√ Pengertian Alur, Jenis Alur dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Alur, Jenis Alur dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Untuk kesempatan kali ini kita akan mulai sebuah pembahasan mengenai Alur. Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita ketika mendengar kata alur. Karena alur merupakan salah satu hal yang kita pelajari dalam mata pelajaran bahasa indonesia.

Akan tetapi masih ada beberapa yang belum memahami apa sebenarnya alur itu. Oleh karena itulah kami akan membahasnya secara lengkap agar para pembaca bisa mendapatkan ilmu dan juga informasi setelah membaca artikel ini.

Pengertian Alur, Jenis Alur dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Mari langsung saja kita mulai pembahasannya dan para pembaca harus menyimaknya dengan baik agar bisa memahaminya secara menyeluruh dan akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Alur

Alur ialah struktur rangkaian dari kejadian-kejadian didalam sebuah cerita yang disusun secara kronologis. Addapula pengertian lain dari alur ialah sebuah rangkaian cerita dari awal hingga akhir. Alur mengatur seperti apa tindakan-tindakan yang ada didalm cerita dan harus berkaitan satu sama lain. Dan seperti bagaimana sebuah peristiwa berkaitan dengan peristiwa yang lainnya, kemudian bagaimana tokoh yang digambarkan dan juga berperan di dalam cerita yang keseluruhannya terkait dengan sebuah kesatuan waktu.

Jenis-Jenis Alur

Untuk penjelasan yang selanjutnya kita akan membahas tentang macam-macam dari alur. Di dalam sebuah alur terdapat 3 jenis alur dan kaliini kita akan menjelaskannya agar para pembaca bisa mendapatkan sebuah informasi yang lengkap. Oleh karena itu langsung saja kita lanjutkan pembahasannya berikut ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Membaca Memindai (Scanning), Tujuan, Cara Kerja, Langkahnya

1. Alur Maju

Alur maju ialah peristiwa yang ditampilkan secara kronologis, maju dan secara berurut dari tahap awal, tahap tengah, hingga sampai tahap akhir cerita. Pada nbiasanya alur ini sering digunakan oleh seorang penulis pemula, dengan membuat sebuah cerita menggunakan alur ini kemudian bisa terbangun sebuah kebiasaan menulis untuk mereka karena jika menggunakan alur ini tidak begitu sulit didalam mengarang ataupun membuuat sebuah cerita. Dan alur ini pada umumnya digunakan pada sebuah cerita yang mudah untuk dipahami ataupun dicerna, contohnya seperti cerita bagi anak-anak. Namun bukan berarti alur ini tidak bisa digunakan kepada cerita yang serius, yakni seperti drama dan yang lainnya.

2. Alur Mundur

Alur mundur ialah alur yang ceritanya dimulai dengan sebuah penyelesaian. Alu ini juga sering ditemukan pada cerita yang menggunakan setting waktu pada masa lampau. Dan penulis yang sering menggunakan alur ini haris pintar didalam menyusun cerita agar tidak membuat para pembaca menjadi kebingungan.

3. Alur Campuran

Alur campuran ialah alur yang diawali dengan sebuah klimaks dari sebuah cerita, dan kemudian malihat kembali masa lalu ataupun masa lampau dan kemudian diakhiri dengan sebuah penyelesaian dari cerita tersebut. Sedangkan alur ini akan mudah untuk digunakan di dalam pembuatan cerita jika sipengarang cerita memahami cara mengatur plot ceritanya.

Unsur-Unsur Alur

Selain dari kdeua penjelasan diatas, kali ini kita akan kembali diberikan penjelasan mengenai unsur-unsur dari alur. Dan untuk mengetahui apa saja unsur-unsur dari alur mari sama-sama kita lanjutkan membaca dan menyimak penjelasan yang akan dijelaskan berikut ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Surat Niaga, Fungsi, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

1. Pengenalan Cerita

Dan pada bagian ini pengarang akan memperkenalkan tokoh utama. Penataan dari adegan cerita dan juga hubungan diantara tokoh yag terdapat didalm cerita.

2. Awal Konflik

Dan pada bagian ini pengarang ataupun pembuat cerita akan memunculkan bagian-bagian didalam cerita yang bisa menimbulkan sebuah permasalahan.

Pengertian Alur, Jenis-Jenis Alur Dan Unsurnya Lengkap

3. Menuju Konflik

Dibagian ini pengarang cerita akan meningkatkan yang dialami oleh tokoh.

4. Konflik Memuncak Ataupun Klimaks

Di bagian ini adalah sebuah puncak permasalahan yang dihadapi oleh tokoh, dan pada bagian ini pula tokoh didalam sebuah cerita akan dihadapkan dalam sebuah penentuan akhir yang akan dialaminya, keberhasilan ataupun kegagalan biasanya menjadi sebuah penentuan nasib tokoh didalam cerita.

5. Penyelesaian Ataupun Ending.

Akhir dari sebuah cerita, dan pada bagian ini akan menjelaskan seperti apa nasib tokoh didalam cerita tersebut apakah endingnya akan bahagia, buruk, ataujuga menggantung.

Sekian dari penjelasn yang bisa diberikan tentang Pengertian Alur, Jenis Alur dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap), yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Alur merupakan hal yang sangat penting didalam sebuah cerita. Alur yang mempunyai beberapa jenis dan salah satunya adalah alur maju. Semoga bermanfaat 🙂

4.8
78