√ Pengertian Grafik, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Grafik, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya (Bahas Lengkap) – Dalam mempresentasikan data yang ada atau memberikan data tentang seseuatu pastinya da saja yang tidak atau kurang paham ketika di tunjukkan dengan bentuk standar.

Bentuk yang ribet dan tidak menarik pada umumnya dapat membuat para pembacanya akan merasa bosan dan bingun di buatnya. Maka untuk itu di buatlah data dengan bentuk grafik yang akan dapat mempermudah memahaminya.

Pengertian Grafik, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Dalam pembuatan grafik haruslah sesuai dengan data yang ada dan benar adanya karena kalau di buat-buat akan dapat memnimbulkan ketidak selarasan. Untuk dapat mengerti tentang apa itu grafik akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Grafik

Grafik merupakan suatu berntuk variasi table yang akan dapat di beri angka-angka yang akan dapat di berikan atau di tampilkan kedalam bentuk gambar. Grafik merupakan kombinasi yang terdiri dari huruf, symbol, angka, lambang, perkataan, lukisan, atau apaun yang dapat di berikan menjadi satu media utnuk dapat memberi konsep atau ide kepada sasaran di dalam proses penyampaian pesan atau maklumat si pengirim.

Baca Juga:  √ 9 Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Grafik juga dapat di artikan sebagai rangka yang dapat di bentuk menjadi objek visualisasi tabel. Tabel yang ini terdiri dari angka yang akan di sajikan atau dapat pula idberikan tampilan dengan bentuk gambar, garis, lingkaran, dan lain-lain. Grafik menjadi gambaran tentang pasang surut akan suatu keadaan atau data yang akan di gambarkan dengan gambar atau baris. Grafik sendiri di bagi menjadi 3 bagian yatu lingkaran, batang, dan garis.

Tujuan Grafik

Grafik di buat dengan tujuan yaitu untuk dapat menunjukkan perbandingan informasi yang berkualitatif dengan cepat dan sederhana. Data yang di berikan dalam bentuk deskriptif yang ruwet dan kompleks dapat di sederhanakan menjadi bentuk grafik. Ini di buat untuk dapat memudahkan dalam membaca dan memahami apa yang ada di dalamnya.

Fungsi Grafik

Grafik sendiri memiliki fungsi yang diantaranya dapat menggambarkan data-data kedalam bentuk angka dengan teliti dan dapat mengerangkan perkembangannya dan juga dapat membandingkannya dengan suatu objek atau suatu peristiwa yang saling berhubungan dengan singkat dan jelas.

Jenis-jenis Grafik

Grafik memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

Grafik Batang

Grafik jenis ini merupakan jenis grafik sederhana dan mudah untuk di pahami karena hanya akan dapat menggambarkan data berbentuk batang.

Grafik Baris

Grafik jenis ini merupakan jenis grafik yang umum sering di gunakan untuk dapat menggambarkan suatu perkembangan atau suatu perbahan dari waktu ke waktunya.

Baca Juga:  √ Pengertian Transportasi, Fungsi dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Grafik Beserta Tujuan, Fungsi, Dan Jenisnya Lengkap

Grafik Lingkaran

Grafik jenis ini merupakan jenis grafik yang penyajiannya berupa data statistic dengan menggunakan gambar yang bentuknya lingkaran atau merupakan gambaran naik dan turunnya data dengan bentuk lingkaran yang dapat menggambarkan presentasi dari nilai seluruhnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Grafik, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan grafik kita dapat dengan mudah mempelajari dan memahami tentang data yang di berikan. Semoga bermanfaat 🙂

4.7
85