√ Pengertian Media Gambar Beserta Jenis dan Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Media Gambar Beserta Jenis dan Manfaatnya (Lengkap) – Cara mengungkapkan pendapat atau perasaan kita sebagai manusia akan sedikit mengalami kesulitan karena kita tidak dapat berbicara mengenai apa yang sedang kita rasakan.

Dalam mengungkapkan pendapat atau perasaan kita dapat menggunakan media alternative seperti menggunakan media gambar. Media gambar yang di gunakan di harap dapat menjadi penghantar antar perasaan yang kita miliki kepada seseorang atau masyarakat luas.

Pengertian Media Gambar Beserta Jenis dan Manfaatnya (Lengkap)

Media gambar banyak kita temui di beberapa area atau tempat seperti pada temapat pameran lukisan yang banyak menyediakan lukisan dari orang-orang yang pandai melukis. Untuk dapat mengerti media gambar lebih jelaslagi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Media Gambar

Media gambar merupakan suatu media visual yang hanya dapat untuk di lihat saja dan tidak memiliki adanya unsur suara atau audio di dalamnya. Media gambar memiliki pengertian lain yang berupa suatu yang di wujudkan dengan bentuk visual atau kedalam bentuk dua dimensi yang di dalamnya terdapat curahan atau suatu pemikiran dan macam-macamnya seperti lukisan, porter, strip, slide, proyektor, dan lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, Contoh & Gambar (Lengkap)

Media gambar seri merupakan suatu urutan gambar yang dapat mengikuti suatu percakapan di dalam hal seperti memperkenalkan atau menyajikan suatu arti yang ada di dalam gambar tersebut. Gambar ini di sebut gamber seri karena gambar satu dengan gambar yang lain memiliki sautu hubungan atau saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Tujuan dari gambar ini adalah agar media gambar ini dapat membantu dalam menyajikan suatu bentuk kejadian atau peristiwa secara kronologis dengan hadirnya benda, orang, serta latar.

Jenis Media Gambar

Jenis media gambar terbagi menjadi beberapa macam yang diantaranya adalah:

Realita

Maksudnya adalah benda yang di gunakan berasal dari benda nyata yang sering di gunakan sebagai bahan belajar. Contohnya pemandangan alam.

Model

Maksudnya adalah benda 3D atau tida dimensi yang menjadi reperesentasi akan benda yang sebenarnya. Contohnya mobil-mobilan, dan lain-lain.

Benda Grafis

Maksudnya adalah benda yang penampilannya tidak di proyeksikan.

Display

Ini merupakan bahan yang berasal dari pameran atau suatu display yang di pasang di area tertentu.

Pengertian Media Gambar Beserta Jenis Dan Manfaatnya Lengkap

Manfaat Media Gambar

Media gambar sendiri memiliki beberapa manfaat yang di jelaskan oleh Subana [1998:322] sebagai media pembelajaran yang di antaranya:

  1. Mempermudah pengertian / pemahaman siswa.
  2. Memperjelas & memperbesar bagian yang penting / yang kecil sehingga dapat diamati.
  3. Mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
  4. Menimbulkan daya tarik pada diri siswa.
  5. Dapat menyingkat suatu uraian. Informasi yang ada dapat di perjelas dengan kata-kata yang membutuhkan uraian panjang.
  6. Secara umum media gambar dapat memperjelas dan mempermudah suatu pemahaman akan hal penting yang ingin di sampaikan kepada si penerima pesan.
Baca Juga:  √ Jenis Karya Seni Patung dan Penjelasannya (Terlengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Media Gambar Beserta Jenis dan Manfaatnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Dengan media gambar akan dapat di pahami apa yang sedang di pikirkan atau perasaan apa yang ada di dalam media gambar tersebut. Semoga bermanfaat 🙂