√ Pengertian Polusi Udara dan Faktor Penyebabnya (Lengkap)

Pengertian Polusi Udara dan Faktor Penyebabnya (Lengkap) –  Dengan adanya udara yang tidak terbatas ini kita semua sebagai makhluk hidup dapat bernapas dengan lega tanpa harus menlakukan usaha apapun selain menghirupnya dengan bebas setiap saat.

Bisa di bayangkan apabila udara yang kita hirup menjadi kotor dan tidak enak atau nyaman lagi untuk dapat  kita hirup maka kita akan mengalami masalah kesehatan. Udara yang kotor di sebabkan oleh polusi yang ada di udara semakin meningkat akhir-akhir ini.

Pengertian Polusi Udara dan Faktor Penyebabnya (Lengkap)

Peningkatan polusi udara dapat menjadi semakin buruk apa bila kita tidak bertindak dnegan cermat dan teliti. Untuk dapat mengerti tentang apa itu polusi udara akan di jelaskan dengan faktor penyebabnya lengkap sebagai berikut.

Pengertian Polusi Udara

Polusi udara merupakan suasana ketika udara mengandung subtansu fisik, partikel, kimia atau biologis yang ada di dalam atmosfer dengan jumlah yang sangat banyak yang dapat membahayakan kesehatan dari makhluk hidup yang ada seperti Manusia, hewan, dan tumbuhan akan terkena dampaknya dan membuat kerusakan lingkungan. Pencemaran udara yang ada sebagaian besar merupakan salah atau bersumber dari kegiatan yang di lakukan oleh Manusia.

Baca Juga:  √ 13 Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia (Pembahasan Lengkap)

Faktor Polusi Udara

Polusi Udara dapat terjadi karena beberapa faktor yang diantaranya:

Faktor Alam

Faktor ini merupakan polusi udara yang di sebabkan oleh alam itu sendiri seperti:

Loading...
  1. Abu dari letusan gunung
  2. Gas vulkanik
  3. Bau pembusukan sampah organic

Factor Eksternal

Faktor eksternal ini merupakan faktor polusi udara yang di sebabkan oleh Manusia seperti:

  1. Limbah sisa dari kegiatan industry yang memiliki kandungan zat kimia organis dan juga anorganik yang di buang.
  2. Pembakaran sampah
  3. Hasil pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil seperti minyak dan batubara
  4. Pemakaian zat kimia berbentuk semprot keudara
  5. Pembakaran pohon dan hutan

Polutan Pencemaran Udara

Polutan yang menjadi pencemaran udara paling tinggi adalah:

CO2

Meningkatnya gas CO2 atau karbon dioksida yang di sebabkan oleh pabrik dan juga mesin yang menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara akan dapat meningkatkan kadar dari gas ini di udara.

CO

Gas CO atau karbon monoksida merupakan hasil dari proses pembakaran mesin yang tidak sempurna yang membuat gas CO ini banyak keluar keudara.

CFC

Gas Cloro Flouro Carbon atau CFC ini merupakan gas yang di sebabkan dari proses pengembangan busa kursi, AC, pendingin di lemari es dan dari penyemprot rambut seperti hair spray. Gas ini yang dapat terbang tinggi dan mencapai lapisan ozon sehingga dapat membuat lapisan ozon semakin menipis.

Baca Juga:  √ 12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Polusi Udara Beserta Faktor Penyebabnya Lengkap

Loading...

SO, SO2

Gas SO, SO2 merupakan gas belerang oksida yang ada di udara, hasil dari pembakaran bahan bakar fosil. Gas ini dapat bereaksi dengan nitrogen oksida yang di sertai air hujan dan akan membuat hujan asam.

Asap Rokok

Asap rokok di dalamnya mengandung pencemaran udara dan dapat membuat kesehatan kita terganggu.

Sekianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Polusi Udara dan Faktor Penyebabnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan melihat apa saja yang dapat menjadi bahan pencemaran lingkungan maka kita dapat menjaga udara menjadi lebih baik lagi. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
43
Loading...