian tari menurut Drs. I Gede Ardika: Tari adalah sesuatu yang bisa disatukan ke dalam berbagai hal sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut cara pandang nya masing-masing.

15. K M A Theodora Retno Maruh

Pengertian tari menurut K M A Theodora Retno Maruh: Tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah mempunyai sifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun.

16. S. Humardani

Pengertian tari menurut S. Humardani: Tari adalah sebuah ungkatap bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.

17. Soedarsono

Pengertian tari menurut Soedarsono: Tari adalah sebuah ekspresi jiwa manusia yang melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis.

18. Hawkins

Pengertian tari menurut Hawkins: Tari adalah suatu ekspresi perasan manusia yang diubah ke dalam sebuah majinasi ke dalam bentuk media gerak yang sehingga gerak yang sibolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya.

19. Jazuli

Pengertian tari menurut Jazuli: Tari adalah irama musik yang sebagai pengiring bisa digunakan untk mengungkapkan maksud dan suatu tujuan yang ingin disampaikan oleh pencipta tari melalui penari.

20. Suadarsa Pringgo Broto

Pengertian tari menurut Suadarsa Pringgo Broto: Tari adalah suatu ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.

21. Ensiklopedia

Pengertian tari menurut Ensiklopedia: Tari adalah setiap pada saat mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musk dan ada yang tidak.

22. Kamala Devi Chattopadhyaya

Pengertian tari menurut Kamala Devi Chattopadhyaya: Tari adalah suatu insting atau desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari.

23. Judith Lynne Hanna

Pengertian tari menurut Judith Lynne Hanna: Tari adalah seni platis dari gerak yang visual terlihat sepintas.

24. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian tari menurut KBBI: Tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diringi dengan bunyi-bunyian (musik, gamelan dan sebagainya).

25. Bagong Kussudiarjo

Pengertian tari menurut Bagong Kussudiarjo: Tari adalah keindahan bentuk dari anggota badan manusia yang bergerak, berirama dan berjiwa harmonis.

30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli Terlengkap

26. Suryodiningrat

Pengertian tari menurut Suryodiningrat: Tari adalah gerak seluruh tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.

27. Corry Hamstrong

Pengertian tari menurut Corry Hamstrong: Tari adalah gerak yang diberi bentuk dalam ruang.

28. Coorie Hartong

Pengertian tari menurut Coorie Hartong: Tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk ritmis dari badan di dalam ruangan.

29. Wikipedia

Pengertian tari menurut Wikipedia: Tari adalah gerak tubuh berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran.

30. Suryo

Pengertian tari menurut Suryo: Tari adalah ekspresi subyektif yang diwujudkan dalam bentuk obyektif.

Demikianlah pembahasankita kali ini tentang 30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli. Semoga semakin banyak menambah pengetahuan kalian tentang tari. Terimakasih atas kunjungannya.

Daftar Isi