√ Pengertian Fabel Beserta Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Loading...

Pengertian Fabel Beserta Contohnya (Pembahasan Lengkap) – Di dalam dunia ini banyak sekali jenis cerita atau karangan yang di buat oleh para pengarang untuk dapat menghibur para pembacanya dari seluruh negeri mau itu anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Semuanya memerlukan hiburan dan memerlukan seseuatu yang menarik utnuk di liaht atau di baca oleh dirinya sendiri. Untuk itu para pengarang mulai membuat suatu cerita atau karangan yang di buat untuk dapat menghibur para pembacanya.

Loading...

Pengertian Fabel Beserta Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Salah satu jenis cerita atau karangan yaitu fabel yang sangat di gemari oleh anak-anak karena ceritanya memang di buat menarik untuk anak-anak kecil. Untuk mengerti apa itu fabel akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Fabel

Fabel merupakan suatu jensi dongeng yang mengenai suatu dunia binatan, yang di mana binatang-binatang tersebut bahkan makhluk-makhluk yang tidak bernyawa akan dapat berindak layaknya seorang Manusia. Tokoh yang ada di dalam fabel tersebut pun semuanya adalah binatang. Binatang tersebut dapat di gambarkan memiliki akal, tingkah laku, serta dapat juga berbicara seperti Manusia pada umumnya.

Tujuan di buatnya fabel ini adalah untuk dapat di peruntukkan kepada anak-anak sehingga tokoh-tokohnya memang di buat semenarik mungkin dan juga simbolis. Utnuk contohnya menggambarkan tokoh yang cekatan dan juga cerdik di dalam fabel menggunakan karakter binatang kancil atau juga monyet. Untuk tokoh yang memiliki karakter jahat pada umumnya di dalam fabel menggunakan karakter binatang buas seperti harimau atau juga buaya.

Baca Juga:  Pengertian Kalimat Tunggal, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap
Loading...

Contoh Fabel

Fabel yang terkenal ceritanya adalah seperti cerita si kancil, cerita kelinci dan kura-kura, serta certa kera dan ikan mas. Di bawah ini akan menceritakan fabel mengenai buaya dan kera dengan judul Anak Buaya Yang Ingin Mencuhi Hati Monyet.

Anak Buaya Yang Ingin Mencuhi Hati Monyet

Pada suatu hari ada seekor anak buaya yang sedang berenang di pinggiran danau. Anak buaya tersebut sedang mencari cara bagaimana caranya mendapatkan hati dari seekor monyet yang sudah di minta oleh ibunya. Ketika dia sedang berenang, dia melihat ada seekor monyet yang sedang mencari buah untuk si monyet makan.

Maka si buaya itu mendekati si monyet dan berkata dengan si monyet bahwa ada kebun buah di seberang danau tersebut. Jika ingin kesana maka buaya akan dengan senang hati mengantarkan monyet tersebut kesana.

Si monyet tentunya terheran akan kebaikan hati dari anak buaya tersebut. akan tetapi karena sudah sangat lapar maka si monyet tersebut setuju dan naik ke atas punggung anak buaya tersebut. setelah sampai di tengah-tengah danau maka si anak buaya tersebut berguling secara tiba-tiba dan monyet tercebut dan hampir saja tenggelam.

Setelah itu monyet berusaha untuk naik ke permukaan. Setelah itu dia marah kepada anak buaya. Dia bertanya kepada anak buaya kenapa berguling menceburkannya. Dengan hati yang jujur maka di anak buaya bercerita bahwa dia di minta oleh ibunya untuk mencarikan hati seekor monyet. Mendengarkan hal itu si monyet langsung mencari akal. Setelah itu dia berkata bahwa saat ini dia sedang tidak membawa hatinya. Karena hatinya tertinggal di atas pohon yang ada di tepi danau.

Baca Juga:  Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli, Unsur, Bentuk, Langkah Terlengkap

Pengertian Fabel Beserta Contohnya Lengkap

Jika si anak buaya tersebut mau mengantarkan monyet itu kembali maka ia akan memberikan hatinya kepada anak buaya tersebut. tanpa pikir panjang lagi si anak buaya tersebut langsung saja membawa monyet kembali ketepi danau.

Setelah sampai si monyet alngsung berlari memanjat pohon. Sampainya di atas pohon si monyet langsung menari-nari senang. Si anak buaya tersebut akhirnya sadar bahwa dia telah di tipu oleh si monyet dan pergi dengan kesal, monyetpun selamat karena kecerdikan yang di milikinya.

Seandainya si monyet tidaklah cerdik maka akan dapat di ambil hatinya oleh si anak buaya tersebut.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Fabel Beserta Contohnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya fabel maka akan memberikan hiburan dan juga pemikiran yang baik bagi anak-anak. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes
Loading...