√ Pengertian Router, Modem, Switch, Dan Bridge Beserta Fungsinya

Pengertian Router, Modem, Switch, Dan Bridge Beserta Fungsinya – Di dalam melakukan aktifitas sehari hari kita menggunakan layanan internet dengan menggunakan komputer, laptop, notebook, tablet, dan smartphone.

Dengan menggunakan alat elektronik di atas kita dapat menggunakannya untuk mengakses jaringan internet. Di dalam menggunakan jaringan internet kita tidak sadar bahwa kita menggunakan alat tambahan yaitu berupa alat unutk mengkoneksikan alat elektronik kita ke jaringan internet.

Pengertian Router, Modem, Switch, Dan Bridge Beserta Fungsinya

Pada komputer khususnya menggunakan Router, Modem, dan juga Switch. Untuk dapat mengerti tentang apa itu Router, Modem, dan juga Switch beserta fungsinya akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Router

Router Merupakan suatu perangkat jaringan yang berkerja di dalam OSI Layer 3, pada Network Layer atau pada perangkat komputer yang memiliki tugas untuk dapat menyampaikan paket data ke dalam jaringan internet hingga sampai ke tempat tujuannya. Layer ini telah di kenal sebagai pengalamatan jaringan yang menggunakan IP Address dan juga router dapat memberi peranan penting dengan menjadi penghubung atau penerus paket data di antara kedua segmen jaringan atau dapat lebih.

Baca Juga:  √ Pengertian VGA CARD, Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan & Kekurangannya

Fungsi Router

Router memiliki fungsinya sebagai alat penghubung di antara dua atau lebih jeringan komputer yang berguna untuk dapat meneruskan paket data yang ada di dalam satu jaringan ke jaringan lainnya. Yang membedakan Router dengan Switch adalah switch merupakan suatu penghubung yang dapat menghubungkan beberapa alat yang dapat membentuk suatu jaringan LAN.

Pengertian Modem

Modem atau yang di sebut Modulator Demodulator adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi untuk dapat mengubah sinyal yang berupa analog di ubah menjadi sinyal digital dan lain sebaliknya.

Pengertian Router, Modem, Switch, Dan Bridge Beserta Fungsinya Lengkap

Fungsi Modem

Modem memiliki fungsinya yaitu berupa penghubung yang menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet.

Pengertian Switch

Switch merupakan suatu perangkat jaringan komputer yang berkerja pada OSI Layer 2, dan Data Link Layer. Switch memiliki tugas sebagai penyambung atau menjadi concentrator di dalam jaringan komputer. Switch dapat mengenal MAC Adressing yang dapat memilah suatu paket data yang akan di teruskan atau di lanjutkan menuju ke tempat tujuan.

Fungsi Switch

Switch memiliki fungsinya tersendiri, fungsi dari switch adalah:

  1. Dapat menjadi penghubung kabel-kabel UPT antara komputer satu dengan komputer lainnya.
  2. Dapat menjadi repeater atau alat penguat sinyal
  3. Dapat melakukan routing, pada umumnya switch dapat melakukan routing. Raouting berguna untuk dapat menjadi batu loncatan untuk dapat melakukan koneksi dengan komputer lainnya dengan jaringan LAN atau Local Area Network.
Baca Juga:  √ Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Pengertian Bridge

Bridge merupakan suatu komponen jaringan yang di gunakan untuk dapat memperluas jaringan atau dapat membuat sebuah jaringan. Bridge jaringan dapat beroperasi dalam lapisan-lapisan yang ada di data-link pada model OSI. Tidak hanya itu bridge dapat pula di pakai untuk menghubungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti pada media kabel UTP di sambungkand engan kabel serat optic atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.

Fungsi Bridge

Bridge memiliki fungsi untuk dapat membagi suatu jaringan sehingga dapat menjadi bua buah jaringan. Bidge dapat pula mengatur suatu informasi yang ada di kedua sisi network untuk dapat berjalan dengan teratur.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Router, Modem, Switch, Dan Bridge Beserta Fungsinya yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dalam jaringan internet banyak sekali menggunakan alat-alat yang dapat menunjang koneksi di dalam mengakses internet. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
21