√ Pengertian AFTA Beserta Anggota Dan Tujuan AFTA (Lengkap)

Pengertian AFTA Beserta Anggota Dan Tujuan AFTA (Lengkap) – Di dalam mendirikan suatu perserikatan bangsa atau perserikatan negara maka hal yang perlu di utamakan adalah bagaimana nasip rakyat yang ada di kemudian hari.

Pemikiran itu akan membuahan suatu kerjasama yang dapat di lakukan oleh Negara-negara untuk dapat mencapai kesepakatan dan keuntungan bersama. Jika semua Negara untung maka akan memberikan dampak yang besar bagi Negara tersebut bahkan dunia. Dan dari situ di bentuklah AFTA yang di ciptakan untuk dapat membuat Negara-negara terus mendapatkan keuntungan atau manfaatnya. Untuk mengerti apa itu AFTA akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian AFTA Beserta Anggota Dan Tujuan AFTA (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian AFTA terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian AFTA

AFTA merupakan suatu singkatan dari ASEAN Free Trade Area. Organisasi AFTA ini didirikan pada tahun 1992 di Negara Singapuradi saat sedang berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang ke IV. AFTA ini merupakan suatu kesepakatan yang di buat oleh Negara-negara di ASEAN utnuk dapat menciptakan suatu zona perdagangan bebas.

AFTA ini dapat di pandang perlu di dalam rangka meningkatkan suatu daya saing ekonomi yang ada di kawasan regional ASEAN yang selanjutnya di rencanakan akan dapat di capai pada kurun waktu 9 tahun pada tahun 1993-2002. Rencana ini dapat di jalankan dengan cara penghapusan biaya tarif (bea masuk sebesar 0-5%) atau juga dapat biaya tariff bagi Negara-negara anggota ASEAN. Maka dengan cara ini AFTA dapat berharap ASEAN menjadi suatu basis produksi dunia dan juga dapat menciptakan pasar regional bagi 500 juta lebih penduduk yang ada di ASEAN.

Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank, Fungsi, Tujuan & Macamnya

Negara Anggota AFTA

Negara yang menjadi anggota AFTA pada awalnya berjumlah 6 negara yang secara resmi yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina. Negara yang menjadi anggota ini semakin bertambah dengan seiring bergabungnya Negara lain kedalam ASEAN yaitu Negara Vietnam di tahun 1995, Negara Myanmar dan Negara Laos di tahun 1997, serta Negara Kamboja di tahun 1999. Ini membuat Negara yang menjadi anggota AFTA menjadi sepuluh Negara.

Pengertian AFTA Beserta Anggota Dan Tujuan AFTA Lengkap

Tujuan AFTA

AFTA di bentuk dengan tujuan sebagai:

  1. Meningkatkan daya saing ekonomi antar Negara ASEAN dengan cara menjadikan ASEAN menjadi suatu basis produksi pasar dunia.
  2. Untuk dapat menarik para investor asing dan dapat meningkatkan perdagangan di antara Negara anggota ASEAN.
  3. Kabar terakhir yang di dapat dengan berkaitan AFTA adalah suatu kesepakatan dengan menghapuskan segala biaya masuk atau impor barang untuk Negara Indonesia, Brunai Darusalam, Singapura, Thailand, dan philipina di tahun 2010. Dan untuk Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan juga Vietnam di lakukan pembebasan biaya import yang telah di berlakukan sejak tahun 2015.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian AFTA Beserta Anggota Dan Tujuan AFTA (Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan.co.id. Dengan adanya AFTA maka membuat para Negara yang ikut campur masuk ke dalamnya mengalami keuntungan bagi Negara dan rakyatnya. Semoga bermanfaat 🙂