√ Pengertian Surat Edaran, Fungsi, Bagian dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Surat Edaran, Fungsi, Bagian dan Jenisnya Lengkap – Surat adalah alat yang telah di pakai oleh nenek moyang kita dari dahulu kala untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi mengenai dirinya atau yang sedang terjadi di lingkungannya.

Surat memiliki banyak jenisnya yang pada umumnya merupakan suatu media penyampaian pesan, pembagian jenis surat telah banyak beredar di sekitar kita tanpa kita sadari. Contoh dari jenis surat yaitu adalah surat edaran yang beredar di sekeliling kita.

Pengertian Surat Edaran, Fungsi, Bagian dan Jenisnya Lengkap

Surat edaran banyak di berikan oleh pimpinan kepada para angora di suatu organisasi. Untuk dapat mengerti lebih tentang apa itu surat edaran akan di jelaskan berikut ini:

Pengertian Surat Edaran

Surat edaran merupakan surat yang di dalamnya terdapat pemberitahuan dengan resmi dari sebuah instansi atau organisasi atau lembaga. Surat edaran berupa surat resmi yang di berikan atau di edarkan secara tertulis dan di berikan atau di tunjukkan untuk berbagai pihak.

Di dalam surat ini terdapat penjelasan tentang suatu hal seperti suatu kebijakan baru yang di terapkan pemimpin, berisi peraturan baru, dan yang lainnya. Surat ini di berikan untuk kalangan umum tetapi berada di dalam suatu raung lingkup tertentu.

Baca Juga:  √ Teori Stilistika Dalam Analisis Karya Sastra (Pembahasan Lengkap)

Contoh surat edaran yang sering kita temui adalah surat yang di buat kepala sekolah dan di berikan kepada para guru, para siswa, atau seperti surat yang di berikan rector kepada para dosen dan mahasiswanya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Surat ini dapat termasuk kedalam surat resmi karena di dalamnya memakai bahasa resmi, jelas, singkat dan padat serta dapat pula mencerminkan ciri dari organisasi yang telah membuatnya.

Fungsi Surat Edaran

Surat edaran memiliki fungsi sebgai surat yang dapat menyampaikan sejumlah informasi atau pengumuman kepada orang banyak yang memiliki sifat tidak rahasia.

Jenis Surat Edaran

Surat edaran memiliki jenisnya yang di bedakan menjadi dua macam, jenis tersebut adalah surat edaran terbatas dan surat edaran tidak terbatas.

Surat Edaran Terbatas

Surat edaran ini umumnya di tunjukkan kepada satu organisasi atau lembaga kepada para anggotanya saja, seperti contohnya surat edaran yang berasal dari koperasi kepada anggotanya, surat dari ketua osis untuk seluruh anggotanya, dan lain-lain.

Surat Edaran Tidak Terbatas

Surat edaran ini pada umumnya memiliki sifat tidak terbatas yang artinya dapat di lihat oleh seluruh anggota masyarakat luas.

Pengertian Surat Edaran Dan Fungsi Surat Edaran Lengkap

Bagian Surat Edaran

Surat edaran memiliki bagian-bagiannya tersediri yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Kepala Surat

Berisi kop usrat yang terdiri atas logo, nama dan alamat organisasi. Kop surat ini dapat menjadi pembeda antara surat yang bersifat resmi atau yang bersifat tidak resmi.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalimat, Ciri, Unsur, Jenis dan Contohnya

Isi Surat

Isi surat adalah isi di dalam surat yang terdapat suatu informasi yang akan di sampaikan secara umum. Urutan dari informasi ini adalah pendahulian, isi pokok surat, dan penutup.

Kaki Surat

Kaki surat merupakan bagian akhir surat yang berisi nama jabatan, nama lengkap, tanda tangan pengirim surat, nip, dan lain-lain.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Surat Edaran, Fungsi, Bagian dan Jenisnya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Surat edaran sangat berguna ketika ingin menyampaikan informasi kepada para anggotanya di dalam suatu organisasi. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
104