√ Pengertian Ikhtiar Dalam Islam & Bentuknya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam & Bentuknya (Pembahasan Lengkap) – Istilah ikhtiar sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Yupz, hidup adalah perjuangan dan disetiap perjuangan pasti diiringi dengan usaha dan doa. Kali ini, seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang pengertian ikhtiar dan bentuk-bentuk ikhtiar. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam & Bentuknya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian ikhtiar dalam islam dengan seksama.

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam

Kata ikhtiar berasal dari bahasa Arab yang artinya sama dengan berusaha. Ikhtiar secara istilah ialah segala bentuk perilaku atau perbuatan manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya, atau usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya yang dilakukan dengan sepenuh hati, sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin dengan mengerahkan seluruh kemampuan dan keterampilannya serta dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Bentuk Bentuk Ikhtiar

Ikhtiar merupakan salah satu akhlak terpuji yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Adapun bentuk-bentuk ikhtiar yang harus kita ketahui, diantaranya yaitu:

1. Bersungguh-sungguh

Sungguh-sungguh merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang harus diperhatikan. Dalam menggapai mimpi, keinginan, angan dan cita-cita diperlukan kesungguhan yang mendalam, jangan berusaha dengan setengah-setengah, lakukan dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga:  √ Pengertian Iman Kepada Kitab Allah dan Hikmahnya (Lengkap)

Contohnya: Dalam hal  jodoh, jika menginginkan jodoh yang baik maka berusahalah dengan sungguh-sungguh dalam memperbaiki dan memantaskan diri.

2. Bekerja keras

Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih apa yang diinginkan. Jangan bermalas-malasan dan berusaha semau-maunya. Tapi, berusaha dan berjuanglah sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Contohnya: Jika menginginkan kesembuhan dari suatu penyakit, maka berusaha keraslah untuk menjauhi pantangannya, rajin minum obat, rajin berolahraga, rajin dalam menjaga kebersihan dan penunjang lainnya.

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk Bentuk Ikhtiar

3. Pantang menyerah dan putus asa

Jika sudah melakukan suatu usaha, kemudian tidak mendapatkan apa yang diinginkan atau gagal, kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan, maka teruslah mencoba, mencoba dan mencoba. Jangan mudah menyerah, jangan berputus asa, karena kegagalan adalah sebuah proses pembelajaran.

Contohnya: Ketika menginginkan suatu keberhasilan dibidang bisnis, jangan mudah menyerah ketika mengalami kegagalan. Setelah berusaha dengan cara yang satu gagal, maka cobalah bangkit lagi dan mencoba cara lain dan begitu seterusnya.

Mengenai ikhtiar, Allah SWT telah berfirman dalam Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11:

ar-rad-ayat-11

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan (nasib) yang ada pada diri mereka sendiri“.

Islam menganjurkan setiap manusia untuk selalu berikhtiar dan ikhtiar harus diiringi dengan doa, untuk hasilnya serahkan pada yang Maha Kuasa. Karena hasil dari setiap usaha manusia adalah hak prerogatif Allah. Kita hanya wajib berusaha, jika gagal teruslah berusaha dan untuk hasilnya pasrahkan kepada Allah.

Baca Juga:  √ Hari-Hari Besar Agama Islam & Maknanya (Pembahasan Lengkap)

Itulah penjelasan dan pembahasan singkat mengenai Pengertian Ikhtiar Dalam Islam & Bentuknya (Pembahasan Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi yang belum mengetahuinya. Sekian terimakasih.